Resep Kue Lumpur Lapindo Pandan Vla, Enak Lembut dan Lumer di Mulut

Diposting pada
Loading...

Kue lumpur lapindo merupakan salah satu jajanan tradisonal yang memiliki nama unik yang sedikit nyleneh. Entah apa yang membuat kue lembut nan nikmat ini di beri nama demikian. Yang jelas populernya nama kue lumpur lapindo muncul setelah musibah lumpur lapindo di Sidoarjo Jawa Timur tempo dulu. Menurut saya kue ini hampir sama dengan Resep Kue Lumpur Kentang Pandan Lembut yang beberapa waktu lalu saya bagikan. Cuma bedanya untuk kue lumpur lapindo lebih sedikit basah dan topping nya lebih lembut dan lumer di mulut ketika di makan. Berbeda dengan kue lumpur kentang atau kue lumpur tanpa kentang yang kue nya sedikit lebih padat dengan isian yang lebih padat pula.

Jika di lihat sekilas, tampilan kue lumpur lapindo hampir sama dengan kue nona manis pandan. Yup, kue ini sama-sama bewarna hijau dengan topping vla yang lumer. Hanya saja untuk kue nona manis kue nya lebih tebal dan vla nya menggunakan vla santan. Berbeda dengan kue lumpur lapindo yang memiliki kue lebih tipis dan bisa menggunakan topping vla favorit. Mulai dari vla susu, fla santan, vla coklat serta vla vanila.

Banyaknya pecinta kue lumpur lapindo, banyak pula yang mengkreasikan topping nya dengan bahan-bahan favorit. Mulai dari meises coklat, chocochip, keju, potongan buah nangka, kelapa muda, cherry, kurma, kismis dan masih banyak yang lainnya. Penambahan aneka taburan ini membuat kue lumpur semakin enak dan istimewa. Kalau saya sih lebih suka pakai meises coklat saja bun, biar hemat dan ekonomis tapi enak eheheh ?

Tahu tidak bun, sebelum terkenal dengan sebutan kue lumpur lapindo pandan vla, kue ini di sebut kue mangkok dadar vla loh. Mungkin karena kue lumpur bentuknya sepeti mangkok kecil, jadi di namai kue mangkok. Yah apapun itu yang jelas kue ini super endessssss bun! Yah cocok lah untuk camilan di rumah yang murah meriah.

Kalau ada acara-acara special kue ini juga cocok loh bun disajikan untuk kudapan. Misalnya untuk acara ulang tahun, arisan, meeting, pengajian, kumpul keluarga atau untuk isian snack box juga oke. Kalau untuk isian snack box memang rada ribet ya, soalnya vla nya bisa meleber kemana-mana, jadi harus di bungkus dengan plastik dulu.

Bagi yang penasaran akan rasa kue lumpur lapindo vla dan malas mencarinya di penjual kue atau bakulan. Mending buat sendiri saja di rumah yuk! Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Kue Lumpur Lapindo yang mudah dan praktis untuk di coba. Mari di simak..

Bahan-bahan Kue :

  1. Terigu 200 gram, ayak
  2. Telur 2 butir
  3. Santan 400 mili liter (saya pakai 1 bungkus santan kara + air)
  4. Gula pasir 2 sendok makan
  5. Margarin 1 sendok makan, lelehkan
  6. Garam sedikit saja

Bahan Vla :

  1. Santan atau susu cair 500 mili liter
  2. Tepung maizena 50 gram
  3. Gula pasir 130 gram
  4. Daun pandan 2 simpul
  5. Garam 1/2 sendok teh
  6. Vanili 1/2 sendok teh

Taburan :

Meises Coklat / keju / buah nagka dll sesuai selera

Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo Pandan :

  1. Kue Lumpur : Pertama-tama masukkan gula dan garam ke dalam santan sampai larut. Kemudian siapkan tepung terigu dalam wadah, masukkan larutan santan, aduk bahan sampai rata, hingga tidak ada yang bergerindil. Masukkan telur dan terakhir masukkan margarin cair, aduk kembali sampai rata. Saring adonan agar benar-benar mendapatkan adonan yang halus tanpa ada yang bergerindil.
  2. Selanjutnya panaskan cetakan kue lumpur dengan menggunakan api sangat kecil. Masukkan 1 sendok sayur ke dalam cetakan, buat mangkuk. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Vla : Aduk semua bahan sampai tercampur dengan rata, masak sampai adonan mengental dan meletup-letup.
  4. Langkah selanjutnya isi mangkuk kue dengan vla. Tuang vla nya pas masih panas ya bun bagi yang menggunakan vla susu. Kalau pakai vla santan tuanginnya pas dingin saja tak apa. Taburi meises coklat, selesai.

Oh iya, resep kue lumpur lapindo pandan ini menghasilkan sekitar 30 porsi kue lumpur. Kalau ingin membuatnya lebih sedikit atau lebih banyak silahkan atur bahan-bahan yang digunakan sesuai kebutuhan.

Untuk membuat kue ini harus menggunakan bantuan cetakan ya walaupun ada versi kue lumpur kukus. Jadi yang belum punya cetakan kue lumpur silahkan cari di TBK (toko bahan kue) atau di penjual alat-alat rumah tangga terdekat.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Lumpur Lapindo Pandan Vla, Enak Lembut dan Lumer di Mulut. Jika di rasa bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman bunda yang lainnya ya, makasih bund ?

Sumber: resephariini

Loading...