Kombinasi Tiga Rasa Kue Garpu Yang Enak Dan Renyah

Diposting pada
Loading...

Kue ini disebut kue garpu karena cara membuatnya memang dicetak menggunakan garpu. Tapi kue kering ini juga punya beberapa nama lain seperti kue Klatak di Semarang, atau kue Kekewukan di Tasikmalaya. Disebut kekewukan karena bentuknya mirip kewuk atau siput laut. Di beberapa tempat di Indonesia, kue ini merupakan kue khas hari Lebaran, jadi di bulan ramadhan ini bisa dipastikan beberapa orang mulai bersiap-siap membuat kue ini. Bahan-bahan kue garpu cukup sederhana dan murah meriah. Biaya pembuatan satu resep bahkan nggak nyampe 10 ribu Rupiah. Namun rasanya yang gurih dan renyah kriuk-kriuk cocok banget dijadikan camilan sambil santai atau untuk teman makanan berkuah seperti sop atau bakso.

Cara membuat kue ini cukup mudah, meskipun proses mencetak menggunakan garpunya butuh ketelatenan.
Bagaimana caranya? Yuk kita cobain resep kue garpu dari Maryam maeco ini:

Bahan-bahan

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 20 gram mentega (cairkan)
  3. 20 gram tepung tapioka
  4. 1 butir telur
  5. 1/2 sdt garam
  6. Daun seledri (iris halus)

Cara Membuat Kue Garpu

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan semua bahan yang ada. Aduk dan uleni sampai menjadi adonan yang kalis dan tidak lengket.
  2. Pipihkan adonan menggunakan penggilingan tangan atau botol kaca, latu potong persegi seperti pada gambar.
  3. Ambil sepotong adonan, lalu tekan-tekan pada bagian punggung garpu, kemudian gulung sampai ujung dan membentuk gulungan seperti pada gambar di atas.
  4. Goreng adonan menggunakan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
    Setelah dingin, masukkan ke dalam toples yang kedap udara supaya tetap renyah.

Selesai..! Gampang, praktis dan murah meriah, hehe.. Untuk menghasilkan kue yang renyah, usahakan adonan dibuat setipis mungkin ya bun. Selamat mencobaa…!

2. Resep Cara Membuat Kue Garpu Tanpa Telur Pedas Manis Keju Asli Paling Sederhana

Resep kue garpu merupakan olahan kue kering yang memiliki bentuk unik dan cita rasa yang sangat asin serta sangat gurih. Rasa gurih cemilan kering ini sebetulnya didapat dari perpaduan antara santan dan juga mentega yang menjadi salah satu bahan dasar untuk membuat kue garpu ini. Kue kering yang satu ini juga terkenal memiliki aroma harum atau wangi karena bahan bakunya dicampur dengan daun seledri yang kaya akan manfaat.

Dan untuk kalian yang ingin sekali menikmati cemilan dari resep kue garpu manis renyah saya sarankan sebaiknya anda membaca terlebih dahulu seluruh proses memasak kue garpu asin yang telah saya tulis secara jelas dan gamblang dibawah sini. Kemudian silahkan segera siapkan bahan dan bumbu yang akan digunakan dan jangan lupa siapkan juga semua peralatan yang akan anda butuhkan untuk masak kue garpu ini.

 

Bahan Kue Garpu:

  1. 150 gram tepung terigu
  2. 50 gram tepung kanji
  3. 50 ml santan kental
  4. 1 helai daun seledri, cincang halus
  5. 1 sendok makan mentega, cairkan
  6. 1/2 sendok teh penyedap rasa
  7. 1 sendok teh garam
  8. 500 ml minyak goreng

Cara Membuat Kue Garpu Rasa Manis Asin Yang Paling Renyah Enak Sederhana Serta Sangat Pedas:

