Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan. Tetap Gurih dan Enak Bingits..

Diposting pada
Loading...

Selamat soree ibu ibu… ??
Pempek tanpa ikan. Cemilan cepat praktis dan terjangkau hehee. 1 jam siap santap,yang mau resepnya?? silahkan.. Pempek Dos (tampa ikan) by dessyelmawanty.

Halo, ketemu lagi weekend kali ini. Wah tak berasa saatnya harus menikmati liburan santai bersama keluarga. Weekend kali ini biasanya ngapain saja sih? Jalan-jalan ke mall kah? atau wisata ke tempat lain? atau jangan-jangan hanya dirumah saja yah? hehe, jangan khawatir, selama kalian bisa menciptakan sebuah masakan yang enak, kehangatan keluarga pasti tercipta di weekend ini.

Loading...

Pempek tanpa ikan tanpa ikan Lembut Bingit nih. mendadak ingin masak pempek dos, ada referensi cara membuat yang cukup enak yang dijadikan acuan nih…mau tahu juga kan?. Untuk wong palembang tulen pasti tahu dong pempek dos. yups pempek non ikan umum dimaksud juga pempek sagu. Jadi pempek di buat hanya memakai kombinasi tepung terigu, di resep pempek dos ini, tepung tapioka serta air hangat. Meskipun tanpa ada ikan namun pempek dos tak kalah terasa. Ini salah satu makanan favorite saya, dengan bentuk seperti perkedel kentang. Daripada pengantarnya kepanjuangan mending kita intip saja resep pempek dos ala saya

Tekstrunya lembut dan rasanya benar-benar enak meski tanpa ikan, cara penyajian resep pempek dos isi telur juga disantap bersama kuah cuko kental sebagai ciri khas dari pempek Palembang. Membuat pempek (empek-empek/mpek-mpek) tanpa ikan juga bisa menjadi jajanan favorit untuk dijual dengan harga yang tentunya jauh lebih murah.

#Bahan:

  1. 250 gram terigu
  2. 400-500 gram kanji/sagu
  3. 4 butir telur kocok lepas
  4. 3 siung bawang putih haluskan
  5. 2 sendok teh kaldu bubuk(ma***o)
  6. 1 sendok makan garam
  7. 500 cc air

#Caranya:

Telur kocok lepas dengan garpu sisihkan
Campur terigu,bawang putih,kaldu bubuk,garam dan air aduk rata jangan ada gumpalan…lalu masak diatas api kecil sambil terus diaduk sampai mengental,angkat dan biarkan hangat..lalu masukan kanji/sagu aduk rata dan adonan sedikit lengket..tabur tangan dengan tapioka lalu bentuk pempek sesuai selera,jika ingin bentuk seperti kapal selam bentuk dulu seperti tabung lubangi tengahnya dan isi telur lalu tutup rapat dan rebus diair mendidih sampai mengapung.

#Cukonya:

  1. 150 gram gula merah sisir halus.
  2. 300 cc air
  3. 5 sendok makan asam jawa
  4. 1/2 sendok teh garam
  5. 10 buah cabe rawit
  6. 4 siung bawang putih haluskan.
  7. Campur semua dalam panci rebus sampai mendidih saring,dan siap disajikan dengan pempek dan potongan timun.

Tips Cara Membuat Pempek Dos

* Langkah pertamanya didihkan air dan garam, lalu tuangkan di terigu(dalam wadah), aduk sampai menjadi bubur kental.
* Kemudian selagi masih hangat, masukkan sagu & 1 butir telur uleni sampai tercampur rata.
* Sekarang Bagi-bagi adonan dos menjadi sesuai besar yg diinginkan.
* lalu Bentuklah adonan sesuai keinginan, dos bisa bentuk bulat memanjang, kapal selam, bulat (adaan).
* selanjutnya rebuslah hingga pempek mengapung. angkat, tiriskan.
* Terakhirnya, goreng pempek, sampai menguning, angkat. beres bos resep pempek dos palembang lembut nya.

Penyajian pempek dos :

Potong-potong pempek yang sudah digoreng, tata di mangkok atau piring serta siram dengan saus cuko. Dapat pula dilengkapi dengan rajangan ketimun. begitulah cara menyajikan hasil Resep Pempek Dos kita ini.

Semoga pengolahan anda juga benar dan mendapatkan kuliner khas palembang ini jadi enak, sehingga menjadi santapan lezat, sekian olahan Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit selesai.

Mantap bukan Resep Pempek Dos ini ? seperti resep pempek adaan apalagi ditambah ketimun seperti biasa jadi seger, walaupun tanpa ikan, tetap saja makanan khas ini enak rasanya, silahkan coba dirumah resep juga cara membuat Pempek Dos tentu Tanpa Ikan Enak ini, semoga bermanfaat.

Sumber: kecimpring

Loading...