Inilah Resep Lapis Tepung Singkong Nikmat Yang Mudah Dan Murah

Diposting pada
Loading...

Lapis tepung singkong mungkin masih terdengar asing bagi kita karena biasanya bahan utamanya menggunakan tepung beras. Tapi jangan salah, bahan tepung singkong ini juga dapat menghasilkan kue lapis yang tidak kalah enaknya. Yang pasti keduanya sama-sama sebagai sumber karbohidrat yang mengenyangkan dan sehat.

Seperti yang kita tahu, kue lapis ini adalah makanan yang cukup khas di Indonesia yang termasuk dalam jajanan pasar kue tradisional. Kue ini tidak dapat bertahan lama karena memang tanpa bahan pengawet dan teksturnya yang lembut serta kenyal yang sangat nikmat. Kue ini dapat disajikan sebagai pendamping minum teh atau kopi atau sebagai snack dalam acara keluarga seperti arisan.

Bila Bunda pernah mencoba membuat kue lapis dengan bahan dasar tepung beras, nampaknya Bunda tidak akan menemui kesulitan dalam mengeksekusi Lapis tepung singkong. Karena cara pembuatannya mirip walaupun nantinya citarasanya agak berbeda. Hal ini terjadi karena rasa gurih dan lezat dari singkong akan lebih dominan dengan manis yang pas. Tak heran bila resep ini sangat digemari oleh banyak orang.

Menyajikan hidangan lezat yang bergizi dan juga pastinya bebas bahan pengawet adalah pilihan yang cerdas. Salah satu caranya adalah dengan memasaknya sendiri. Dengan demikian Bunda akan memilih bahan terbaik dan kebersihannya terjaga. Bila kita membeli di luar, kita tidak tahu pasti bagaimana prosesnya dan tentu saja bisa jadi pewarna yang digunakan adalah pewarna yang berbahaya.

Siapkan bahan baku yang berkualitas dan masih segar agar tercipta rasa yang lezat. Untuk pewarnanya akan lebih baik bila menggunakan bahan yang alami saja. Seperti warna hijau bisa kita dapatkan dari daun suji atau daun katu dan bahan-bahan alami lainnya. Bila memang terpaksa ingin warna lainnya, kita bisa menggunakan pewarna makanan yang telah teruji keamanannya.

Seperti yang kita tahu, warna ini adalah salah satu daya tarik untuk suatu makanan di samping bentuk dan juga cita rasa. Biasanya kita hanya menemukan kue lapis dengan warna standart hijau dan putih. Di sini Bunda bisa berkreasi dengan menggunakan berbagai layer warna menarik sehingga kue lapisnya sekilas seperti rainbow cake. Tentunya akan sangat lucu dan menggugah selera.

Yang perlu Bunda ingat adalah kue lapis ini dibuat dengan cara dikukus, bukan dipanggang seperti yang lainnya karena termasuk dalam golongan kue basah. Hal lainnya yang menantang adalah Bunda harus sabar melakukannya secara bertahap agar mendapatkan hasil layer warna kue lapis yang rapi dan sempurna.

Untuk memasaknya Bunda membutuhkan loyang, bisa berbentuk bulat ataupun kotak sesuai selera. Jangan lupa olesi terlebih dahulu bagian dalamnya dengan minyak agar tidak lengket saat sudah matang dan dipindahkan ke wadah lainnya. Tuangkan adonan selapis demi selapis, setiap lapisnya membutuhkan waktu kurang lebih 8 menit agar benar-benar masak sempurna. Lakukan hingga adonannya habis.

Langkah-langkah membuat kue lapis tepung singkong

Bahan-bahan kue lapis :

  1. 150 gram tepung singkong
  2. 100 gram tepung beras
  3. 100 gram gula pasir
  4. 400 ml santan pandan
  5. ½ sdt garam halus
  6. Pewarna makanan sesuai selera (merah/hijau/pink/kuning/ungu)

Cara membuat kue lapis tepung singkong :

  1. Masukkan santan sebanyak 200 ml ke dalam panci bersama dengan garam, gula dan tepung beras hingga menjadi bubur.
  2. Setelah mendidih dan tercampur dengan rata, angkat dari atas kompor.
  3. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian, tergantung berapa warna yang akan Bunda gunakan dalam mewarnai lapisan kue lapis tepung singkong ini.
  4. Setelah itu campur masing-masing bagiannya dengan menggunakan tepung singkong. Tambahkan juga sisa santan dengan volume yang sama dan blender hingga adonan dapat tercampur dengan rata.
  5. Tuanglah adonan ke dalam cetakan yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak agar tidak lengket.
  6. Kukus adonan selapis demi selapis dengan jarak 8 menit per layernya agar adonan masak dan tidak tercampur warnanya.
  7. Lakukan hingga adonan habis.
  8. Setelah itu kukus hingga benar-benar matang dengan waktu kurang lebih 15 menit.
  9. Setelah matang, angkat dan keluarkan dari loyang bila sudah agak dingin.
  10. Potong kue lapis tepung singkong dengan besar dan bentuk sesuai dengan keinginan dan sajikan.

Selain untuk dikonsumsi sendiri, Bunda bisa menjadikan makanan ini sebagai ide usaha juga lho. Setelah mahir dan banyak orang yang menyukainya Bunda dapat membuatnya dalam jumlah yang banyak untuk dititipkan di penjual makanan yang biasanya menjual berbagai macam makanan kecil. Hal lain yang bisa dilakukan adalah mempromosikannya pada teman dan saudara, siapa tahu ada yang berminat memesannya untuk acara mereka.

Nah, demikian resep lapis tepung singkong yang bisa dengan mudah dipraktekkan. Sangat sederhana dan juga tentu saja menyehatkan. Semoga Bunda suka dan dapat menjadi menu snack yang menjadi favorit keluarga, teman juga saudara. Dengan begitu Bunda akan lebih menghemat pengeluaran dan bereksperimen di dapur. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Sumber: reseplezatbunda

Loading...