Resep Lemper Goreng Isi Abon Dari Ketan Paling Enak

Diposting pada
Loading...

Lemper adalah nama makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan putih yang diisi dengan abon atau daging ayam yang dicincang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini berbentuk menyerupai lontong tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil daripada lontong. Jenis makanan ini sudah sangat terkenal diseluruh wilayah di Indonesia. Selain rasanya yang enak dan kenyal, lemper juga dapat mengganjal perut untuk sementara waktu karena dapat mengenyangkan. Makanan ini biasa dimasak dengan cara dikukus pada umumnya, tetapi bisa juga digoreng bahkan dibakar.

Lemper Goreng Isi Abon

Resep: Diah Didi. Recook: Ainie Dihati Adji

Bahan Ketan:

  • 250 gram beras ketan, rendam 1 jam
  • 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • ½ sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir
  • 2 lembar daun pandan

Cara membuat :

  • Kukus ketan selama 10 – 15 menit sampai setengah matang.
  • Rebus santan, garam, gula dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan, aduk rata hingga santan terserap di ketan. Kukus ketan sampai matang selama kurang lebih 30 menit.

Bahan Pelapis :

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 50 gram tepung panir kasar

Bahan isi : Abon sapi secukupnya

Cara penyelesaian :

  • Ambil sedikit adonan ketan, isi dengan abon secukupnya. Bentuk lonjong atau sesuai selera.
    celup ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir kasar, sambil di tekan2 agar tepung panir menempel sempurna.
  • Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
  • Tips : Usahakan minyak agak banyak agar bisa terendam dan cepat matang.
  • Selamat mencoba

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa ?

Tips Membuat Lemper Agar Tahan Lama

Lemper adalah kue tradisional favorit . Setelah browsing sana-sini, ternyata lemper memang bisa bertahan beberapa hari jika dimasak dengan benar. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini!

1. Kukus beras ketan sampai tanak

Kunci dari lemper yang tahan lama adalah ketan yang dikukus sampai tanak. Pertama, kukus beras ketan hingga setengah tanak. Sambil menunggu kukusan, anda bisa merebus santan hingga mendidih dalam panci terpisah. Harus benar-benar mendidih, ya, alias ada banyak gelembung udara yang meletup-letup. Masukkan ketan setengah matang tadi ke dalam santan mendidih dan aduk hingga santan terserap habis oleh beras ketan (aron). Kukus beras ketan selama kurang lebih 30 menit sampai benar-benar tanak.

2. Pastikan isian ayam suwir kering

Kunci kedua jika ingin lemper anda awet adalah ayam suwir untuk isian harus kering. Caranya, rebus ayam sampai matang lalu suwir-suwir. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemir, dan bahan lengkapnya di sini, bersama ayam suwir dan santan. Aduk ayam suwir hingga santan meresap tanpa sisa dan tekstur ayam suwir benar-benar kering.

3. Kukus atau bakar dulu sebelum disajikan

Setelah ketan tanak dan ayam suwir kering siap, bungkus lemper seperti biasa. Masukkan lemper yang sudah jadi ke dalam kulkas sehingga bisa tahan 2-3 hari. Nah kalau mau dinikmati, kukus lemper dengan panci dandang atau rice cooker dulu. Khusus untuk lemper bakar, pakai wajan yang sudah dioles minyak dan panggang lemper di atasnya. Panggang secara merata (bolak-balik) hingga wangi dan bungkusan daun pisang terlihat layu. Sajikan selagi hangat!

Nah tidak sulit, kan? Selain dibuat bekal sekolah, lemper bisa jadi cemilan di segala suasana. Anda bisa sajikan lemper saat acara-acara seperti arisan bersama kue-kue lainnya. Lemper bisa dicicil pembuatannya beberapa hari sebelumnya, sehingga saat hari H anda hanya perlu menghangatkannya saja. Makanya, yuk buat lemper!

Sumber: kedaiberita

Loading...