RESEP KERIPIK BAWANG. Murah-meriah Enak! Cocok Buat Jualan

Diposting pada
Loading...

Buat camilan sehari-hari atau bisa juga buat sajian Lebaran moms. Ini cuma keripik bawang sederhana tanpa telur. Sederhana dan bikinnya mudah, tapi rasanya enak, renyah kriuk2, dan gak eneg. Kalo suka tekstur lebih empuk ngeprul sebagian tepung terigu bisa diganti kanji, boleh juga dikasih sebutir telur dan takaran airnya dikurangi. Buat saya begini udah enak banget. Renyah dan lebih kriuk. .

KERIPIK BAWANG (EGGLESS)
By: Wawa Wiati

Bahan-bahan:

400 g terigu
50 g margarin
200 ml air/santan
2 siung kecil bawang putih
1 sdm ebi (boleh di skip)
3 tangkai seledri diiris halus
2 tangkai bawang daun diiris halus
Secukupnya garan dan bubuk penyedap rasa
Cara:

1. Campur tepung terigu dengan garam, penyedap rasa, bawang putih yg sudah dihaluskan, irisan bawang daun dan irisan seledri.

2. Aduk rata, tambahkan margarin, uleni sambil ditambahkan santan sedikit demi sedikit sampai kalis. Takaran santan boleh ditambah atau dikurang, sesuaikan dengan tingkat kekalisan adonan. Adonan lembut, lentur tapi tidak lembek.

3. Setelah diuleni tutup adonan dengan plastik. Diamkan 20-30 menit.

4. Giling adonan menggunakan pasta maker dari yang paling tebal hingga paling tipis, lakukan hingga habis dan menjadi bentuk lembaran. Atau bisa juga digilas tipis dengan rolling pin/ botol bekas.

5. Bentuk sesuai selera. Kalo mau digulung olesi dulu lembaran adonan dengan minyak lalu tabur rata tipis2 dengan kanji, sisakan bagian tepi 1/2 cm jangan dioles minyak, tapi oles dengan air untuk mengunci gulungan supaya gak kebuka waktu digoreng .

6. Gulung, iris serong ketebalan sesuai selera.

7. Goreng dengan minyak panas dan api sedang sampai kecoklatan

Loading...