Cara membuat Bolu Tape Kukus/No Mixer

Diposting pada
Loading...

Varian untuk kue bolu memang banyak sekali. Mulai dari bolu pelangi, bolu pandan, hingga bolu coklat. Dan salah satu yang bisa anda coba adalah bolu tape singkong, yang merupakan salah satu pilihan kue bolu dengan rasa yang empuk dan juga enak. Tape singkong yang memiliki cita rasa manis, selain akan memberikan rasa empuk, juga memberikan rasa legit pada sajian bolu tape ini. Tentu saja anda bisa menyajikan hidangan kue bolu ini sebagai suguhan untuk para tamu, atau teman santai ketika minum kopi.

Membuat kue bolu tape singkong ini sendiri juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Bahan – bahan yang diperlukan juga tidak terlalu ribet dan mudah ditemukan disekitar. Anda bisa menambahkan varian keju diatasnya, atau bahkan kismis, untuk menambah cita rasa dari bolu tape singkong ini. berikut adalah bahan – bahan serta resep dalam membuat kue bolu tape singkong enak dan lembut, dan bisa anda coba buat dirumah dan sajikan untuk keluarga tercinta.

Bolu Tape Kukus/No Mixer
by @fridajoincoffee

Bahan:

  1. 2 butir telur
  2. 100 gr gula pasir
  3. 100 gr tape singkong (haluskan)
  4. 200 gr terigu
  5. 2 sdm susu bubuk
  6. 25 gr sdm mentega (cairkan)
  7. 60 gr manisan buah/sukade
  8. ½ sdm ragi instan
  9. 1 sdm gula pasir
  10. 100 ml air hangat

Cara Membuat:

  1. Campur ragi instan, gula pasir dan air hangat, aduk rata. Diamkan hingga berbuih.
  2. Campurkan gula pasir dan telur, kocok dengan ballon whisk hingga gula larut.
  3. Tambahkan tape, aduk rata, dan tidak ada tape yang menggumpal. Jika perlu, disaring supaya hasil adonan licin dan halus.
  4. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, lalu tuang larutan ragi instan. Aduk rata.
  5. Tuangkan mentega cair. Aduk balik, sampai benar-benar tercampur rata. Dan tidak ada cairan yang mengendap.
  6. Diamkan adonan selama 50 menit, tutup dengan kain bersih.
  7. Masukkan dalam loyang tulban d20 cm, t8 cm yang telah dioles margarin. Dan bagian alasnya dilapisibaking paper. Ratakan adonan, lalu taburi dengan sukade.
  8. Kukus 30 menit dengan api sedang. Jangan lupa kukusan sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  9. Angkat dan lepaskan dari loyang.
  10. Potong2 ketika sudah dingin. .. ..
  11. #resepsimplefrida, #frida_bolukukus, #frida_bolutapekukus,

Tips Membuat Bolu Supaya Tidak Bantat dan Gagal

Duh, sebel banget deh pasti kalau hasil bolu panggangan kita bantat alias gagal. Kuenya malah jadi keras, kaku, atau gak mengembang sempurna. Pokoknya gak layak banget deh buat dimakan, apalagi disajikan buat tamu. Saya pribadi pernah beberapa kali mengalami itu ladies. Sakitnya tuh di sini nih.

Rasanya pasti kecewa berat karena sudah capek-capek mengumpulkan bahan, mengadoni, eh pas sudah jadi malah gatot. Terus setelah riset dan mengulang beberapa kali, akhirnya saya bisa juga membuat bolu antibantat. Cita rasanya pun memuaskan alias enak! Well, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu simak untuk membuat bolu antigagal. Yuk check this out.

1. Semua Bahan Harus Bersuhu Ruang

Ini beneran loh, ladies. Dulu pertama kali membuat bolu, saya langsung menggunakan telur yang dari kulkas alias telur dingin. Alhasil, taraaa.. Bolu membantat dengan sempurna. Ternyata oh ternyata telur yang dingin ternyata akan sulit naik saat dikocok. Begitu juga margarin. Jangan menuang margarin yang baru aja dilelehkan langsung ke dalam adonan alias ketika margarin masih panas-panasnya. Tunggu agak hangat baru boleh dimasukkan ke dalam adonan ya.

