Resep Dadar Gulung Isi Unti Kelapa (Tips Membuat Kulit Bopeng Cantik)

Diposting pada
Loading...

Ini ceritanya sajian untuk bapak2 yang tadarus di masjid. Pakai unti kelapa gula merah…enyaaakk. Kulitnya pakai resep kulit risoles yg anti sobek itu. Membuatnya mudah dan hasilnya wueennakkk.. Masih punya sisa kelapa parut panjang yang pas banget tuanya..nggak terlalu muda..dan nggak terlalu tua..jadi pas aja untuk taburan aneka jajan pasar.

Tapi mau buat jajan pasar berbalut kelapa lagi..kok bosan..kemaren barusan bikin cenil..akhirnya aku buat unti aja..tapi nggak pake gula merah..pakainya gula pasir biasa. Jadinya unti kelapa putih dech..tapi tak kalah enak dan legit lho..dari unti yang pakai gula merah..hemm..apa karena aku emang penggemar jajanan pasar yang memakai kelapa ya..jadi suka apa2 yang berbau kelapa..hihi…tapi beneran enak kok..untuk menambah aroma..aku tambahkan sedikit vanili..jadinya wangi untinya….harum semerbak . Unti ini bisa buat isian dadar gulung hijau atau bisa di buat kue mendut juga.

Bahan-bahan

bahan kulit dadar :

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 2 sdm munjung tepung kanji
  3. 65 ml santan kara (1 sachet)
  4. 1 butir telur
  5. 2 sdm minyak
  6. 600 ml air
  7. secukupnya pasta pandan
  8. secukupnya garam

bahan unti kelapa :

  1. 200 gr kelapa parut
  2. 250-300 gr gula merah (iris)
  3. 200 ml air
  4. 2 lembar daun pandan

Langkah

  1. Unti kelapa : masak air gula dengan pandan sampai larut, kemudian saring. Kemudian masukkan kelapa. Masak sampai air asat, jangan lupa aduk2 agar tidak gosong
  2. Kulit : campur semua bahan, kocok dgn whisk sampai lembut dan tidak ada yg bergerindil (saya pake blender aja…hehe)
  3. Ambil 1 ciduk sayur adonan, kemudian buat dadaran di pan teflon datar. Tips : Gunakan api sedang dan pastikan pan sudah panas ketika akan mendadar (adonan berbunyi psss..ketika dituang keatas pan), sehingga terbentuk kulit yang bopeng2 cantik. Jika pan belum panas, maka kulit yg terbentuk akan mulus saja permukaannya, tidak terbentuk bopeng2 khasnya darlung. Lakukan sampai adonan habis
  4. Sementara menunggu kulit berikutnya matang, isikan 1 sdm unti keatas kulit, lipat kemudian gulung. Lakukan sampai habis
  5. Sajikan.

Dadar gulung adalah salah satu diantara kue tradisional khas indonesia dan malaysia. Dadar gulung merupakan sejenis kue basah tradisional yang dapat digolongkan sebagai pencake. Dadar gulung di malaysia di namakan kuih ketayap (dialek sabah: kuih lenggang). Panganan Dadar Guling ini terbuat dari bahan tepung terigu, telur, santan, gula merah, daun pandan dan lain sebagainya.

Dadar gulung pada umumnya bewarna hijau, warna hijau ini sendiri terbuat dari jus daun suji atau daun pandan. Sedangkan Isi dari kue dadar gulung ini adalah parutan kelapa yang dicampur gula merah cair. Dalam masyarakat Jawa isi kelapa parut saus gula merah ini disebut Unti. Unti inilah yang membuat dadar guling lezat, karena saat kita menikmati dadar guling isian unti akan lumer di mulut.

Rasa dadar gulung yang manis dan gurih, membuat banyak masyarakat menyukainya. Biasanya kita dapat menemukan dadar guling ini di pasar tradisional bersama aneka kue jajanan pasar lainya. Seperti tiwul, gatot, bubur sum-sum, cenil, bugis/mendut, carang gesung, ampyang kelapa, klepon, apem, lemper, kue mangkok, nagasari, getuk, kue pukis, serabi, wajik, kue cucur, talam pisang, putri noong, carabikang mawar, kue putu aren bamubu dan Resep Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah Super Legit.

Dan karena semakin berkembangnya jaman serta banyaknya orang-orang yang kreatif mengenai makanan. Kini dadar gulung pun memliki banyak macam tampilan dan varian rasa. Seperti dadar gulung pelangi, dadar gulung piscok keju lumer, dadar gulung pisang keju coklat, dadar gulung isi kelapa putih, dadar gulung coklat, dadar gulung rasa keju dan masih banyak lainya.

Sumber : https://cookpad.com/id/resep/2842345-dadar-gulung-isi-unti-kelapa-tips-membuat-kulit-bopeng-cantik

Loading...