Coba Mana yang Lebih Baik, Tempe yang Dibungkus Plastik atau Daun Pisang? Baca Biar Kamu Gak Salah Pilih Lagi!

Diposting pada
Loading...

Ketika belanja ke pasar, bunda mungkin menemui ada tempe yang dibungkus daun pisang dan ada yang dibungkus plastik. Keduanya sama-sama terlihat baik dan siap olah. Tapi mengapa berbeda? Apa yang membedakan dan manakah yang lebih baik?

Tempe bungkus daun pisang umumnya lebih terkesan tradisional, karena memang orang zaman dulu membungkus tempe dengan daun pisang, dan tetap dipertahankan hingga kini. Sedangkan tempe bungkus plastik lebih terkesan modern. Ini kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bungkus tempe.

Loading...

Tempe Bungkus Daun Pisang

Tempe bungkus daun pisang punya rasa dan aroma yang lebih khas karena adanya senyawa polifenol yang menambah rasa sedap pada tempe yang mengalami fermentasi. Namun juga perlu dipastikan bahwa daun pisang bersih dan higienis dari kontaminasi untuk mendapatkan tempe yang enak dan tidak mudah busuk.

Tempe Bungkus Plastik

Secara keamanan pangan dan kebersihannya, mungkin tempe bungkus plastik dinilai lebih higienis karena bungkus plastik dianggap lebih praktis dan membuat tempe lebih awet. Namun dalam segi rasa, tempe bungkus plastik tidak memiliki rasa segurih dan sedap seperti tempe bungkus daun pisang. Meski begitu, orang yang tidak begitu peka dengan rasa tidak akan bisa membedakannya.

Kedua jenis tempe sama-sama baik dikonsumsi dan memiliki gizi yang setara, jadi mana pun pilihanmu, keduanya baik dan sehat.

Sumber: fimela

Loading...