Cara Membuat Kulit Lumpia Anti Robek

Diposting pada
Loading...

Ketika aku mendengar kata Lumpia, maka secara reflek ingatanku langsung teringat pada Lumpia khas Semarang yang terkenal enak itu. Padahal setelah aku tahu sebetulnya kue lumpia ini bukan berasal dari kota semarang dan bisa di bilang, di setiap kota dan desa manapun banyak sekali yang memporduksi kue lumpia ini.

Untuk kali ini aku tidak akan membahas asal-usul kue lumpia ini, karena ada hal lain tentang lupia yang lebih penting bund, ialah, Kenapa ya setiap membuat kulit lumpia selalu saja robek terus? hehehe. Permasalahan dalam membuat kulit lumpia ini memang sering dialami terutama bunda yang masih belajar membuat kulit lumpia.

Membuat kulit lumpia sebenarnya gampang-gampang susah. Ada banyak berbagai resep kulit lumpia yang bikin bingung bunda pemula seperti saya ini. setiap resep memang terdapat keunggulan dan maksud tersendiri. tetapi mungkin resep tersebut kurang cocok dengan kita yang selalu gagal hehehe, kaya minum obat saja ya tidak cocok…

Nah bagi pemula yang mau membuat kulit lumpa anti robek, resep dari Mom’s Berami layak untuk bunda coba, karena bahan-bahan yang di butuhkan cukup sederhana dan mudah sekali untuk kita praktekan.

Resep Kulit Lumpia Anti Robek

Bahan-bahan:

  1. Tepung terigu Cakra sebanyak 500 gram
  2. Telor sebanyak 3 butir
  3. Susu cair (susu kotak) sebanyak 250 ml
  4. Air sebanyak 700 ml ( bila kurang bisa tambah lagi )
  5. Margarin cair sebanyak 2 sendok makan
  6. Garam secukupnya
  7. Merica (lada) secukupnya

Cara Membuat Kulit Lumpia Anti Robek

  1. Campur semua bahan-bahan di atas pada suatu wadah ukuran sedang lalu aduk hinga rata, dan kemudian saring.
  2. Panaskan wajan anti lengket atau telfon, lalu tuangkan satu centong sayur adonan ke dalam teflon tersebut proses di atas api kecil.
  3. Tunggu beberapa saat hingga bagian pinggirnya sedikit mengering. lalu angkat.
  4. Apabila kulit pas ditaruh kulitnya berlipat, jangan langsung bunda betulkan, tapi tunggu dulu agak dingin, baru setelah itu bunda betulkan, karena ketika kulit sudah dingin kulit lumpia tidak akan mudah robek..
  5. Nah demikian tadi cara membuat kulit lumpia dan tips agar kulit lumpia tidak terlepas saat digoreng. Bahan-bahan di atas digunakan untuk membuat kira-kira 32 lembar kulit lumpia. Selamat mencoba dan berkreasi.

Selesai! mudahkan?… selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain.

Tips Agar Kulit Lumpia Tidak Mudah Lepas

Lumpia.. nyam-nyam.. jajanan yang enak ini disukai hampir semua warga Indonesia. Rasanya yang gurih dan kulitnya yang kriuk-kriuk membuat siapa saja menyukai lumpia, apalagi bila disajikan selagi hangat.

Membuat lumpia tidak sulit, hanya saja saat proses menggoreng butuh kesabaran dan trik khusus. Seringkali kulit lumpia terlepas dari lemnya sehingga isi keluar dan membuat lumpia tidak sedap dimakan, dibuang pun sayang.

Untuk mencegah hal tersebut, lakukan trik mudah ini:

  1. Ambil satu butir telur, ambil putihnya.
  2. Campur dengan 1 sdm air, kocok hingga rata.
  3. Gunakan kuas kue untuk mengoleskan pada kulit lumpia.
  4. Oleskan campuran putih telur di sepanjang bagian luar kulit yang akan direkatkan.
  5. Tekan perlahan bagian kulit yang sudah direkatkan.
  6. Diamkan lumpia selama 10 hingga 15 menit sebelum digoreng, agar lem putih telur merekat lebih kuat.
  7. Saat menggoreng, tidak perlu sering membalik kulit lumpia, cukup sekali. Jika bagian bawah sudah menguning, balik lumpia. Tunggu hingga bagian bawahnya menguning, lalu angkat.

Lumpia yang tampil cantik akan membuat selera makan bertambah. Selamat mencoba!

Sumber: http://kedaiberita.info/arsip/1381

Loading...