Resep Cara Membuat Kulit Pastel yang Gurih dan Juga Renyah, Enak Menggoda Lidah..!!

Diposting pada
Loading...

Kenapa di nama kan pastel gurih? Karena rasanya memang gurih dan renyah. Untuk kulit nya terinspirasi dari resep keripik bawang. pakai daun seledri. Dan minyak yang di campur untuk adonan itu minyak bawang. Jadinya harum . Gurih dan renyah…. awalnya belajar dari resep mba Putri Imaniar.

Cocok dengan resepnya. Ada cara2 menggoreng juga lagi. Nahhh Dari hasil berkali2 buat. Ini hasil modifikasinya… terima kasih mba putri imaniar. Berkat resep nya saya jadi mahir buat pastel??

Bahan-bahan

Bahan kulit:

  1. 500 gr tepung terigu
  2. 100 gr margarin
  3. 3 sdm minyak bawang
  4. 1 butir telur(saya skip)
  5. 2 batang daun seledri (iris tipis)
  6. 1 sdt garam
  7. secukupnya air es

Bahan isian:

Sesuaikan dengan Selera

Langkah

Aduk semua bahan kulit. Cukup rata saja. Tidak usah hingga kalis.

Bagi2 adonan masing2 20 gr. Buat bulatan kemudian Tipiskan dengan rolling pin atau benda sejenisnya yg bisa digunakan. Atau bisa juga menggunakan gilingan mie

Beri isian… lipat kulit pastel hingga setengah lingkaran. Pilin2 bagian pinggir nya. Lakukan hingga habis

Panaskan minyak yg cukup banyak. Matikan api. Masukkan pastel. Goreng dengan api kecil hingga kuning keemasan. Angkat

Ini pastel paling harum, gurih dan kokoh yang pernah saya buat. Pasti akan jadi resep andalan.

Kulitnya saja sudah gurih… ditambah isian nya mantap. Terus dicocol sambal kacang. Dimakan selagi hangat….Aiihhhh makyus banget?

Masih mau belajar terus cara menggorengnya. Agar hasilnya lebih perfect?

6 Tips Membuat Kulit Pastel Sukses yang Enak dan Renyah

Diantara semua jenis gorengan, pastel adalah jenis yang paling saya sukai. Namun, dulu saya enggan untuk coba membuatnya sendiri. Alasannya hanya satu, yakni takut gagal membuat kulit pastel. Maklum, saya paling Karena tidak berpengalaman, bisa-bisa kulit pastelnya malah robek ataupun terasa lembek. Tapi, membuat kulit pastel sebenarnya bukanlah hal yang rumit. Jika tahu caranya, siapapun bisa membuat kulit pastel yang enak dan renyah. Penasaran? Yuk lihat trik di bawah ini!

1. Memperhatikan takaran adonan

Supaya berhasil membuat kulit pastel, tentu kita harus memperhatikan adonannya. Untuk 10 porsi pastel, dibutuhkan 200 gram tepung tinggi protein. Siapkan juga ½ sendok teh garam, 2 sendok makan margarin, serta 70 ml air hangat. Tambahan garam dan margarin membuat kulit pastel terasa gurih. Sementara air hangat membuat kulit pastel menjadi renyah dan berpori.

Bila ingin membuat porsi yang lebih banyak, kita perlu menyesuaikan takaran adonan ini. Adonan selanjutnya dibuat jadi kulit pastel yang tidak terlalu tipis maupun tebal. Tidak ingin kan kulit pastel robek ketika digoreng? Sementara kalau terlalu tebal, kulit pastel juga tidak akan terasa renyah.

2. Membuat adonan secara bertahap

Untuk membuat kulit pastel, kita harus mencampurkan terigu, garam, dan margarin. Aduk hingga jadi adonan yang berbulir kecil atau berbutir seperti pasir. Setelahnya, masukkan air hangat secara perlahan, sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga menggumpal. Uleni sebentar dan perlahan hingga adonan rata.

3. Jangan terlalu keras ketika menguleni adonan

Menguleni pastel tidaklah sama seperti menguleni adonan roti. Adonan pastel tidak boleh diuleni terlalu keras. Sebab, ulenan yang terlalu keras malah membuat kulit pastel nantinya tidak renyah.

4. Pastikan adonan dipipihkan atau gilas hingga halus

Kebanyakan dari kita memang takut kulit pastel menjadi robek. Tapi, sebenarnya ada trik lho untuk menghindarinya. Yaitu pastikan adonan kulit pastel digilas hingga halus. Jika belum halus, lipat kembali adonan dan gilas beberapa kali sampai halus.

5. Hindari isian pastel yang terlalu basah

Tidak hanya adonan, isi pastel juga berpengaruh pada kulitnya. Jika kita menggunakan isi yang terlalu basah atau masih panas, kulit pastel menjadi lembek. Saat menumis isian pastel, tambahkan air sedikit saja dan masak hingga air susut. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendinginkan dulu tumisan hingga suhu ruang sebelum diisikan ke dalam pastel.

6. Sirami pastel dengan minyak goreng

Ketika digoreng, jangan hanya membolak-balik pastel saja ya. Soalnya cara menggoreng ini membuat kulit pastel tidak mengembang. Setelah pastel dimasukkan ke penggorengan, kita sebaiknya langsung menyiraminya dengan minyak goreng. Dijamin, kulit pastel akan menggembung dan membuat tampilan pastel semakin menarik.

Sumber : Kedaiberita.info

Loading...