Resep Tumis Cumi Asin Cabai Hijau. Rasanya Meledaak di Mulut :)

Diposting pada
Loading...

Untuk Tumis Cumi Asin Cabai Hijau sebenarnya salah satu masakan yang mudah banget dibuat ya teman . ya , namanya juga tumis ya , pasti bumbunya ya itu-itu saja . kaya irisan bawang merah , irisan bawang putih , Irisan tomat dan yang paling utama adalah cabai hijaunya . bagi kalian yang suka cabai hijau penggunaan cabai hijaunya bisa pilih yang besar-besar ya , biar makyus .

Dan untuk bumbu yang digunakan juga sangat sederhana , kali ini kita akan menggunakan sedikit kecap manis , saus tiram dan garam secukupnya . untuk saus tiram bisa diganti sama bumbu penyedap ya teman , kayak royco rasa sapi ataupun masako sesusai selera . teman-teman ngga akan membutuhkan waktu yang lama dalam membuatnya . tinggal cemplung-cemplung lalu oseng-oseng bentar jadi deh Tumis Cumi Asin Cabai Hijau nya dan yang jelas rasanya yumiii banget .

Loading...

Cocok dan enak banget kalau disajikan dengan nasi putih panas yang baru matang dari majic com tuh . wah , rasanya kayanya habis dua piring juga ga terasa ya ? heheh . nah , yaudah , nih kak lin Bahan-bahan Dan Cara Membuat Tumis Cumi Cabai hijau nya , segera dicoba ya . buat teman-teman lainnya juga monggo di coba ya , buat hidangan special keluarga dirumah .

Bahan-bahan Tumis Cumi Asin Cabai Hijau :

  1. Cumi Asin 1 1/2 ons
  2. Bawang merah 7 siung ( diiris tipis )
  3. Bawang putih 3 siung ( diiris tipis )
  4. Tomat hijau 4 buah ( dipotong menjadi 8 bagian )
  5. Cabai hijau besar 4 buah ( diiris serong )
  6. Kecap manis 1 sendok teh
  7. Saus tiram 1 sendok makan
  8. Garam secukupnya

NOTE : jika suka pedas , anda dapat menambahkan beberapa irisan cabai rawit merah kedalam tumisan . agar lebih enak , pedas dan makyus .

Cara Membuat Tumis Cumi Asin Cabai Hijau :

  1. Langkah awal cuci bersih cumi asin , rebus dengan air selama 5 menit . angkat lalu buang airnya . ganti air dengan air yang baru , rebus kembali selama 5 menit atau sampai tekstur daging cumi menjadi lunak . angkat , tiriskan . lalu dipotong-potong bulat , sisihkan .
  2. Selanjutnya tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi . masukkan cabai hijau dan tomat hijau , lalu tumis hingga layu . tambahkan garam , aduk hingga rata .
  3. Setelah itu masukkan cumi asin yang sudah dipotong-potong tadi , aduk hingga rata . tambahkan kecap manis dan saus tiram . aduk kembali hingga bumbu merata dan matang . cicipi , tambahkan jika ada yang kurang , angkat .
  4. Tumis Cumi Asin Cabai Hijau yang lezat siap disajikan selagi hangat .

Kenapa cuminya direbus hingga dua kali ? hal ini bertujuan agar tekstur cumi empuk dan air rebusan menjadi bersih. karena pada rebusan pertama busa dari tinta cumi suka keluar jadi kesannya kotor , jadi direbus dua kali ya teman . yang jelas semakin lama direbus , semakin ngga asin juga cumi yang akan kita gunakan . oh iya , dalam tumis cumi asin cabai hijau ini dalam pemberian garam harus hati-hati , agar tumis cumi nya ngga keasinan .

Oke , selamat mencoba dan berkreasi sendiri sama Resep Tumis Cumi Asin Cabai Hijau ini dirumah ya . resepnya gampang , rasanya enak , masaknya cepet juga .. hehe top abies deh . oh iya , teman-teman makasih ya sudah membuka resephariini.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sampai bertemu di artikel resep selanjutnya . sekian ?

Sumber: resephariini

Loading...