Resep Brownies Kentang Kukus Asli Lembut dan Enak Banget No Mixer ,No Oven Lagi Bikinya Bund

Diposting pada
Loading...

Brownies biasanya dibuat dari bahan tepung terigu saja, namun kali ini kita akan mencoba membuat brownies dengan campuran kentang kukus yang memberi sensasi rasa yang berbeda. Penggunaan kentang pada kue (donat, brownies dll) biasanya akan membuat tekstur kue menjadi lebih lembut dan empuk.

Cara membuat brownies kentang kukus ini cukup praktis dan simpel, bahkan tidak perlu menggunakan mixer sama sekali. Jadi cocok banget untuk dijadikan resep dadakan. Kalau bunda tiba tiba pingin bikin kue dengan bahan-bahan yang sederhana dan bisa jadi dalam waktu singkat, maka kue brownies ini bisa dijadikan pilihan. Cara membuatnya? simak resepnya berikut ini.

Resep Brownies Kentang Kukus Asli Lembut dan Enak Banget No Mixer ,No Oven Lagi Bikinya Bund

Bahan-bahan:

  1. Kentang 250 gram
  2. Terigu 100 gram
  3. Mentega 50 gram (cairkan)
  4. Gula pasir 5 sendok makan
  5. Telur 3 butir
  6. Coklat bubuk 3 sendok makan
  7. SP 1 Sendok Teh (tanpa SP pun bisa kok bun)
  8. Vanili 1 bungkus
  9. Susu kental manis 2 sachet (vanila dan coklat)
  10. Keju cheddar atau keju parut lainnya sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Rebus kentang sampai matang dan empuk, lalu haluskan dan sisihkan.
  2. Kocok telur bersama gula pasir, vanili dan SP menggunakan garpu sampai berbuih. Kemudian tambahkan terigu sedikit demi sediki sambil diaduk-aduk.
  3. Masukkan kentang dan mentega cair ke dalam adonan telur. Aduk-aduk sampai rata.
  4. Setelah rata, pisah adonan menjadi dua bagian.
  5. Setelah itu beri adonan kentang yang sudah dilumatkan tadi lalu tambahkan mentega cair dan keju parut sambil diaduk perlahan sampai adonan rata. Bagian pertama diberi SKM Vanila (susu kental manis putih vanila) dan adonan kedua diberi
  6. SKM Coklat (susu kental manis coklat dan coklat bubuk.
  7. Tuang adonan coklat ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega, lalu kukus selama 10 menit saja. Kemudian tambahkan adonan putih di atasnya dan kukus lagi selama 30 menit atau sampai brownies matang. Beri taburan keju di bagian atas supaya tampilannya lebih menarik.
  8. Selesaiii! Resep ini gampang dan jarang gagal bun. Namanya juga kue brownies alias kue bantat. ya jelas nggak bakal gagal lah, heheā€¦ Pokoke uenaaak!

Oiya bun. pas ngukus, bagian tutup panci dilapisi kain bersih ya, buat nyerap uap air yang naik. Jadi nggak netes ke adoanan.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Manfaat Brownies

Brownies memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya yaitu meningkatkan energy bagi tubuh yang diperoleh dari bahan bahan yang terkandung pada resep brownies sejuta rasa , kandungan tersebut Antara lain karbohidrat, lemak, protei , dan glukosa. Tepung terigu mengandung karbohidrat yang fungsinya sebagai sumber energy atau tenaga. Telur yang terkandung pada brownies sejuta rasa ,memiliki manfaat sebagai pencegah terjadinya kolestrol dan sebagai pengental pada darah dan berfungsi untuk memperbaiki kadar lipid atau lemak pada tubuh sebagai akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi.

Mentega merupakan lemak dari hewani yang apabila dikonsumsi dengan benar akan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Margarin merupakan sumber vitamin A yang memiliki manfaat menjaga kadioviskular serta membantu untuk perkembangan gigi dan tulang. Sedangkan untuk coklat memiliki manfaat sebagai penagkap radikal bebas didalam tubuh serta sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu kandungan coklat pada brownies sejuta rasa juga memiliki efek memberikan kesegaran dan juga ketenangan, sehinhgga cocok sekali untuk cemilan apabila sedang bersantai. Sedangkan gula apabila dikonsumsi dengan baik dan benar akan memeberikan manfaat yaitu memulihkan tenaga secara cepat.

Nah itulah berbagai manfaat apabila kita mengkonsumsi brownies sejuta rasa, selain rasanya yang nendang , manfaaatnya juga ga kalah nendang. Kenyang pasti sehat pun menjanjikan!!

Sumber : http://ayo-bagikanlah.com/2017/11/26/resep-brownies-kentang-kukus-asli-lembut-dan-enak-banget-no-mixer-no-oven-lagi-bikinya-bund/

Loading...