Pilek Langsung Minggat, Ini 7 Tips Super Cepat Sembuhkan Pilek

Diposting pada
Loading...

Pilek adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus. (Gambar Cover Hanya sebagai Ilustrasi)

Pilek bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Seseorang yang sakit pilek akan mengalami gejala berupa:

  1. Hidung terus-menerus mengeluarkan ingus
  2. Sering bersin
  3. Sering batuk
  4. Pernapasan tidak lancar (hidung terasa tersumbat)
  5. Tidak enak badan
  6. Suara serak

Masa inkubasi virus penyebab pilek biasanya berlangsung selama 2-3 hari. Masa inkubasi adalah waktu yang diperlukan oleh virus untuk menimbulkan gejala setelah menginfeksi tubuh. Kebanyakan penderita akan merasakan gejala-gejala pilek yang parah dan sangat mengganggu setelah 2-3 hari kemunculannya (selepas masa inkubasi). Agar lebih jelas, lihat skema di bawah ini.

Virus masuk→Inkubasi (2-3 hari)→Gejala muncul→Puncak tingkat keparahan gejala (2-3 hari)→Gejala berangsur pulih sampai sembuh total (waktu bervariasi)

Musim dingin dan musim penghujan, identik juga dengan musim terserang penyakit pilek.

Pilek sangat menganggu, selain membuat hidung tersumbat dan pusing, pilek umumnya butuh waktu cukup lama untuk sembuh.

Dilansir dari Rushpander.com (13/02/18), ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar dapat cepat sembuh dari pilek yang menjengkelkan. Apa saja? Yuk kita simak!

Mandi dengan air hangat

Ketika kamu sedang pilek, jangan malah malas mandi. Mandilah dengan air hangat. Ini bisa membuat tubuh menjadi rileks dan hidung tersumbat menjadi reda.

Minum jus atau smootie sayur dan buah

Berilah tubuh yang sedang pilek dengan asupan vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Bisa dengan mengolahnya menjadi jus atau smootie. Tapi ingat ya, jangan pakai es.

Makan bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan dan antibakteri alami yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Jangan berolahraga

Sering kita beranggapan ketika kurang enak badan maka berolahraga. Tapi, saat pilek menyerang, sebaiknya jangan berolahraga dahulu. Simpan energi untuk segera sembuh.

Pijat wajah

Saat sedang pilek, lakukan pijat wajah pada bagian antara hidung dengan pipi untuk meredakan pilek.

Berjemur pagi hari

Sinar matahari dipagi hari kira-kira sampai pukul 8, banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh termasuk untuk antibodi.

Istirahat total

Hindari melakukan aktifitas yang berat ketika sedang pilek. Apalagi yang mudah terkena debu. Debu bisa memperparah terjadinya pilek.

Demikian cara Super Cepat Sembuhkan Pilek. Semoga cepat sembuh ya!

Semua artikel Herbal pada situs ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Konsultasikan pada ahlinya sebelum anda menggunakan resep herbal pada situs ini.

Sumber : jadzab.com | alodokter.com

Loading...