Resep Roti Sobek Pandan Lembuuutttt Bangeeet

Diposting pada
Loading...

Daripada beli roti tiap hari di abang2 yg lewat, nyobain bikin sendiri ah…lumayan ngirit. Pas nemu resepnya langsung nyoba…eh bener2 lembut…  Pas mateng langsung diserbu sama anak2…

by Almaira Khanza

Bahan-bahan

  1. 250 gram tepung cakra
  2. 120 ml air hangat
  3. 1 sdm fermipan
  4. 1 sdt pasta pandan
  5. 1 butir telur
  6. 4 sdm gula pasir
  7. 1 sdm mentega
  8. 1/4 sdt garam
  9. olesan: 1 butir telur dikocok dengan 3 sdm susu cair

Langkah

  1. Campur air hangat dengan gula dan ragi. Tunggu sampai agak berbuih
  2. Masukkan telur dan pasta pandan lalu diaduk sampai rata. Masukkan tepung uleni sampai tercampur rata,setelah itu masukkan mentega dan garam,uleni kembali sambil dibanting2 hingga adonan kalis kira2 sampai 15 menit. Lalu tutup dengan lap basah dan diamkan sampai mengembang 2 kali lipat
  3. Setelah mengembang,pukul2 adonan untuk mengeluarkan gas,lalu pindahkan ke tempat yg rata dan gilas adonan lalu gulung. Potong2 menjadi beberapa bagian lalu tata di dalam loyang yg sudah dioles mentega.
  4. Diamkan kembali sampai mengembang,kira2 1 jam
  5. Oles atas roti dengan olesan lalu panggang dalam oven dengan api sedang hingga warnanya berubah keemasan.
  6. Setelah matang oles atas roti dengan mentega agar lebih mengkilap
  7. Sajikan.

Resep 2: Roti Sobek Pandan-Metode 30 menit tanpa telur & ulen

Langsung aja saya tulis resepnya ya…catetan untuk saya juga nih, kalau mau bikin lagi biar ga lupa ^^.

Bahan (Resep Dobel):

  1. 200 gr terigu protein tinggi
  2. 150 ml susu cair
  3. 20 gr mentega
  4. 10 gr ragi
  5. 40 gr gula
  6. 1 sdt garam
  7. 6 gram susu bubuk
  8. 1 sdt pasta pandan

Cara Pembuatan:

  1. Masukkan susu dan mentega ke dalam tempat untuk membuat adonan roti, panaskan ke dalam microwave dengan panas 500w selama 50 detik / hingga mentega meleleh tapi tidak terlalu panas.
  2. Masukkan pasta pandan, aduk rata. Masukkan ragi, gula, garam, susu bubuk aduk rata hingga cukup larut dengan whisker.
    *point ini cukup penting, karena ragi yang tidak tercampur rata ke dalam susu hangat, bikin roti jadi beraroma tajam. Ini pengalaman saya waktu pake resep dobel untuk roti sois, susunya uda ga hangat lagi walaupun mentega sudah cair, akhirnya ragi ga bisa larut sempurna…dan roti pun jadi bau ragi menyengat.
  3. Masukkan sepertiga tepung terigu, lalu aduk hingga benar benar tercampur rata agar menghasilkan roti yang berserat halus. Kemudian masukkan sisanya, aduk semua tercampur rata tidak bergerindil.
    *Nah, kalau di resep dasar tertulis tidak perlu diaduk sampai kalis, tapi adonan masih bergerindil. Kali ini saya coba hingga adonan halus tidak bergerindil, tapi tetap tidak sampai kalis. Dan hasilnya menurut saya lebih lembuuuut.
  4. Masukkan adonan roti di atas ke dalam microwave, panaskan 200w selama 50-60 detik. Kalau microwave saya paling rendah 500 w, saya panaskan selama 30 detik. Alhamdulillah hasil adonan ga kering seperti waktu bikin roti sosis.
  5. Keluarkan dari microwave, aduk kembali boleh dengan whisker atau tangan selama 30 detik, lalu fermentasikan ke dalam oven dengan suhu 40c selama 15 menit.
  6. Setelah adonan mengembang sempurna, pukul/tinju untuk mengeluarkan udara di dalam. Lalu bentuk dan isi sesuai selera.
  7. Selagi membentuk&mengisi adonan, panaskan oven dengan suhu 200c selama 15 menit. Setelah adonan selesai dibentuk & diisi, masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan selama 5 menit agar adonan mengembang lebih cepat. Kemudian panggang dengan suhu 190c selama 20 menit.

*Hasil roti sobek 14 buah, dengan berat adonan kurang lebih @ 30gr. Mau tahu serat di dalamnya, teman-teman?? Ini dia…Moga-moga kebayang lembutnya yaah walau tanpa telur & ulen…

Klo ini saya isi selai serikaya pandan homemade. Bikinnya juga kemaren, nyoba 1/3 resep dulu.

Ga saya review di sini yaah. takutnya terlalu panjaaang…Nanti insyAllah saya bikin postingan sendiri, lagi pula dari segi tekstur belum yang super lembut tanpa cela gitu..masih agak bergerindil, karena dede bayi ga tahan diajak lama-lama depan kompor, suka usrek usrek..hehee. Padahal untuk bikin serikaya ini harus pakai api kecil dengan sabar depan kompor buat ngudek terus. Tapi kalau dari segi rasa..asli bikin bumil girang banget, enak & wangiii..Kalau dari warnanya, pas uda mateng kayak terlalu ijo gitu, tapi bgitu masuk ke roti ternyata ga yah, malah keliatan seimbang sama rotinya.

Demikian laporan saya, moga-moga bermanfaat ya, teman-teman. Oiya dari satu adonan dasar ini bisa dibikin macem-macem roti, termasuk pizza. Sekarang kalau bikin pizza, saya pakai resep ini untuk rotinya, lembuuut, hemat & cepat.

Selamat mencoba…

Sumber: dapurkita16 | tipstrikmemasak

Loading...