Resep Membuat Sambel Mangga Muda yang Lezat dan Nyegerin, Pedasnya Passs !!

Diposting pada
Loading...

Rasanya yang nendang, pedas n asem yang pas. Cocok buat teman makan ayam goreng, ikan asin atau bebek goreng. Seperti bebek shinjay yang terkenal.

Yukkk yang suka sambal dicoba resepnya bun…pokoknya Segerrrrr deh sambalnya maknyusssssss

Bahan-bahan:

  1. 1/2 buah mangga muda
  2. 5 cabe rawit
  3. 1/2 buah tomat
  4. 1/2 ibu jari terasi udang
  5. secukupnya garam
  6. secukupnya gula

Langkah dan Cara membuat:

Goreng sebentar cabe dan tomat. Tiriskan. Untuk terasi udang masak (bisa digoreng, dipanggang atau dikukus).

Tambahkan gula, garam secukupnya, uleg rata.

Iris mangga muda (rajang) dan letakkan di atas sambal.

Campur dengan sambal.

Bisa disajikan dengan ayam goreng yang dipenyet dan kukusan daun telo.

Cara Memilih Mangga yang Baik

1
Sentuh dan rasakan sekeliling seluruh mangga. Mangga matang akan sedikit empuk jika disentuh layaknya alpukat dan buah persik, tetapi tidak lembut atau cukup lembek sehingga jari Anda dapat masuk atau menembus kulitnya.

Di sisi lain, jika belum hendak memakan mangga tersebut dalam beberapa hari ke depan, Anda mungkin perlu memilih mangga dengan kulit yang lebih keras dan membiarkan mangga tersebut untuk matang di rumah.

2

Periksa tampilan mangga tersebut. Mangga yang ideal harusnya berbentuk seperti bola rugbi sehingga Anda harus memilih mangga yang penuh, berisi dan bulat, terutama di sekitar tangkainya. Terkadang mangga matang akan memiliki titik-titik atau bercak-bercak berwarna cokelat, hal yang wajar adanya.

Jangan pilih mangga yang kecil atau rata karena cenderung sangat berserat. Hindari memilih mangga dengan kulit keriput atau layu karena mangga tersebut sudah tidak matang lagi.

Meski begitu, mangga Ataulfo seringkali sangat keriput dan empuk sebelum buahnya benar-benar matang. Jadi, cobalah mempelajari berbagai varietas yang berbeda sebelum memutuskan. Perbedaan-perbedaan tersebut dibahas pada bagian berikutnya.

3

Hirup aroma mangga di dekat tangkainya. Mangga matang akan selalu menguarkan aroma yang kuat, manis, wangi dan khas buah-buahan di sekitar tangkainya. Mangga matang mengeluarkan bau yang agak mirip melon, namun juga seperti nanas, dengan sedikit bau wortel di dalamnya. Mangga matang beraroma manis dan sedap. Jika mangga tersebut berbau menggiurkan sehingga Anda ingin menyantapnya maka Anda sudah menemukan mangga yang tepat.

Karena mangga memiliki kandungan gula alami yang tinggi, buah ini akan mengalami fermentasi secara alami sehingga bau asam dan bau alkohol adalah tanda khas bahwa mangga tersebut sudah tak lagi matang. Hindari mangga yang berbau kecut atau seperti alkohol karena mangga-mangga seperti ini kemungkinan sudah kelewat matang.

4

Perhatikan warnanya terakhir. Secara umum, warna mangga bukanlah cara terbaik untuk mencari tahu tingkat kematangannya karena warna mangga matang bisa berupa kuning terang, hijau, merah muda, atau merah tergantung pada jenis varietas dan musim. Warna saja tidak akan benar-benar banyak memberi tahu Anda tentang tingkat kematangan sebuah mangga. Sebaliknya, biasakan diri Anda dengan jenis-jenis varietas mangga yang berbeda dan musim-musim tumbuhnya buah tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang Anda ingin ketahui.

5

Pelajari tentang berbagai varietas mangga yang berbeda. Karena mangga memiliki warna-warna yang berbeda dan rasa yang sedikit berbeda tergantung musim saat itu dan daerah asal mangga itu ditanam, Anda mungkin perlu mempelajari cara mengenali beberapa jenis mangga tertentu untuk meningkatkan pengetahuan Anda secara keseluruhan tentang mangga. Ada 6 jenis mangga yang berbeda.

Sumber : Kedaiberita

Loading...