Brownies Kukus Mekar Ny. Liem, Ngakak Semuaaa. Anti Gagal Anti Bantat

Diposting pada
Loading...

Pake resep Ny.Liem hasilnya ngakak semua ? Pas mendekati hari-hari penutupan event sempet nyobain resep Brownies Kukus Mekar-nya Ny. Liem. Yang ini santer banget dijadiin percobaan anggota milis soalnya anti gagal dan rasanya enaak. Ny. Liem gitu loh. Tapi karena ngerasa gak ada unik-uniknya, nggak jadi dikumpulin deh Pe-Ernya ke panitia event. Jadinya dipajang disini aja deh fotonya.. hehehe.

Dari semua resep bolu kukus, yang ini termasuk rekomendasi untuk dicoba lho. Teksturnya lembut banget, seperti kapas. Seratnya halus, porinya nggak besar-besar. Kalo diperhatiin teknisnya juga, sepertinya sih tipenya yang pasti ngakak. Sedih lho kalo bikin bolu kukus terus hasilnya mingkem alias permukaannya rata, gak pecah merekah. Kalo udah mingkem gitu biasanya bikin nggak semangat makannya. Hehehe.. makanya kalau saya mau bikin bolu kukus, suka diseleksi dulu resepnya. Kalo yang risky, disisihin dulu sampai dapet mood yang pas, baru dibikin. Bolu kukus tuh paling oke kalo dibikin pas lagi hepi.

Bahan-bahan

  1. 200 gr gula halus
  2. 2 butir telur
  3. 160 ml air
  4. 1/2 sdt vanili bubuk
  5. 200 gram terigu protein rendah
  6. 30 gram coklat bubuk
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1/2 sdt baking powder double acting
  9. 1 sdt emulsifier (TBM/SP)

Langkah

  1. Ayak terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder, sisihkan.. panaskan kukusan
  2. Mixer gula, telur, air dan vanili dgn speed tinggi sampe berbusa
  3. Turunkan ke speed rendah, tuang campuran terigu secara bertahap sampai tercampur rata sambil terus di mixer
  4. Tambahkan SP, mixer dengan speed tinggi hingga kental dan mengembang
  5. Tuang ke dlm cup hingga setinggi cup supaya hasilnya mekar
  6. Pastikan kukusan sudah beruap banyak.. kukus kue selama kurleb 15-20 menit..

Nah kuncinya membuat brownies mekar ini dan secara umum bolu kukus adalah, pastikan mengisi cetakan sampai penuh, dandang kukusan harus sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai airnya mendidih sehingga uapnya banyak, perhatikan untuk tidak mengisi air terlalu banyak sehingga akan menciprati bagian bawah cetakan yang akan mengakibatkan bagian bawah akan bantat.

Dan yang patut diperhatikan adalah jangan mengisi dandang kukusan terlalu penuh, supaya adonan bisa mekar karena mendapatkan uap panas yang cukup. Perhatikan juga untuk tidak buka tutup dandang kukusan. Jika tertera waktu pengukusan di resep, ikuti saja. Satu lagi yang tidak kalah penting, alasi tutup kukusan dengan serbet bersih supaya uap air tidak menetes ke adonan sehingga adonan akan bantat.

Nah untuk mendapatkan hasil yang mekar seperti ini, perhatikan tips-tips yang sudah saya tulis di atas ya…semoga tertarik untuk mencoba resep brownies kukus mekar ny. Liem ini ya..semoga sesuai selera ya..

Sumber: monicsimplykitchen.com

Loading...