Resep Martabak Manis Bangka ADONAN ASLI

Diposting pada
Loading...

Kue laku yang selalu ada di pinggiran jalan ini ada beberapa versi, misalnya biasa dan bandung tapi sekarang banyak modifikasi lebih berbeda dengan biasanya. Kue Terang Bulan atau martabak manis merupakan penganan sejenis kue dadar yang biasa dijajakan di pinggir jalan di seluruh Indonesia. Uniknya bahwa disetiap kota punya nama panggilan sendiri, misalnya di Semarang menyebutnya Kue Bandung. Di jawa tengah (Yogyakarta ,bagian Timur) memanggilnya kue terang bulan, Nah juna tanya nih..apa resep martabak manis khas bangka berbeda dengan komposisi martabak dari daerah lain?.

 

Bagi yang sedang mencari cara membuat martabak manis bangka dengan adonan asli, ini dia.

Bahan A:

  1. 125 gram Terigu serba guna
  2. 175 ml Air
  3. 25 gram Gula Pasir
  4. 1/4 sendok teh Baking Powder
  5. 1/4 sendok teh Garam
  6. 1/2 sendok teh Ragi Instant

Bahan B :

  1. 2 butir telur ayam
  2. 25 gram Gula Pasir
  3. 1/8 sendok teh soda kue
  4. Bahan Topping martabak manis :
  5. Secukupnya Gula pasir
  6. Secukupnya Margarin/Mentega
  7. Secukupnya Keju
  8. Secukupnya Coklat
  9. Secukupnya Kacang
  10. Secukupnya Selai
  11. Secukupnya Pisang
  12. Secukupnya Susu kental manis

Cara Membuat Martabak manis Bangka :

  • Langkah awalnya kocok semua bahan A, kecuali ragi hingga lembut.
  • Setelah itu masukkan ragi instant, aduk merata, tutup dan diamkan satu jam hingga adonan mengembang.
  • Sekarang ditempat terpisah, kocok lepas semua bahan B menggunakan garpu.
  • Kemudian campurkan ke adonan A, aduk rata, tutup dan diamkan 10 menit sampai adonan berlubang-lubang.
  • Selanjutnya panaskan loyang martabak / panci anti lengket, oles dengan mentega.
  • Setelah itu tuang adonan sampai 1/2 atau 3/4 loyang, ratakan, tutup sampai 1/2 matang.
  • Taburi gula pasir, tutup lagi, sampai permukaannya mengering dan bagian luar kecoklatan, angkat dan pindahkan ke tempat rata.
  • Terakhirnya dibelah 2 sama rata, olesi mentega selagi panas, taburi bahan isian sesuai selera, tuang susu kental manis. beres Martabak Manis asli Bangka.

Catatan sedikit Martabak Manis :

  • Harap diperhatikan Jika cuaca panas, dalam waktu 30 menit adonan A sudah mengembang.
  • Martabak bangka tidak selalu dibuat menggunakan loyang khusus martabak, tapi bisa juga dibuat menggunakan panci anti lengket, cetakan kue lumpur, cetakan serabi ataupun cetakan lainnya, penting !! harus ditutup waktu proses memasaknya.
  • Terus air dapat diganti dengan susu segar atau santan.

Kalau menggunakan loyang kecil bisa saja, jadinya ukurannya kecil atau mini dan itu juga gak ada masalah yang penting rasanya tetap enak dan lezat. begitulah akhirnya tentang Resep Martabak Manis Bangka ADONAN ASLIEE.

Siapa yang bisa menolak yahudnya martabak manis? Camilan manis ini sangat terkenal dan tersedia di berbagai daerah Indonesia dengan sebutan masing-masing. Martabak merupakan camilan manis yang terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, gula, ragi, santan, dan lain sebagainya.

Serupa tapi tak sama, ini 4 perbedaan martabak manis Bangka VS Bandung

DI Indonesia sendiri ada dua jenis martabak yang sangat dikenal, yakni martabak Bangka dan martabak Bandung. Sesuai dengan namanya, martabak bangka berasal dari Pulau Bangka. Begitu juga dengan martabak manis Bandung yang berasal dari Kota Bandung. Hal ini pun akhirnya membuat asal martabak banyak diperdebatkan orang sejak dulu. Banyak yang menyebut bahwa martabak asli berasal dari Bangka, namun tak sedikit juga yang mengatakan martabak asli berasal dari Bandung. Sepintas, warna dan tampilannya memang terlihat mirip.

Lalu sebenarnya apa sih, bedanya? Nah, berikut perbedaan martabak Bangka dan Bandung, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (6/5):

1. Tingkat ketebalan Martabak.

Martabak Bangka dikenal dengan adonannya yang tebal, lebih keras, gurih dan berwarna tua kecokelatan. Beda dengan martabak Bandung yang tidak terlalu tebal.

2. Tekstur martabak.

Karena adonannya yang jauh lebih tebal, tekstur luar martabak Bangka akan terlihat lebih berpori dan berserat. Sedangkan martabak Bandung, akan lebih lembut dan rasanya lebih manis.

3. Toping.

Jajanan populer dari kota Kembang dikenal menyajikan pilihan topping yang lebih beragam daripada martabak Bangka. Martabak Bangka pertama kali hanya berupa kue martabak yang diberi taburan gula pasir dan wijen saja.

Namun kini martabak manis Bangka juga dapat disajikan dengan pilihan topping seperti keju, kacang atau cokelat.

4. Penyebutan nama.

Jika di Bangka martabak manis disebut Hok Lo Pan. Martabak manis atau yang nama aslinya Hok Lo Pan adalah panganan khas Bangka Belitung. Martabak ini pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Maka dari itu martabak dinamai dengan sebutan Hok Lo Pan yang berarti Kue Orang Hok Lo.

Di pulau Jawa termasuk Bandung martabak manis dikenal dengan nama Terang Bulan. Hal tersebut dikarenakan bentuk martabaknya yang seperti bulatan bulan. Namun, saat ini dengan menjamurnya penjual martabak mayoritas orang saat ini menyebutnya dengan martabak manis.

Sumber: resepjuna | brilio

Loading...