Kabar Baik, Pekerja Migran Indonesia Bisa Bekerja di Kanada, Peluangnya Besar dan Gajinya Wow

Diposting pada
Loading...

Kanada, Kini, pekerja migran Indonesia mempunyai peluang baru untuk mengisi tenaga kerja terampil di Kanada, hal ini sebagaimana diungkapkan dalam Webinar berjudul “Peluang Bisnis Indonesia-Kanada”. “Kekurangan tenaga kerja trampil di Kanada menjadi peluang bagi pekerja migran Indonesia (PMI) dengan memanfaatkan kerjasama di bidang pendidikan yang gunakan skema magang (coop)” Tutur Konjen RI Vancouver, Dr Tuti W Irman, pada saat presentasi dalam Webinar pada Jumat (19/6). (foto cover: Konjen RI Vancouver Dr Tuti W Irman (kanan) dalam Webinar berjudul Peluang Bisnis Indonesia-Kanada. Foto/KJRI Vancouver, sindonews.com)

Sesi pertama webinar ini telah diikuti oleh 260 peserta dimana webinar ini dimotori oleh Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri RI bersama KADIN.

Loading...

Tiga per empat dari pemilik usaha kecil dan menengah di Vancouver dalam 5 tahun terakhir, misalnya, kesulitan memperoleh pegawai untuk menjalankan bisnis mereka.

Bahkan di tengah pandemik kekurangan tenaga kerja juga terjadi khususnya sektor konstruksi, pertanian dan kesehatan.

Lebih lanjut Konjen RI Vancouver menyampaikan bahwa peluang tersebut perlu dimanfaatkan karena Kanada memiliki standar hidup dan keselamatan kerja yang tinggi.

Dengan skema tersebut calon PMI akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan dengan standar internasional sekaligus akan mendapatkan pengalaman berharga dengan bekerja di berbagai sektor usaha di Kanada.

Pada acara tersebut, dua diaspora Indonesia yaitu Ibu Liza Wayong (Nusa Coffee Company) dan Bapak Utomo Kuntjoro (Axia Distribution, Corp) yang berasal dari wilayah kerja KJRI Vancouver juga ikut berbagi pengalamannya dalam menjalankan usahanya selama ini di Kanada.

“Salah satu kunci sukses adalah adanya komitmen yang harus dijaga sehingga menimbulkan kepercayaan” ujar Utomo Kuntjoro dalam Webinar tersebut sebagaimana diberitakan sindonews.  (suarabmi)

Loading...