  1. Pertama campur tepung terigu, garam, tepung kanji dan penyedap rasa lalu aduk perlahan hingga semua bahan tercampur secara sempurna.
  2. Kemudian masukan santan bersama dengan mentega secara perlahan sambil terus diuleni perlahan hingga adonan kue garpu menjadi kalis.
  3. Lalu tambahkan cincangan daun seledri kemudian uleni kembali hingga semua bahan tercampur secara sempurna atau terlihat kalis.
  4. Selanjutnya ambil adonan secukupnya saja lalu pipihkan diatas sendok garpu kemudian gulung, ulangi langkah ini sampai adonan habis.
  5. Terakhir goreng adonan kue garpu sederhana dalam minyak hingga berwarna kuning kecoklatan atau matang secara sempurna, angkat dan tiriskan.
  6. Setelah dingin segera simpan dalam toples atau hidangkan sebagai cemilan sehat untuk keluarga tercinta anda.
  7. Tips: untuk menambah rasa gurih kue garpu sebaiknya tambahkan sedikit kocokan telur, keju atau coklat pada adonan kue garpu yang renyah dan setelah itu silahkan masak saja sesuai dengan panduan yang ada diatas.

Demikian penjelasan mengenai Resep Cara Membuat Kue Garpu Tanpa Telur Pedas Manis Keju Asli Paling Sederhana yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua.

3. Resep Kue Garpu Keju Lebih Enak, Renyah dan Gurih

Kue garpu biasanya disajikan ditengah-tengah keluarga sambil ngobrol atau nonton televisi, atau akan lebih enak lagi jika di nikmati bersama dengan 1 mangkuk bakso atau mie rebus eummm yummmy.

Selain itu cara membuatnya cukup mudah dan bahan-bahan yang di butuhkan juga mudah bunda dapatkan, sehingga bunda bisa bikin kue garpu ini di rumah dengan resep yang akan www.inirecipes.id bagikan di bawah ini.

KUE GARPU KEJU

Bahan – bahan

  1. Tepung terigu protein rendah/kunci biru 1/4 kg
  2. Keju diparut halus 50 gram
  3. Garam 1/2 sendok teh
  4. Gula halus 2 sendok makan
  5. Margarin, dilelehkan 3 sendok makan penuh
    air 50 ml
  6. Telur utuh 1 butir kocok lepas

Cara Membuat Kue Garpu Keju

  1. Dalam wadah, Campurkan semua bahan-bahan seperti terigu, keju, garam, dan gula halus, lalu tuangkan air dan telur, aduk sampai rata.
  2. Setelah itu masukkan margarin yang sudah dilelehkan, dan uleni hingga kalis
  3. Ambil sedikit adonan, lalu pipihkan tipis di atas punggung garpu, kemudian gulungkan dan letakan di atas wadah datar yang sudah di beri sedikit taburan tepung terigu, lakukan terus sampai adonan habis.
  4. Panaskan minyak di atas wajan lalu goreng menggunakan api sedang sampai warnanya kuning keemasan atau sampai matang.
  5. Angkat dan tiriskan di atas kertas koran atau tissue, setelah dingin simpan di dalam wadah kedap udara supaya kerenyahanya terjaga.

Catatan Kue Garpu Keju

  1. Apabila bunda suka bisa menambahkan daun bawang atau seledri yang di iris-iris supaya tercium aroma harum yang menggoda.
  2. Ketika menggoreng pastikan minyaknya sudah panas betul dan goreng di atas api sedang supaya tidak gosong
  3. Untuk bunda yang suka asin/gurih, bisa bunda kurangi gula halusnya 1 sendok teh saja
  4. Ketika mencetak adonan harus benar-benar TIPIS supaya nantinya renyah, dan goreng dulu 1 biji untuk tau kerenyahannya, Kalo belum renyah berarti mencetaknya harus lebih tipis lagi.

Apabila bunda mau mencetak kue garpu ini cepat selesai, pertama pipihkan adonan menggunakan roll kayu /botol kaca lalu potong-potong berbentuk kotak-kotak kecil, kemudian cetak di atas punggung garpu dan gulungkan.

Selamat mencoba.. 🙂

Sumber: Diambil dari berbagai sumber

Loading...