Cepat Praktekkan Di Rumah! Hanya Dengan Meletakkan “Ini” Di Dalam Kulkas, Ternyata Bisa Menghilangkan “Bekuan Es” dan Listrik Bisa Berkurang Dua Kali Lipat?!

Diposting pada
Loading...

Lemari es merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang paling umum digunakan di dalam rumah. Namun, setelah pemakaian dalam jangka waktu yang lama, biasanya di dalam bagian kulkas akan mengendap sebuah lapisan es. Embun yang membeku ini berdampak menghalangi dinding kulkas dalam melakukan pertukaran panas.

Hal ini turut juga mempengaruhi kinerja kulkas dalam menghasilkan embun dingin, jika lapisan bekuan es ini semakin lama semakin tebal dibiarkan, maka dapat memperburuk kinerja pendinginan kulkas Anda, serta sangat boros listrik loh !

Jadi bagaimana cara menghilangkan lapisan bekuan es di dalam kulkas ini? Beberapa metode di bawah berikut ini, akan meringankan pekerjaan Anda dalam menghilangkan lapisan bekuan es tersebut. Cara berikut ini juga tidak akan menyebabkan kerusakan pada kulkas. Saat kulkas dalam proses pendinginan, partikel air di dalam kulkas akan menguap ke dinding menjadi lapisan es, lalu dengan hadirnya lapisan embun es ini tidak baik bagi kesegaran makanan di dalam kulkas.

Langkah Pertama : Masukkan Semangkuk Air Panas

  1. Pertama, cabut colokan listrik kulkas dari colokannya.
  2. Kemudian, keluarkan terlebih dahulu semua makanan-makanan dari kulkas Anda.
  3. Setelah kulkas sudah kosong, siapkan sebuah mangkuk baik yang terbuat dari besi atau kaca, seterusnya isi air panas tersebut ke dalam mangkuk sebanyak 2/3, lalu pada tahap terakhir simpan semangkuk air panas itu di dalam kulkas.
  4. Setelah berselang beberapa menit, Anda dapat melihat hasilnya, embun beku itu perlahan- lahan luruh. Bersihkan dengan lembut semua es itu akan meleleh seketika !

Langkah Kedua : Pakai Hairdryer

Di dalam kulkas terdapat sebuah pipa pengalir udara yang terkadang tersumbat. Inilah penyebab awal munculnya embun es di dalam kulkas, seolah-olah seperti kondisi saat turun salju di kutub utara. So caranya, keluarkan hairdryer yang telah disiapkan dari awal, lalu tiupkan ke arah bagian yang membeku di dalam kulkas Anda.

Seperti tetesan air dari stalaktit, setetes demi setetes, membentuk pemandangan yang baru lagi!
Jika sudah mencair, siapkan handuk bersih, kemudian gosok hingga bersih embun es yang masih melekat pada dinding kulkas.

Akhirnya terlihat juga pipa yang kita bahas itu tadi, rupanya karena pipa inilah yang tersumbat!

Info Tambahan

  1. Setelah memberishkan kulkas, kalian juga bisa mengoleskan minyak nabati pada dinding kulkas. Guna mengurangi es yang menempel pada kulkas.
  2. Bisa juga menempelkan bungkus plastik film pada dinding kulkas. Sehingga es terhalang pada dinding plastik bukan pada makanan yang ada.
    Jadi, rutinlah mengecek kulkas untuk memeriksa jika ada bekuan embun yang membandel ini, jika lapisan es yang telah beku menebal sampai 0,5 cm. Segera juga bersihkan embun yang membeku!

Sumber: Healthydaily/Cerpen.co.id

Loading...