Begini nih Cara Membuat Bakso yang Empuk Kenyal pakai Blender! Langsung Coba yuk

Diposting pada
Loading...

Biasanya, untuk memperoleh bakso yang kenyal kita pergi ke tempat penggilingan daging atau menggunakan food processor. Tapi bagaimana bila kita tidak menemukan tempat penggilingan daging yang higienis atau tidak memiliki food processor? Pakailah BLENDER!

Bunda Puti Stephania telah melakukan aneka percobaan untuk memperoleh Bakso yang Kenyal hanya dengan Blender. Ia berbagi hasilnya untuk kita semua. Ayo dicoba, Insyaallah sukses!

BAHAN BAKSO EMPUK KENYALResep : Puti Stephania Hoesni

  1. 500 gram daging sapi segar, cincang halus
  2. 400 gram daging ayam, cincang halus
  3. 180 gram tepung tapioka
  4. 1 butir telur
  5. 1/2 sdt baking soda
  6. 1 siung bawang putih , cincang halus
  7. 300 gram es batu dihancurkan
  8. 4 batang daun bawang, potong-potong
  9. 3-4 batang daun seledri, potong-potong
  10. 1-1,5 sdt merica halus
  11. 4 sdt garam
  12. Penyedap rasa secukupnya

CARA MEMBUAT BAKSO EMPUK KENYAL

  1. Blender daging dan ayam yang telah dipotong atau dicincang halus menggunakan mincer (blender khusus daging/bumbu kering). Tambahkan 1-2 es batu ke dalam blender agar daging tetap dingin dan terjaga dari panas putaran pisau blender. Sisishkan.
  2. Haluskan bawang putih, daun bawang, seledri dan 1 butir telur dengan menggunakan blender khusus bumbu halus.
  3. Campur semua bahan bumbu dan daging yang telah digiling halus kedalam blender besar. Tambahkan sisa es batu yang telah digunakan. Blender hingga halus merasa.
  4. Tuang gilingan daging didalam wadah, campur dengan bahan-bahan sisa lainnya. Aduk hingga rata dengan menggunakan mixer spiral. Tutup adonan dengan plastik wrap, diamkan adonan selama beberapa jam di kulkas agar saat dibentuk adonan dalam kondisi dingin.
  5. Masak air dalam panci sampai mendidih. Matikan. Ambil adonan bakso dan bentuk dengan menggunakan 2 sendok.
  6. Cemplungkan bakso yang telah dibentuk kedalam air. Lakukan hingga adonan habis.
    Nyalakan kembali api kecil, jangan biarkan sampai mendidih. Masak bakso setelah terapung agar matang sempurna.
  7. Angkat dan tiriskan. Sajikan

Tips Membeli atau Memilih Daging Sapi yang Baik, Sehat dan Segar

1. Perhatikan warna daging

Ketika anda hendak membedakan apakah daging yang anda beli dalam keadaan baik atau busuk caranya yaitu dengan memperhatikan warna daging itu sendiri. Daging yang memiliki kualitas baik biasanya mempunyai warna merah yang masih sangat segar sekali serta tidak terlihat pucat dan kotor.

2. Cium aroma daging

Daging sapi yang masih dalam keadaan segar biasanya akan tercium aroma daging yang segar, tidak tercium bau busuk atau bau amis. Ketika membelinya anda jangan tertipu oleh kata-kata pedagang daging itu sendiri. Meskipun pada saat itu anda hanya mencium bau amis yang sedikit, akan lebih baiknya jika anda mengurungkan niat anda untuk membelinya.

3. Lihat tekstur daging

Sebelum anda membeli daging, maka tidak akan ada salahnya apabila anda melihat tekstur daging itu sendiri. Jika anda mendapati tekstur daging yang kenyal serta posisinya kembali seperti semula ketika di tekan, maka bisa dipastikan bahwa daging tersebut masih dalam keadaan segar atau baru. Sebaliknya, jika daging yang anda tekan terasa lembek, maka kita harus menghindarinya karena keadaannya sudah tidak segar lagi.

4. Hindari membeli daging dalam keadaan beku

Banyak orang yang biasanya salah kaprah ketika membeli daging. Dimana biasanya mereka menganggap bahwa daging dalam keadaan beku ialah daging yang segar dan baik. Daging yang beku memanglah baik, namun perlu kita ketahui juga bahwa kesegarannya kurang. Namun, jika tidak ada lagi pilihan dan anda harus membeli daging dalam keadaan beku, maka anda bisa memilih daging yang tidak terdapat bunga es, karena daging yang seperti itu merupakan daging yang sudah lama.

5. Hindari memilih daging berair

Ketika kita membeli daging, tentu saja kita melihat daging dengan posisi yang digantung. Ketika itu, anda harus memastikan bahwa anda tidak memilih daging yang berair, karena bisa saja daging tersebut adalah daging glonggongan. Namun, jika yang menetes pada daging adalah d4r4h, maka tidak masalah jika anda membelinya, karena itu merupakan sari daging sapi tersebut. Cobalah untuk membeli daging yang tidak berair, karena jika berair maka daging tersebut sudah berada cukup lama berada di udara bebas

Nah, itulah tips memilih daging sapi yang masih dalam keadaan sehat atau segar. Janganlah membeli daging dengan sembarangan, karena selain mempengaruhi masakan yang anda buat menjadi tidak sempurna, juga akan merugikan kesehatan diri sendiri berserta seluruh keluarga.

Sumber: Masakanpraktisrumahan.com | selerasa

Loading...