Resep Cilok bandung pedas rasa seblak Enakk

Diposting pada
Loading...

Cilok bandung pedas rasa seblak

Musim hujan.. Enaknya yang anget2 kenyal dan pedaass.. Emang dasar ya emak2 kaya saya ga bisa liat dapur rapi.. Tangannya gatel bangeett pengen acak2 dapur jadi kaya kapal pecah.. Syadiiss ? Haha..

by: ulie

Bahan adonan :

  1. 1/2 kg tepung kanji
  2. 5 sdm tepung terigu
  3. 1 bks royco ayam
  4. 1 sdt garam
  5. 500 ml air (2 gelas)

Bahan bumbu (haluskan) :

  1. 20 biji cabe hijau kecil (cengek) / cabe merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. 1/2 ruas jari kencur
  4. Daun bawang (di iris)
  5. 3 sdm minyak goreng (untuk menumis)

Langkah:

Didihkan air.. Setelah mendidih tuang ke bahan adonan.. Campur menggunakan centong ya soalnya panas.. Aduk hingga rata.. Diamkan sebentar sampai hangat.. Setelah hangat uleni pakai tangan sampai kalis.. Tanda kalis itu kalau adonan udah ga nempel ditangan ya ?

Setelah adonan kalis.. Bulatkan adonan sesuai selera..

Rebus adonan yang sudah dibulatkan tadi di air mendidih.. Sampai mengapung.. Kalau sudah mengapung berarti sudah matang tuuhh.. Angkat dan tiriskan..

Panaskan minyak lalu masukan daun bawang dan bahan bumbu.. Setelah harum tambahkan garam royco ayam dan gula secukupnya.. Masukan cilok..

Beri air sedikit dan aduk sampai rata.. Sajikan..

Selamat mencoba ?

4 Tips Membuat Cilok Agar Bulat dan Matang Sempurna Didalam

Sejak dulu, Bandung memang terkenal dengan aneka jajanan khas yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satu jajanan khas kota Bandung favorit saya adalah aci dicolok, atau lebih dikenal dengan sebutan cilok. Rasa cilok yang gurih dan teksturnya yang kenyal, isiannya yang beraneka ragam, serta saus kacang yang lezat adalah perpaduan yang sempurna di lidah.

Untuk menikmati seporsi cilok, anda tak perlu kok jauh-jauh pergi ke Bandung. Cukup buat sendiri saja di rumah. Ternyata meskipun terlihat mudah, banyak juga yang gagal saat membuat cilok. Misalnya, cilok yang tidak matang sempurna hingga ke bagian dalam atau bentuknya yang tidak bulat. Nah, daripada anda mengalami kegagalan tersebut, simak yuk tips membuat cilok berikut.

1. Perhatikan bahan pembuatan cilok

Jika anda belum tahu, bahan utama pembuatan cilok adalah tepung kanji dan tepung terigu. Agar menghasilkan cilok dengan kekenyalan yang pas, takaran kedua tepung tersebut harus pas. Jika anda ingin cilok yang kenyal, anda bisa memakai perbandingan 1:1. Tapi jika anda ingin cilok yang lebih empuk, kurangi takaran tepung kanjinya dan perbanyak tepung terigu. Pastikan juga tepung yang anda gunakan masih baru, agar rasa cilok nantinya lebih nikmat.

2. Tuang air panas sedikit demi sedikit

Poin kedua ini terdengar sepele, tapi sebenarnya sangat penting dalam keberhasilan membuat cilok. Setelah tepung, bumbu, dan bawang daun (opsional) tercampur rata, jangan pernah menuangkan air panas sekaligus. Karena jika anda menuang air terlalu banyak, adonan akan menjadi terlalu encer, lengket di tangan, dan susah untuk dibentuk.

Jadi pastikan anda menuang air panas sedikit demi sedikit saja, aduk perlahan dengan spatula, lalu stop menambahkan air saat adonan sudah bisa dipulung atau tidak lengket, dan bisa dibentuk bulat dengan mudah.

3. Rebus bahan isian cilok terlebih dahulu

Jika anda ingin menambahkan isi seperti irisan daging, gajih/lemak, atau sosis pada cilok, pastikan anda merebus isian tersebut terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan semua bagian cilok sudah benar-benar matang saat dimakan.

4. Angkat cilok saat sudah mengambang ke permukaan panci

Agar cilok bisa matang dengan sempurna dan teksturnya bagus (tidak lembek), pastikan anda mulai merebus cilok saat air dalam panci sudah mendidih. Hal tersebut bertujuan agar cilok tidak terlalu lama berada dalam air, yang akan menyebabkan cilok menjadi lembek. Setelah semua adonan cilok mengambang ke permukaan air, tunggu selama kurang lebih 10 menit untuk memastikan cilok benar-benar matang sampai ke bagian tengahnya, lalu angkat dan tiriskan airnya.

Selama anda mengikuti instruksi di atas dengan benar, maka anda tidak akan gagal saat membuat cilok. Sajikan cilok dalam keadaan hangat agar rasanya lebih nikmat. Yuk, saatnya langsung membuat dengan Resep Cilok ini.

Sumber : kedaiberita.info

Loading...