Cara Membuat Brownies Kukus Ala Amanda Yang Manis, Lembut, Dan Empuk

Diposting pada
Loading...

Lagi seneng-senengnya belajar bikin kue, kebetulan pas adik ipar habis pulang kampung mau balik kerja ke Kalimantan. Sekalian praktek bikin brownies kukus biar bisa dibawa bekal disana. Pas udah jadi dan diiris, wiiih bener2 mirip kaya brownies Amanda langgananku. Kata mertua & suami enak, kata adik ipar kaya beli diluar ? Senangnya… Berikut resepnya. selamat mencoba & semoga berhasil yaa ?

Nikmatnya dari kue brownies kukus Amanda dan Ny Liem dapat membuat banyak buntik, buntar dan bunsay mencari resep brownies kukus di internet, lalu mencoba menjajal sendiri bikin brownis kukus di rumah. Sebenarnya cara membuat brownies kukus ala Amanda ini cukup mudah dan sederhana. Bunda pembaca setia Resep harian pun bisa membuat kue brownies coklat sendiri dengan rasa yang tidak kalah lezatnya dengan kedua toko brownis terkenal di atas.

Bahan-bahan yang perlu bunda sediakan untuk membuat kue brownies kukus ini juga cukup mudah didapat dengan harga yang murah. Selain itu Kue brownies kukus lebih banyak digemari di bandingkan dengan kue brownies panggang, mungkin karena brownies kukus memiliki tekstur yang lebih lembut, empuk, dan juga legit.Apakah bunda sudah siap? Yuk kita coba praktekan resep brownies kukus sederhana tapi rasanya super lezat berikut ini.

Bahan-bahan

  1. 4 butir telur ayam
  2. 50 ml SKM coklat (2 sachet)
  3. 80 gr tepung terigu protein sedang
  4. 150 gr gula pasir
  5. 35 gr coklat bubuk
  6. 120 gr margarin
  7. 75 gr DCC
  8. 1 sdt baking powder
  9. 1 sdt vanili bubuk
  10. 2 sdt SP (cake emulsifier)

Langkah

  1. Lelehkan DCC & margarin, angkat. Siapkan loyang yang telah diolesi margarin dan tepung. Saya pakai ukuran loyang 7 x 18 cm.
  2. Siapkan wadah dan masukkan telur, gula pasir, vanili bubuk, dan SP. Gunakan Mixer dengan kecepatan paling tinggi (awal kecil perlahan, lalu pindah ke sedang, lalu paling tinggi) maksimal 10 menit sampai adonan berwarna putih dan mengembang. Matikan mixer.
  3. Di wadah tepung, masukkan coklat bubuk dan baking powder, aduk perlahan sampai tercampur rata.
    Masukkan campuran tepung & coklat bubuk kedalam adonan telur. Gunakan Mixer dengan kecepatan kecil, asal merata. Setelah itu matikan mixer dan aduk sisa adonan yang masih belum merata dengan spatula.
  4. Didihkan air dalam panci kukusan. Lapisi tutup panci dengan kain.
    Masukkan DCC & margarin cair ke dalam adonan. Aduk dengan spatula sampai merata.
  5. Isi loyang dengan sebagian adonan. Setelah air mendidih, kukus kedalam panci selama 10 menit. Setelah itu ambil 3 – 4 sendok adonan dan masukkan kedalam wadah SKM coklat. Aduk rata.
  6. Setelah 10 menit, buka tutup panci dan masukkan adonan SKM kedalam adonan kukusan, ratakan. Kukus lagi selama 10 menit.
  7. Setelah 10 menit, buka tutup panci dan masukkan sisa adonan, ratakan. Kukusan terakhir selama 25 menit. Total mengukus adalah 45 menit.
  8. Angkat loyang dari panci kukusan, tunggu agak dingin. Setelah itu pindahkan dengan membalik loyang brownies ke piring. Setelah dingin, potong – potong dan sajikan di piring
  9. Resep brownies kukus Amanda ini patut untuk dicoba. Karena rasanya tidak kalah enak dengan brownies lain yang ada di pasaran. Untuk kreasi lainnya, kamu bisa menambahkan toping di atasnya. Misalnya keju, kacang almond, meses, kismis atau yang lainnya sesuai selera.

Untuk rasa browniesnya, kamu bisa berkreasi dengan cara membuat 2 adonan, dengan satu adonan coklat dan yang setengah adonan lagi diberi rasa pandan, blueberry, pisang dan sebagainya. Brownies kukus ini bisa dijadikan referensi bagi kamu yang mau berjualan kue, rasanya yang enak dan lembut membuat banyak orang suka dengan makanan ini. Selamat berkreasi.. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Selesai! Kue brownies kukus sederharna ini bias bunda kreasikan dengan menambahkan berbagai jenis topping seperti keju parut, potongan kacang tanah dan lain-lain.

Selamat mencoba! Dan jangan lupa bagikan resepnya kepada teman bunda yang lainya melalui social media yang bunda gunakan.

Sumber : cookpad

Loading...