Cara Membuat Brownies Kukus Yang enak dan Lezat

Diposting pada
Loading...

Siapa sih yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang sederhana dan tentu saja membuat ketagihan. Karena kelezatannya ini, penggemar brownies tidak pernah hilang dan bahkan terus bertambah. Makanan yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan ini memang populer. Brownies merupakan camilan yang cocok dihidangkan pada berbagai acara dan suasana. Brownies biasa juga dijadikan sebagai buah tangan yang akan kita bawa untuk keluarga tercinta.

Tidak ada salahnya kan jika Anda mulai mencoba membuat sendiri brownies di rumah? Bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemui dan tentu saja cara membuatnya tidak ribet kok. Coba intip resep cara membuat brownies kukus sederhana di bawah ini.

Brownies Kukus by @fridajoincoffee

Bahan:

  1. 4 butir telur
  2. 150 gr gula pasir
  3. 2 sdt cake emulsifier (SP)
  4. 80 gr tepung terigu protein sedang
  5. 35 gr bubuk coklat
  6. 1 sdt baking powder
  7. 1 sdt vanili bubuk
  8. 75 gr dark cooking chocolate
  9. 120 g mentega
  10. 50 ml susu kental manis coklat
  11. Loyang 24x10x7

Cara Membuat:

  1. Panaskan kukusan dengan api sedang. Olesi loyang dengan margarin dan alasi dengan baking paper supaya lebih mudah melepasnya dari loyang.
  2. Campurkan mentega dan dark cooking chocolate, lalu lelehkan dengan cara ditim, jangan sampai mendidih.
  3. Lalu dinginkan hingga suhu ruang.
  4. Kocok telur, gula pasir dan sp hingga mengembang dan kental berjejak.
  5. Masukkan campuran tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan vanili, yang sudah diayak sebelumnya.
  6. Kocok sebentar dengan speed rendah, cukup sekedar rata, jangan overmix.
  7. Tuangkan campuran mentega dan dark cooking chocolate, lalu aduk balik hingga rata dan tidak ada endapan cairan di bawahnya.
  8. Ambil 2 sdm penuh adonan, campurkan dengan susu kental manis coklat, sisihkan untuk lapisan tengahnya.
  9. Bagi adonan utama menjadi 2 bagian yang sama banyak. Tuang 1 bagian adonan ke dalam loyang, ratakan lalu kukus selama 10 menit.
  10. Lalu tuangkan adonan yang sudah dicampur susu kental manis coklat. Kukus lagi selama 10 menit.
  11. Kemudian tuang sisa adonan utama, ratakan. Kukus lagi selama 30 menit.
  12. Keluarkan loyang dari kukusan. Tunggu hingga dingin, baru keluarkan brownies dari loyang.
  13. Potong dan sajikan.

Catatan:

  1. Gunakan api sedang, jangan api besar supaya brownies tidak pecah/mekar/bergelombang.
  2. Ketika brownies matang, jangan langsung dikeluarkan dari loyang, tunggu sampai brownies dingin supaya tidak patah. .. ..

Tips Brownies Kukus

Brownies adalah kue yang yang sudah sangat terkenal di dunia kuliner. Rasanya yang manis dan legit membuat makanan yang satu ini digemari oleh semua kalangan, termasuk anak-anak.

Moms dan sis kini bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan tepung premiks dari Pondan, tapi kami ingin berbagi tips juga yang mungkin bisa moms dan sis pelajari atau dicoba saat mempraktekkan membuat kue brownies.

Pada dasarnya sih, kue brownies ini seperti adonan sponge cake yang ditambahkan dengan dark cokelat cair ke dalam adonan. Jadi teksturnya akan lembut, empuk dan mengembang.

Apa saja tipsnya, silahkan disimak ya moms dan sis berikut ini:

  1. Pada saat membuat adonan, kocok gula dan telur sampai putih kental. Kalau gula dan telur tidak dikocok dengan sempurna, ada kemungkinan besar brownies kukusnya akan menjadi bantat dan berat.
  2. Saat mengukus adonan, moms dan sis tentunya perlu memanaskan kukusannya terlebih dahulu. Tuang adonan ke dalam loyang sambil diaduk, supaya tidak ada campuran mentega dan cokelat yang mengendap di bawah ya moms dan sis.
  3. Kukus brownies dengan api yang sedang. Moms dan sis bisa juga mencoba mengalasi tutup wajan dengan serbet agar tidak ada uap air yang menetes ke permukaan kue. Tetapi kalau moms dan sis menggunakan klakat yang tutupnya kerucut, hal tersebut tidak perlu dilakukan ya moms dan sis.
  4. Daya tahan kue brownies kukus adalah selama 3 hari dalam suhu ruang. Kalau moms dan sis mau menyimpannya di dalam lemari es, akan tahan selama seminggu. Yang terpenting taruh kue brownies tersebut di dalam wadah yang tertutup rapat.

Kira-kira itulah tips yang bisa moms dan sis lakukan jika ingin membuat brownies kukus. Di kemasan Pondan Brownies Kukus juga sudah lengkap kok moms dan sis cara penyajiannya, jadi moms dan sis tidak perlu bingung saat membuat brownies kukus ala Pondan karena caranya gampang banget dan mudah untuk dipraktekkan.

Sumber: http://kedaiberita.info/arsip/1342

Loading...