Cara Membuat Bubur Sumsum Super Lembut Langsung Ketenggorokan

Diposting pada
Loading...

Ini sih siapa yang tidak suka ya? Semua orang pasti suka, habisnya enaaak yaah hihi… Ini resep yang saya buat bubur sumsum super moist lembuut banget dijamin uenaaak. Seperti resep bubur yang lain, cara membuat bubur sumsum juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan bahan yang diperlukan untuk bikin bubur ini juga sangat mudah didapat di toko kelontong atau minimarket sekitar rumah. Biasanya jaman sekarang orang orang lebih senang untuk menggunakan tepung beras yang siap saji yang dengan mudah ditemukan di toko toko. Tetapi resep bubur sumsum enak yang asli biasanya menggunakan beras yang di tumbuk atau digiling terlebih dahulu. Sebenarnya sih tidak ada perbedaan yang besar di citarasa yang dihasilkan, cuma yang paling penting adalah gunakan tepung beras yang kualitas bagus dan tidak bau apek supaya rasanya enak dan legit.

Walaupun cara membuat bubur sumsum ini cukup sederhana, tetapi tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasilnya sempurna dan teksturnya lembut merata. Beberapa kejadian yang sering dialami teman teman biasanya hasil jadinya tidak lembut dan ada gumpalan gumpalan kecil tepung. Hal ini dikarenakan proses pencampuran tepung berasnya yang tidak merata. Untuk hasil yang sempurna, sebaiknya teman teman mencampur tepung berasnya terlebih dahulu dengan sebagian santan baru dicampur dengan santan lainnya yang direbus. Salah satu ciri khas dari resep bubur sumsum adalah aromanya. Untuk itu jangan lupa untuk menggunakan daun pandan untuk campuran resep buburnya dan kuah gula jawanya. Untuk yang suka dengan aroma kayu manis, bahan ini bisa juga ditambahkan saat membuat saus gulanya. Selain itu, supaya aroma dan rasanya legit, sebaiknya digunakan santan kental yang diperoleh dari perasan parutan kelapa.

 

Bubur Sumsum by Ria Nuzulia

Bahan Bahan

  1. 100 gram tepung beras
  2. 65 ml santan (saya pakai kara)
  3. 1000 ml air
  4. 1/4 sendok teh garam
  5. 2 lembar daun pandan (ikat simpul)

Bahan Untuk Air Gula

  1. 4 buah gula merah
  2. 2 gelas air (saya pakai gelas blimbing)
  3. 1 daun pandan
  4. Sejumput garam

Cara Membuat Bubur Sumsum by Ria Nuzulia

  1. Iris – iris gula merah, lalu campurkan dengan air, daun pandan dan garam. kemudian masak hingga pandannya layu dan mendidih.
  2. Campurkan air dengan santan dan garam, aduk rata. lalu pisahkan sebagian air santan, kemudian rebus hingga mendidih.
  3. Masukkan tepung beras ke dalam sisa air santan, aduk rata. lalu tuangkan ke dalam rebusan air santan tadi.
  4. Aduk – aduk terus hingga adonan mengental, dan jika sudah meletup – letup. segera matikan kompor.
  5. Sajikan bubur sumsum super lembut ini dengan siraman air gula. eummmm yuummmy
  6. Selamat mencoba!…

Mengaplikasikan resep bubur sumsum sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Namun, bagi Anda yang masih awam dalam dunia masak-memasak, membuat bubur ini merupakan tantangan yang tidak bisa dianggap remeh. Tidak banyak pemula yang bisa membuat bubur sumsum yang benar-benar lembut dan lezat. Sebab, salah memasukkan jumlah bahan atau salah menentukan lama waktu memasak yang tepat bisa menyebabkan bubur tidak sesuai harapan. Diperlukan cara tertentu agar bubur ini bisa menjadi santapan nikmat.

Bubur sumsum sendiri adalah andalan santapan lezat yang bisa digunakan untuk menambah tenaga. Dibuat dari tepung beras, bubur sumsum kaya akan karbohidrat yang bisa menyuplai tenaga yang hilang. Apalagi, bubur ini menggunakan saus gula merah yang juga kaya akan karbohidrat. Namun, tidak seperti makanan kaya karbohidrat lainnya seperti nasi yang cenderung berat, bubur sumsum tergolong ringan untuk dimakan. Bubur ini pun cocok digunakan sebagai santapan ringan untuk menjamu tamu.

Agar bubur sumsum makin terlihat menggoda untuk disantap, sajikan makanan ini dengan cara penyajian yang menarik. Tambahkan daun pandan kecil untuk menghiasi bubur. Anda juga bisa menyajikannya dengan cara saus dicampur langsung atau dibiarkan terpisah. Semuanya tergantung selera Anda masing-masing.

Loading...