Tak Perlu Lagi Disepuh Ke Toko Emas Atau Tukang Patri! Begini Cara Mengembalikan Kilau Cahaya Emas yang Menghitam Dengan Metode Sederhana, Caranya Sangat Mudah!

Diposting pada
Loading...

Saat kilau Emas mulai memudar, biasanya yang sering kita lakukan adalah membawa perhiasan Emas yang kita miliki ke toko Emas untuk dibersihkan atau disepuh ulang sehingga kilau Emas dapat kembali seperti semula.

Namun jangan salah, Emas tidak seperti perhiasan perak yang dapat memudar atau menjadi kusam seiring berjalannya waktu. Kusamnya perhiasan Emas asli biasanya lebih dikarenakan adanya timbunan kotoran dan debu akibat pemakaian normal.

Bagaimana cara efektif membersihkan perhiasan Emas dirumah?

Sebenarnya cara membersihkan Emas sendiri dirumah sangat mudah, hanya saja belum terbayangkan oleh kita.

Anda bisa mengembalikan kilau pada cincin, gelang, kalung dan perhiasan Emas lainnya dengan metode yang bisa Anda lakukan dirumah.

Membersihkan perhiasan Emas dengan sabun cuci piring

Proses mencuci perhiasan emasSabun cuci piring mengandung Surfaktan yang merupakan bahan aktif yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan yang dicuci.

Selain itu, sabun cuci piring juga mengandung Builder (pembentuk) yang berfungsi meningkatkan efisiensi pencuci dari Surfaktan dengan cara menon-aktifkan mineral penyebab kesadahan air.

Berikut proses mencuci perhiasan Emas dengan menggunakan sabun cuci piring:

Teteskan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam mangkuk berisi air hangat. Jangan menggunakan air panas atau air mendidih terutama apabila perhiasan tersebut terpasang batu mulia seperti opal, yang bisa retak apabila mengalami perubahan suhu yang cepat dan drastis. Penggunaan air panas atau air mendidih sebenarnya bisa digunakan dan tidak akan berpengaruh pada perhiasan Emas Anda, apabila perhiasan Emas tersebut tidak ada tempelan aksesoris seperti batu permata.

Selanjutnya, Anda bisa merendam perhiasan Emas pada larutan yang telah Anda buat, dan diamkan sekitar 15 menit. Rendaman ini akan melonggarkan akumulasi kotoran terutama pada bagian atau celah yang sulit terjangkau.

Kemudian bersihkan menggunakan sikat lembut untuk mengangkat kotoran pada setiap sisi dan celah perhiasan Emas tersebut. Semakin lembut sikatnya semakin baik agar tidak meninggalkan bekas goresan pada perhiasan emas Anda.
Langkah terakhir adalah bilas perhiasan tersebut dengan air hingga bersih dan kemudian keringkan menggunakan lap atau kain yang lembut.

Demikian cara mudah untuk mengembalikan kilau cahaya emas, semoga bermanfaat selamat mencoba jangan lupa di share ya!

Loading...