Roti Jala Saus Durian

Diposting pada
Loading...

Roti jala merupakan salah satu kue basah yang berasal dari daerah Melayu. Roti jala ini terbilang cukup unik karena roti jala ini memiliki bentuk yang sangat unik dimana bentuknya tidak seperti roti pada umumnya. Disebut roti jala karena karena roti ini memiliki bentuk yang tipis, memiliki rongga atau lubang seperti sebuah jala atau jaring yang pada umumnya digunakan untuk menangkap ikan nelayan. Daerah yang terkenal dengan roti jalanya adalah Sumatera Utara, Riau, Aceh, Semenanjung Malaysia dan Negara tetangga seperti Singapura.

Meskipun roti jala ini bukan merupakan roti asli dari Negara Indonesia, namun pecinta olahan roti jala sendiri cukup banyak mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Ternyata roti jala ini berasal dari India namun masyarakat India menyebut roti jala ini dengan sebutan roti prata. Roti jala ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Jadi ketika Anda sedang berlibur ke daerah Melayu jangan lupa untuk mencicipi roti jala ini. roti jala ini termasuk dalam salah daftar kuliner yang recomen untuk dicicipi. Pada umumnya roti jala dalam penyajiannya disajikan dengan kuah kari.

Dengan kuah kari ini pastinya akan membuat cita rasa dari roti jala ini semakin istimewa. Agar cita rasanya menjadi semakin istimewa biasanya masyarakat menambahkan acar menjadikan roti jala semakin segar. Di daerah Melayu roti jala ini pada umumnya digunakan untuk sajian ketika ada acara mulai dari pernikahan, hari raya dan acara keluarga. Roti jala selain bisa disajikan dengan kuah kari juga bisa disajikan dengan kuah durian.

Bagi Anda yang belum pernah mencici roti jala ini pastinya Anda merasa penasaran atau mungkin Anda ingin mencoba untuk membuat roti jala ini di rumah. Bagi Anda yangbelum mengetahui cara membuat roti jala kuah durian Anda tidak perlu merasa kuatir sebab di bawah ini akan kami berikan resep untuk membuat roti jala yang bisa Anda coba di rumah. Adapun resep untuk membuat roti jala adalah sebagai berikut :

BAHAN ROTI JALA :

  1. 150 gr tepung terigu protein sedang
  2. 250 ml santan dari 1/4 butir kelapa (bisa juga diganti dengan susu cair)
  3. 2 butir telur ayam, kocok
  4. 1 sdt garam
  5. 2 sdm minyak goreng
  6. 1 sdm margarin, lelehkan

BAHAN SAUS DURIAN :

  1. 200 gr daging buah durian
  2. 300 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
  3. 100 gr gula merah, sisir halus
  4. 50 gr gula pasir
  5. 1/4 sdt garam
  6. 2 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT ROTI JALA :

  1. Masukkan semua bahan roti jala sampai tercampur rata. Saring supaya tidak terdapat butiran kasar yang bisa tersangkut pada lubang wadah cetakan nanti.
  2. Masukkan adonan ke dalam wadah cetakan roti jala atau plastik segitiga.
  3. Panaskan wajan antilengket dengan api kecil, semprotkan adonan di atas wajan dengan gerakan membentuk jala atau jaring.
  4. Jika sudah matang, pindahkan roti jala ke piring, balikkan sehingga bagian atas menghadap ke bawah, kemudian digulung.
  5. Ulangi sampai adonan habis.
  6. Sajikan roti jala dengan siraman saus durian.

CARA MEMBUAT SAUS DURIAN :

  1. Masak santan, gula, dan garam hingga mendidih. Saring.
  2. Masak lagi bersama daun pandan dan daging buah durian sambil diaduk sampai mendidih. Saus durian siap dihidangkan bersama roti jala.

Tips : Simpan roti jala dalam wadah kedap udara agar tidak menjadi kering dan keras.

Untuk cetakan roti jala sendiri juga mudah ditemukan di swalayan-swalayan bagian peralatan dapur. Bagi yang suka berkreasi, roti jala bisa dibuat warna-warni (mis, warna hijau dari pandan), bahkan bahan dasarnya bisa dibuat manis dengan menggunakan coklat tim, jadi tidak perlu saus lagi.

Sumber: kuenusantara

Loading...