Ternyata Mandi Setelah Bangun Tidur Itu Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada
Loading...

Jika banyak orang mengatakan mandi sehabis bangun tidur bisa membuat badan lebih segar dan bersemangat untuk beraktivitas kembali. Namun ternyata tidak semuanya benar.

Ada sejumlah penelitian mengungkapkan jika mandi setelah bangun tidur sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satu bahaya yang perlu kamu ketahui jika mandi setelah bangun tidur ini bisa membuat kaget tubuh. Dimana saraf-saraf tubuh bisa cenderung lebih kaget.

Tidur merupakan tahap dimana tubuh mengalami fase istirahat sehingga otak juga tidak sepenuhnya bekerja. Setelah terbangun dari tidur biasanya orang akan langsung menuju kamar mandi atau terburu – buru beranjak. Hal sepele ini ternyata berpotensi mendatangkan gejala gangguan kesehatan yang diakibatkan tidak lancarnya peredaran darah.

Cara termudah untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan yakni dengan memberikan waktu bagi tubuh tetap berbaring lalu duduk perlahan. Dengan memberikan jeda ketika bangun tidur untuk tidak segera beranjak atau mandi akan me-minimalisir gejala postural hipotensi. Tubuh yang langsung terguyur air ketika bangun tidur secara langsung akan mengakibatkan kagetnya saraf – saraf tubuh.

Kesalahan yang paling sering dilakukan yakni terbangun seketika untuk bergegas mandi. Jika kita mengamati dengan teliti, jantung terasa berdebar dengan tubuh yang belum seimbang ketika berjalan. Secara medis, kebiasaan tersebut dapat berpotensi menyebabkan tubuh terserang hipotensi postural atau hipotensi ortostastik bahkan dislokasi tulang pinggul.

Berikut beberapa bahaya bangun tidur langsung mandi:

1. Tubuh Gagal Merespon

Ketika kondisi tubuh berada pada keadaan yang baik makamandi yang dilakukan secara langsung setelah bangun tidur tidak akan menunjukan gejala gangguan kesehatan secara langsung. Hal ini karena sistem tubuh mempunyai sirkulasi serta kekebalan yang tangguh. Namun kondisi tersebut biasannya tidak berlangsung lama sehingga nantinya juga berpotensi menyebabkan kegagalan tubuh dalam merespon. Perubahan kondisi tubuh seperti munculnya rasa pusing, pandangan kabur, keringat dingin, rasa lelah lesu serta kesemutan pada bagian tertentu.

2. Tekanan Darah Tidak Stabil

Kondisi tubuh ketika tertidur akan berada pada posisi rileks dimana tekanan darah akan teraliri secara merata keseluruh bagian tubuh terutama otak. Ketika terbangun dari tidur dan langsung beranjak mandi maka darah akan menuju kaki secara mendadak. Hal ini dipengaruhi oleh gaya grafitasi yang menyebabkan darah mengalir serta terkonsentrasi dibagian bawah yakni kaki. Akibatnya kinerja dan fungsi refleks sistem saraf yang mengendalikan organ tubuh akan terganggu.

3. Jantung Berdebar lebih Kencang

Tekanan darah yang tidak stabil akan menyebabkan minimnya supply darah menuju otak dan jantung. Hal ini menyebabkan rasa pusing serta berjalan dengan tidak seimbang ketika beranjak dari bangun tidur langsung mandi. Sel-sel khusus atau baroreceptors yang berada disamping jantung serta artetri yang terdapat pada leher akan berusaha menurunkan tekanan darah. Proses penetralan ini dilakukan dengan cara memompa darah lebih banyak guna menstabilkan kembali tekanan darah pada kondisi normal. Dampak dari proses tersebut yakni adanya debar jantung yang lebih kencang dari biasanya.

4. Dislokasi Tulang Pinggul

Ancaman ini dapat terjadi ketika tubuh berdiri atau beranjak seketika setelah tidur. Biasanya orang yang terbangun ditengah malam karena ingin buang hajat kekamar mandi tidak akan berpikir untuk memberikan jeda waktu bagi tubuh sebelum beranjak. Hal ini merupakan kebiasaan yang apabila dilakukan dalam jangka panjang dapat berpotensi menyebabkan dislokasi tulang pinggul. Dislokasi tulang pinggul merupakan gejala dimana tulang pinggul mengalami pergeseran pada tempat yang tidak seharusnya. Pada umumnya pergeseran tulang ini diakibatkan oleh benturan keras pada tubuh.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa gaya hidup yang salah seperti beranjak seketika setelah terbangun dari tidur juga berpotensi terancam dislokasi tulang pinggul. Sebaiknya kita tidak terburu-buru untuk mandi setelah terbangun dari tidur, berikan jeda waktu sebentar bagi tubuh untuk berfungsi kembali.

5. Kematian Mendadak

Bagi sebagian orang yang mempunyai keterbatasan waku untuk istirahat atau tidur sebaiknya tidak mandi pada pagi harinya. Misalkan dalam semalam anda hanya mempunyai waktu istirahat tidak lebih dari satu jam maka sebaiknya tidak terburu – buru untuk mandi setelah bangun tidur.

Bahkan aktivitas mandi ini dianggap terlarang dilakukan apabila seseorang tersebut tidak melakukan istirahat sama sekali. Kondisi tubuh yang berkerja terus-menerus akan menyebabkan suhu tubuh bagian dalam mengalami pemanasan. Sehingga ketika secara mendadak tersiram air yang dingin akan menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil yang diakibatkan penurunan suhu tubuh secara spontan.

Jika daya tahan seseorang berada pada kondisi yang tidak baik akan menyebabkan kematian secara mendadak akibat serangan jantung. Apabila kondisi ini dibiarkan secara terus menerus akan memicu timbulnya gangguan kesehatan seperi hipertensi atau tekanan darah tinggi, naiknya kadar kolesterol, stroke ringan bahkan serangan jantung yang berpotensi menyebabkan kematian.

Nah, jika kamu tak ingin semua bahaya ini terjadi pada tubuh kamu. Sebaiknya kamu lebih bisa memberikan jeda waktu bangun tidur dan mandi seperti saat hanya tidur dalam waktu 3-4 jam dan mandi setengah jam kemudian setelah bangun. Semoga tetap sehat ya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Ternyata Mandi Setelah Bangun Tidur Itu Sangat Berbahaya, https://bangka.tribunnews.com/2016/01/20/ternyata-mandi-setelah-bangun-tidur-itu-sangat-berbahaya.

Sumber: tribun

Semoga bermanfaat ya..

Loading...