Makan Ikan Buntal di Banyuwangi, Satu Keluarga Meninggal Keracunan

Diposting pada
Loading...

Tragedi menimpa satu keluarga di Banyuwangi. Satu keluarga yang terdiri dari tiga orang ini tewas setelah mengonsumsi ikan buntal atau ikan fugu. Mereka diduga keracunan ikan tersebut. Korban tewas adalah MH(65), DA(50), dan SH(80). MM dan DA adalah pasutri, sementara SH adalah ibu DA. Mereka merupakan warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. (foto cover: ilustrasi, sumber)

“Memang benar. Tiga orang meninggal diduga karena keracunan,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Selasa (10/3/2020).

Ikan tersebut, kata Arman, merupakan hasil pancingan MH, yang kemudian dimasak oleh istri dan mertuanya untuk lauk selama dua hari. Ikan itu dimasak bumbu santan dan digoreng.

“MH memancing pada 9 Maret lalu. Setelah ikan dimasak, ketiganya makan. Saat makan di hari pertama itu, perut mereka mulas. Namun mereka pada hari kedua tetap memakan ikan itu lagi. Mereka merasa pusing dan muntah,” tambah Arman.

Karena sakit yang terus-menerus, ketiganya kemudian langsung dibawa ke puskesmas terdekat. Namun nyawa ketiganya tak tertolong.

“Saat ini kami lakukan penyelidikan. Sampel makanan kami akan uji laboratorium untuk mengetahui apakah kematian ketiganya karena ikan buntal ini,” pungkasnya.

Ikan buntal (pufferfish) dikenal sebagai ikan yang beracun. Ikan ini bisa dikonsumsi asalkan yang memasak mengetahui cara menyingkirkan racunnya.

Sumber: detik

Loading...