Resep Bubur Singkong ala Bunda Tatiara

Diposting pada
Loading...

Resep Bubur singkong gula merah favorit Bikin bubur singkong ini nyambi masak buatnya cepat kirain bakal lama ngaduknya yah ini cpt matangnya Suka sekali dgn olahan singkong apalagi lihat resep ini bisa dibayangkan buburnya enak kenyal dan gurih Benerlah sesuai bayangan hehehe Resep dari Mba Kaka Beryl yuk coba tapi bagi yg suka manis tambahkan gula merahnya ya gulanya bs dimix gula pasir atau gula palm terserah bisa dimodifikasi jg isian dlm penyajiannya dibikin bubur campur

Resep Bubur Singkong ala Bunda Tatiara

Bâhân yang diperlukan:

  1. 250 gr singkong, pârut
  2. 500 ml âir (sy + 2 sdm susu kentâl mânis)
  3. 200 gr gulâ merâh (sy + half sdm gulâ pâsir & 1/four sdt gârâm)
  4. 1 sdm tepung tâpiokâ, lârutkân dgn sedikit âir
  5. 1 lbr dâun pândân

Kuâh Sântân:

  1. 400 ml sântân
  2. half sdt gârâm
  3. 1 lbr dâun pândân

Cara Membuat:

  1. Mâsâk âir, gulâ merâh & dâun pândân sâmpâi mendidih & gulâ lârut, sâring.
  2. Câmpur âir gulâ merâh td dgn singkong pârut, mâsâk lg sâmbil di âduk2 hinggâ mendidih, jikâ singkong sdh half mâtâng
  3. tuângkân lârutân tâpiokâ, mâsâk lg sâmbil di âduk terus sâmpâi singkong mâtâng merâtâ (âdonân jd kentâl), mâtikân âpi
  4. Kuâh: didihkân bâhân blkuâh sâmbil di âduk2 âgâr sântân tdk pecâh, ângkât.
  5. Târuh bubur di mângkok lâlu sirâm dgn kuâh sântân, sâjikân..

Sumber : http://resepenak.co/resep-cemilan/resep-bubur-singkong-ala-bunda-tatiara/

Khasiat Singkong

Berikut 15 manfaat singkong untuk kesehatan:

1. SUMBER ENERGI BAGI TUBUH

Dalam 100 gram porsi, singkong mengandung 38 gram karbohidrat dan 160 kkal kalori . Hal ini membuat singkong sebagai sumber energi yang sangat baik bagi tubuh yang mengalami aktivitas fisik berat. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa yang bertindak sebagai sumber energi bagi sel tubuh. Kemudian, glukosa akan disimpan dan mengkonversi menjadi glikogen dalam otot sebagai reservasi energi. Sementara daun singkong juga mengandung karbohidrat dengan jumlah yang sama dengan karbohidrat pada kacang dan kacang kedelai.

2. MENURUNKAN KOLESTEROL DARAH

Sebuah studi di Filipina (salah satu negara di mana singkong merupakan salah satu tanaman penting) melakukan penelitian terhadap singkong dalam kaitannya untuk menurunkan kadar kolesterol pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa singkong memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol total.

Kemudian singkong juga menurunkan kolesterol LDL yang dianggap sebagai kolesterol jahat dan selain itu singkong juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida karena kandungan seratnya yang tinggi. Singkong juga dikenal sebagai sumber saponin. Saponin akan mencegah asam empedu dan kolesterolagar tidak diserap oleh usus kecil

3. MENCEGAH ANEMIA

Mineral besi yang dikandung oleh singkong dapat membantu tubuh untuk membentuk dua protein penting, hemoglobin (molekul protein dalam sel darah merah) dan mioglobin (protein yang ditemukan dalam jantung dan otot) yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Mengkonsumsi daun singkong atau akar singkong dapat membantu mencegah tubuh dari kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia dan membantu proses pembaruan sel-sel darah merah.

4. MENGURANGI RISIKO PENYAKIT JANTUNG

Singkong mengandung serat yang dapat mengurangi kolesterol penyebab penyakit jantung dan menjaga kesehatan sirkulasi darah.

Sumber: khasiat sehat

Loading...