Memanfaatkan Nasi Sisa: Cara Buat Apem Nasi No Santan, Enak Praktis

Diposting pada
Loading...

Kue Apem Nasi adalah salah satu kue khas nusantara yang jadul namun sangat mudah dibuat dan murah pula ongkos pembuatannya :D. Kue Apem Nasi ini, sesuai namanya berbahan dasar Nasi sebagai bahan baku utamanya. Jadi jika para bunda sekalian kebetulan memiliki nasi sisa semalam yang sayang kalau dibuang dan bingung mau dibuat apa, mending dibuat menjadi kue apem nasi aja. Proses pembuatannya pun tidaklah ribet dan termasuk kedalam kue yang tingkat kesulitannya mudah untuk dibuat. Jika kebetulan bunda sekalian belum tahu cara membuatnya, anda bisa menyimak dan mempraktekkan Resep Cara Membuat Apem Nasi yang kami share dibawah ini.

Bahan Membuat Apem Nasi

  1. 200 gr nasi sisa
  2. 1 sdt ragi
  3. 130 ml santan kemasan
  4. 150 gr tepung terigu
  5. 200 gr gula pasir
  6. 110 gr tepung beras
  7. 300 ml air
  8. 3 sdm endapan sari pandan
  9. 1/4 sdt garam

Cara Membuat Apem Nasi Praktis :

  1. Langkah pertama, Blender nasi beserta air dan santan hingga menjadi lembut (seperti bubur).
  2. Selanjutnya, Satukan semua sisa bahan, lalu aduk hingga rata, kemudian secara perlahan tuangkan campuran nasi sambil terus anda aduk dengan menggunakan whisk hingga terlihat merata. Setelah itu tutup dengan menggunakan plastik wrap atau serbet basah. Lalu diamkan kurang lebih selama 1 jam
  3. Terakhir, Oles tipis cetakan dengan minyak, lalu kukus dengan menggunakan api takaran besar, kemudian tutup panci yang kemudian di lapis serbet selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu dinginkan, lalu keluarkan apem nasi dari cetakan. Selanjutnya, apem nasi siap untuk disantap ^^

Note : Jika ingin tampilannya lebih menarik, anda bisa menambahkan pewarna makanan secukupnya sesuai selera.

Resep Cara Membuat Pempek Nasi Enak Praktis

Jika anda kebetulan mempunyai nasi sisa dan bingung mau diapakan, jangan keburu dibuang dulu yah bun, karena nasi sisa tersebut selain bisa dimanfaatkan untuk membuat nasi goreng, juga bisa untuk dibuat cemilan pempek nasi yang enak loh. Penasaran ingin tahu bagaimana rasa dan Resep Cara Membuat Pempek Nasi tersebut ? yuk simak ulasan cara membuatnya dibawah ini.

Bahan Membuat Pempek Nasi :

 

  1. 2 piring nasi (350 gram)
  2. 2 Butir Telur
  3. tepung sagu/tepung tapioka (200 gram)
  4. 1 sdt garam
  5. 300 gram Tepung terigu
  6. 1 sdt Kaldu bubuk
  7. 5 siung Bawang putih
  8. air (400 cc)
  9. minyak goreng (75ml)
  10. 3 sdm Ebi, sangrai kemudian haluskan bersama bwang putih diatas

Bahan Kuah Cuko :

  1. 1/2 sdm Kecap manis
  2. Gula merah (110 gram)
  3. 2 1/2 sdt Gula pasir
  4. 250 ml Air
  5. 50 ml Air asam (dr 1 sdm asam)
  6. secukupnya Bawag putih, ebi, cabai, garam (haluskan)
  7. Cara Membuat Kuah Cuko : rebus semua bahan kuah cuko diatas, lalu saring.

Cara Membuat Pempek Nasi Enak Praktis :

  1. Langkah pertama, masukkan nasi beserta air, kaldu bubuk, tepung terigu, ebi dan bawang putih kedalam panci.
  2. Kemudian Masak sambil anda aduk-aduk dengan menggunakan spatula hingga tercampur dengan rata serta adonan menjadi lengket dan menyatu. Setelah itu matikan api
  3. Selanjutnya, Masukan minyak goreng, terus aduk, lalu masukkan telur kemudian aduk lagi hingga tercampur merata.Setelah itu tunggu dan biarkan sejenak hingga adonan agak dingin.
  4. Berikutnya, setelah adonan agak dingin, masukkan tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan tidak terlalu lembek namun masih agak lengket. Lalu olesi tangan anda dengan tepung sagu agar adonan tidak lengket ditangan, setelah itu ambil 1 sendok makan adonan dan bentuk menjadi bulat, lonjong atau sesuai selera. Kemudian Rebus adonan di air mendidih yang telah dicampur dengan 1 sdm minyak goreng hingga terlihat mengambang. setelah itu angkat dan tiriskan.
  5. Terakhir, goreng adonan pempek nasi pada minyak yang panas hingga berwarna kuning kecoklatan, setelah itu angkat, tiriskan sejenak minyaknya, lalu sajikan pempek nasi buatan anda bersama kuah cuko.

Nah, itulah Resep Cara Membuat Pempek Nasi yang enak dan praktis yang dapat kami infokan

Sumber: masakankoki

Loading...