Yuk Bikin Biji Ketapang Gurih Renyah (TANPA TELUR)

Diposting pada
Loading...

Kue yang satu ini merupakan salah satu hidangan kue kering yang kerap kali di sajikan saat lebaran. Jika bicara mengenai biji ketapang memang suatu tumbuhan yang sering di tanami pada pesisir beberapa pantai. Namun pada proses pembuatan suatu cemilan kue biji ketapang ini tidak memakai atau menggunakan bahan biji ketapang yang sebenarnya. Nama kue biji ketapang hanyalah berasal dari bentuknya yang serupa dengan biji ketapang.

Mungkin bagi anda pecinta kue sudah tidak heran dengan cemilan yang satu ini. Karena selain kue ini serupa dengan biji ketapang, kue ini juga memiliki citarasa yang sangat renyah dan gurih.

Loading...

BIJI KETAPANG GURIH (TANPA TELUR)
By: @wawawiati

Bahan:
350 g terigu
1/2 sdt bubuk kaldu atau sesuai selera
Secukupnya garam
1/3 sdt baking powder
90 g margarin ( 70 g margarin + 20 g/2 sdm minyak)
1 sachet kara + air, total 120 ml ( kurang lebih )
2 siung bawang putih dihaluskan ( saya diblender dengan santan)
2 batang bawang daun iris halus
4 batang seledri ambil bagian yang berdaunnya saja, iris halus

Cara Membuat :
Campur rata terigu, kaldu bubuk, garam, dan baking powder. Masukan margarin dan minyak, aduk sampai berbulir bulir. Masukan irisan daun bawang dan seledri, tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis, takaran santan menyesuaikan aja yaa secukupnya sampai adonan enak buat dipulung boleh dikurangi atau dilebihin. Jangan terlalu lembek supaya gampang digunting.
Setelah adonan kalis, ambil sekepal adonan gulung memanjang sebesar ibu jari lalu gunting atau potong agak menyerong setebal kurang lebih 0,5-1 cm . Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kue garing dan berwarna kecoklatan .

Note:

Jangan menguleni terlalu keras dan lama supaya hasil kuenya renyah dan empuk. Uleni secukupnya saja sampai adonan tidak nempel di tangan dan enak buat dipulung (kalis).

Saat menggoreng, setiap kali kue akan dimasukan ke dalam minyak pastikan minyak sudah betul betul panas, gunakan api agak besar pada awal menggoreng, sebentar saja sampai kue agak kokoh baru kecilkan api dan lanjutkan menggoreng dengan api kecil sampai kuenya matang. Tujuannya supaya kue gak mudah hancur saat digoreng. Karena kalo kue dimasukan kedalam minyak yang kurang panas kue akan meleber dan mudah hancur saat dibolak balik.

Loading...