2. Proses Melelehkan Margarin

Eits, proses melelehkan margarinnya juga harus diperhatikan. Walaupun gak boleh langsung dimasukkan setelah dilelehkan, ternyata margarin yang sudah cair juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama di suhu ruang. Triknya nih, begitu proses mengaduk adonan sudah setengah berjalan, segera lelehkan margarin di atas panci dengan api super kecil. Gak usah menunggu sampai margarin meleleh semua ya. Kalau margarin sudah hampir cair semua atau hanya tersisa jadi sebagian kecil, segera matikan api dan angkat. Segera pindahkan ke wadah yang agak lebar, tapi jangan piring ya.

Soalnya kalau taruh di piring, margarin jadi cepat dingin, sementara margarin leleh yang sudah dingin itu malah bakal bikin bolu bantat. Anyway, bagian kecil margarin tadi akan cair dengan sendirinya karena suhu yang hangat. Lalu, sembari tetap mengocok adonan, margarin hangat siap untuk dituang.

3. Perhatikan Wadah dan Alat yang Digunakan

Ternyata wadah dan alat yang digunakan harus benar-benar kering. Cek satu per satu, jangan sampai ada air, minyak, atau mentega yang menempel. Bahkan lembap pun engga boleh ya karena akan membuat adonan jadi gak mengembang dan bantat. Sebelum menggunakannya, kamu tentu saja harus mencuci bersih alat dan wadahnya, namun dilap saja ternyata tidak cukup ladies, karena pasti masih lembap. Usahakan diamkan dulu di suhu ruang semalaman supaya kering dengan sendirinya, baru alat dan wadah siap digunakan!

4. Cara Menuang Bahan-Bahan

Eits, jangan main asal tuang aja ya, ladies. Ternyata menuang bahan-bahan ke dalam adonan juga harus perlahan-lahan. Misalnya tepung terigu (ayak dulu ya supaya tidak ada gumpalan). Kamu bisa menuang sebagian dulu, aduk dengan spatula. Kalau sudah tercampur rata baru tuang lagi sampai habis. Supaya mengaduknya gak berkali-kali, kamu bisa menggabungkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk, cokelat bubuk, atau maizena. Begitu juga bahan cair seperti margarin yang bisa digabungkan dengan pasta, susu cair, atau santan.

5. Lama Mengocok Adonan

Nah, kalau bikin bolu juga gak boleh dikocok lama-lama. Saat pertama mengocok telur, dengan gula dan emulsifier gunakan mikser dengan kecepatan rendah. Kemudian baru naikkan kecepatan mikser supaya adonan mengembang dan naikkan ke kecepatan paling tinggi untuk mengokohkan adonan. Lama mengocoknya juga harus disesuaikan. Kalau terlalu cepat berhenti, adonan akan kurang stabil dan cepat turun bahkan selama masih dipanggang.

Tapi kalau kelamaan, adonan malah akan terlalu banyak ‘kemasukan’ udara yang nantinya menyebabkan bantat. Intinya, ikuti resep dan petunjuknya baik-baik, jangan sembarangan improvisasi. Kecuali kalau teman-teman memang sudah ekspert di bidang per-bolu-an yah.

6. Mengatur Temperatur Oven

Sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, kamu perlu memanaskan oven terlebih dulu ya supaya adonan gak terlalu lama ada di dalam oven. Kalau kelamaan nanti adonan yang mengembang malah akan turun lagi saat masih di dalam. Panaskan oven selama 5-10 menit. Jangan terlalu panas juga karena nanti adonan malah jadi cepat gosong.

Ingat, selalu ikuti resep petunjuk dengan baik. Kalau adonan belum mengembang sempurna, jangan buka tutup pintu ovennya karena nanti kuenya malah akan jadi turun. Untuk tahu apakah kue sudah matang atau belum, kamu bisa menusuk bagian tengah kue dengan tusuk gigi atau tusuk sate. Kalau sudah tidak ada adonan yang menempel, berarti kue kamu berhasil matang sempurna!

Itulah tadi tips-tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat bolu antibantat dan antigagal. Memang membuat bolu panggang ini agak tricky karena banyak sekali detail dan langkah-langkah yang harus diperhatikan. Bahkan air setitik di dalam wadah aja bisa berakibat fatal. Tapi begitu kue sudah matang sempurna dan berhasil, wahhh rasanya senang banget! Selamat mencoba dan jangan gampang menyerah ya!

Sumber: http://kedaiberita.info/arsip/1315

Loading...