Soto Sokaraja Asli Banyumas

Diposting pada
Loading...

Cara membuat soto sokaraja tentu saja tidak sulit dan bahan baku yang digunakan pun mudah didapat dimana-mana. oh iya, sebagai pelengkap soto, biasanya soto sokaraja akan diberikan remukan kerupuk warna-warni sebelum kecap manis yang dilumurkan diatasnya. sehingga tampilan soto sokaraja pun akan semakin apik dan sangat menggoda untuk segera disantap. bagaimana, sudah penasaran dan segera ingin membuatnya dirumah? jika iya yuck disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Soto Sokaraja nya seperti berikut ini.

Bahan-bahan Soto Sokaraja :

  1. Daging ayam 1 kilo gram
  2. Ketupat siap pakai secukupnya ( potong-potong kecil )
  3. Soun 150 gram ( rendam dengan air, tiriskan )
  4. Tauge pendek 150 gram ( cuci bersih )
  5. Kedelai goreng 150 gram
  6. Jahe 3 centi meter ( memarkan )
  7. Daun salam 3 lembar ( untuk merebus ayam )
  8. Lengkuas 4 centi meter ( memarkan )
  9. Air 2.500 mili liter ( untuk merebus ayam dan kaldu )
  10. Minyak goreng secukupnya ( untuk menumis dan untuk menggoreng ayam )
  11. Garam secukupnya ( bisa disesuaikan dengan selera )

Bumbu Halus Soto Sokaraja :

  1. Bawang merah 8 butir
  2. Bawang putih 4 siung
  3. Serai 2 batang
  4. Kunyit 2 centi meter ( bakar )
  5. Kemiri 6 butir ( sangrai )
  6. Seledri 2 batang

Bahan Pelengkap Soto Sokaraja :

  1. Daun bawang ( iris tipis )
  2. Irisan daun seledri
  3. Bawang goreng
  4. Kerupuk warna warni ( merah, putih, kuning )
  5. Kecap manis secukupnya

Bahan Sambal Kacang Soto Sokaraja :

  1. Kacang tanah 200 gram ( haluskan )
  2. Bawang goreng 3 sendok makan
  3. Cabai rawit 6 buah
  4. Bawang putih 2 siung
  5. Garam 1 sendok makan
  6. Gula merah 2 sendok teh
  7. Air asam 1 sendok makan

Cara Membuat Soto Sokaraja Asli Banyumas :

Langkah awal rebus ayam, air, daun salam, lengkuas, dan garam hingga matang. angkat, goreng ayam hingga kuning kecoklatan, tiriskan, lalu suwir-suwir.

Kuah Kaldu Bumbu : Selanjutnya panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi sedap. masukkan ke dalam kaldu ayam bekas rebusan ayam, masak di atas api kecil hingga mendidih.

Sambal Kacang : haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, cabai merah, dan garam. kemudian panaskan minyak, tumis bumbu halus sambal kacang hingga harum. tambahkan gula merah, air asam, dan kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi, aduk hingga rata. angkat, tuang air, lalu aduk rata kembali.

Penyajian : tata irisan ketupat yang sudah dipotong-potong tadi, tata soun, tauge, ayam suwir, daun bawang, seledri dan kacang kedelai lalu tuang kuah soto. lengkapi dengan kerupuk kanji atau kerupuk warna-warni yang diremez-remez hingga remuk, lalu taburi bawang merah goreng dan sambal kacang.

Jika tidak ada ketupat, anda dapat sajikan Soto Sokaraja dengan nasi putih hangat yang disajikan secara terpisah dari soto. kuah hangat soto sokaraja dengan isian ayam yang gurih dan sayuran segar akan menggoyang lidah anda hingga suapan terakhir.

Soto Sokaraja yang melegenda

Soto Sokaraja adalah salah satu resep masakan nusantara yang berasal dari wilayah Kabupaten Banyumas Kecamatan Sokaraja Jawa Tengah. Soto yang merupakan salah satu menu andalan di wilayah kabupaten Banyumas ini sering disebut dengan Soto Sokaraja dan Sroto Sokaraja oleh orang Banyumas Asli. pada umumnya Soto Sokaraja ini hampir sama dengan soto-soto di Nusantara Indonesia. yaitu hidangan berkuah dengan isian suwiran daging, sayuran seperti tauge, daun bawang, soun atau mie dan aneka bahan lainnya.

Soto Sokaraja Asli pada umumnya menggunakan suwiran daging ayam yang sebelumnya direbus dan digoreng dengan bumbu yang lezat sehingga daging yang digunakan terasa sangat gurih. namun perkembangnya jaman, Soto SOkaraja pun sekarang ini memiliki banyak sekali variasi. dari Soto Sokaraja Daging sapi, Soto Sokaraja Kecik, Soto Sokaraja Babat dan lain sebagainya. namun Soto Sokaraja Purwokerto ini memiliki ke khas-an yang tidak bisa didapat di soto-soto lainnya.

Ke khas-an dari Soto Sokaraja Asli adalah potongan ketupat didalamnya dan disajikan dengan sambal kacang / bumbu kacang. sehingga tak aneh lagi jika Soto Sokaraja Enak ini sering disebut juga dengan Soto Sokaraja Sambal Kacang. jika dilihat dari penyajian, soto sokaraja Asli Banyumas memang berbeda dengan Soto Kuah Kuning, Soto Betawi, Soto Kuah Bening, Soto Ayam, Soto Bogor, Soto Daging Sapi dan Soto-soto lainnya yang biasanya disajikan dengan sepiring nasi putih. jadi bisa dikatakan kalau isian Soto Sokaraja Banyumas lebih komplit dari aneka soto lainnya.

Untuk rasa Soto Sokaraja tentu saja sangat enak, pedas, manis, gurih dengan kuahnya yang masih panas dan segar. sangat cocok disajikan untuk hidangan makan siang dan makan malam yang istimewa. bagi para wisatawan mancanegara dan dosmetik, berburu Soto Sokaraja ketika melewati kota Sokaraja Purwokerto Banyumas Jawa Tengah ini merupakan hal yang wajib. Soto Sokaraja yang lezat merupakan masakan yang Khas dari Sokaraja, sedangkan untuk camilan yang terkenal disana adalah Getuk Goreng Sokaraja. untuk Resep Getuk Goreng Sokaraja akan kita bahas di postingan resep selanjutnya ya ?

Soto Sokaraja Daging paling enak disantap hangat-hangat bersama sambal kacang dengan ditemani Keripik Tempe Banyumas dan Tempe Mendoan Purwokerto Banyumas. Silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Soto Sokaraja Asli Banyumas untuk disajikan sebagai menu selingan sehari-hari dirumah. bila keluarga suka, anda dapat memasukan soto sokaraja ke daftar menu favorit baru keluarga. semoga bermanfaat. selamat mencoba, semoga sesuai selera ya. sekian.

Sumber: resephariini.com

Loading...