Membuat Resep Chicken Katsu Empuk Enak Ala Hokben

Diposting pada
Loading...

Seringkali anak anak atau bahkan kita sendiri bosan dengan resep masakan yang itu itu saja. Kalau buat kita mungkin hal ini tidak menjadi masalah dan bahkan bersyukur karena hal ini ikut membantu program diet kita yang biasanya gagal terus kalau ada menu masakan yang kita suka. Tetapi kalau buat anak anak yang dalam masa pertumbuhan pasti hal ini akan berakibat kurangnya asupan gizi buat mereka bukan. Buat mengatasi kebosanan ini, hari ini kita akan masak menu ayam spesial dari negara Jepang yang bernama Chicken Katsu ala Hokben yang rasanya enak, lezat dan renyah. Buat teman teman yang hobi makan diluar dan kebetulan suka dengan restauran Jepang mungkin sudah tidak asing lagi dengan masakan ayam katsu ini bukan. Apalagi di salah satu resturan Jepang terkenal yaitu Hoka Hoka Bento variasi menu masakan ayam goreng yang biasanya disajikan dengan resep saus chicken katsu ini menjadi salah satu menu andalan mereka. Hari ini kita akan belajar cara membuat chicken katsu goreng yang renyah dan enak dengan bahan bahan yang mudah didapat di rumah.

Bahan bahan Untuk Membuat Chicken Katsu Goreng Renyah dan Empuk

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam yang sudah difillet ukuran sedang kurang lebih sebanyak 5-6 pcs. Iris tipis lagi dengan ketebalan daging sekitar kurang dari 0.7 cm supaya bumbunya bisa meresap. Pukul pukul dagingnya terlebih dahulu sampai melebar dan lebih ramping sebelum dilumuri dengan bumbunya.
  2. Jahe yang sudah diparut sedikit saja untuk variasi rasanya.
  3. Bawang bombay yang sudah diparut kasar kurang lebih sebanyak 1 siung saja.
  4. Gula pasir atau bisa juga memakai gula aren yang disisir halus sebanyak 1 sendok makan saja.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar yang sudah diparut halus atau sudah diuleg kurang lebih sebanyak 4 siung saja.
  6. Kecap asin atau soy sauce kualitas bagus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-5 sendok saja.
  7. Air bersih secukupnya.
  8. Bahan Untuk Melamuri Daging Ayam Katsunya
  9. Bread crumbs, tepung panir atau sebaiknya memakai tepung panko yang khusus untuk masakan jepang.
  10. Telur ayam 3-4 butir yang sudah dikocok lepas untuk bahan lumurannya. Supaya rasanya lebih gurih bisa ditambah dengan kecap asin sedikit saja saat mengocok lepas nya.
  11. Tepung terigu serbaguna kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja.
  12. Tepung tapioka kurang lebih sebanyak 5 sendok makan saja.
  13. Merica bubuk secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  14. Tepung maizena sedikit saja.

Bahan Pelengkap

– Sayuran seperti wortel, lettuce dan kubis yang sudah dirajang secukupnya.
– Mayonise botol secukupnya.
– Saus tomat atau saus sambal pedas botolan secukupnya.
– Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam yang sudah dilumuri dengan tepung.

Cara Mudah Membuat Resep Chicken Katsu Ala Masakan Jepang

Setelah daging ayam dicuci bersih dengan air mengalir dan dibelah atau diiris tipis sekarang kita akan menyiapkan bumbu ayam katsunya.

Siapkan mangkuk atau wadah lain yang ukurannya agak besar lalu masukkan gula aren, jahe parut, bawang putih yang sudah dihaluskan, bawang bombay dan kecap asinnya. Aduk aduk semua bahan sampai tercampur rata.

Tuang air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 100 ml) lalu aduk aduk kembali sampai semua bagian bumbu tercampur rata.

Masukkan daging ayam yang sudah difillet ke dalam mangkuk diatas sampai semua bagian daging terendam dengan bumbunya.

Tutup mangkuk diatas dengan rapat (bisa menggunakan plastik wrap biar praktis) dan masukkan ke dalam lemari pendingin. Biarkan sampai kurang lebih selama 1 jam – 2 jam supaya bumbunya benar benar meresap ke dalam dagingnya.

Setelah waktunya cukup, keluarkan fillet ayam yang sudah dibumbui dan tiriskan sampai kering (bisa dilap pakai tisu bersih supaya cepat kering permukaan daging ayamnya).

Ambil satu plastik yang bersih (plastik 1 kg an atau ukuran yang lain) dan tuang tepung terigu, tepung maizena, merica bubuk, tepung tapioka lalu kocok kocok supaya semua tepung tercampur rata. Bisa juga menggunakan wadah lain kalau plastiknya tidak ada.

Siapkan loyang atau wadah lain yang bentuknya agak lebar dan tuang breadcrumb atau tepung pankonya.

Ambil daging fillet yang sudah ditiriskan lalu masukkan ke dalam plastik berisi campuran tepung diatas. Aduk aduk sampai semua bagian ayam tertutup tepung lalu sisihkan. Ulangi sampai habis (jangan sampai tertumpuk ya waktu meletakkannya).

Masukkan daging ayam yang sudah terlumuri campuran tepung diatas ke dalam kocokan telur. Bolak balik sampai semua bagian terkena telur lalu angkat (tiriskan atau goyang goyang katsunya supaya sisa telurnya terbuang).

Masukkan ke dalam wadah yang berisi tepung panko atau breadcrumbnya. Agak ditekan supaya melekat sempurna dan balik supaya semua bagian terkena rata. Sisihkan lalu ulangi untuk semua daging ayamnya.

Simpan dan dinginkan sebentar di lemari pendingin supaya nanti tepungnya tidak gampang terlepas.

Siapkan penggorengan anti lengket dengan api sedang dan beri minyak agak banyak.

Setelah minyak di penggorengan benar benar panas, masukkan satu daging ayam katsunya sampai matang dan berwarna kuning agak kecoklatan. Balik dan goreng kembali sampai matang kemudian tiriskan sampai minyaknya benar benar tidak tersisa.

Sajikan bersama rajangan wortel, lettuce, saus mayonise dan saus tomat atau sambal.

Note : Komposisi bumbu dan jumlah ayam yang digunakan bisa dikurangi kalau ingin membuat dalam jumlah sedikit.

Sumber : resepcaramemasak.info

Loading...