Resep Bolu Tape Panggang Anti Bantet Dan Lembut Di Mulut

Diposting pada
Loading...

Resep Bolu Tape Panggang Anti Bantet Dan Lembut

Bahan-bahan

Loading...
  • 5 butir telur
  • 300 grm tape singkong (buang sumbu,lumatkan)
  • 200 grm terigu
  • 200 grm mentega (cairkan)
  • 200 grm gula pasir
  • 1/2 sdt SP
  • 1/2 sdt baking powder
  • Kismis/seres/cocochip/sesuai selera utk toping

Langkah

  • 50 mnit
  • Mixer telur gula dan sp dgn kecepatan tinggi kurang lbh 15 mnit
  • Setelah mengembang dan kaku kecilkan kecepatan mixer keangka paling rendah lalu masukan terigu,baking
  • powder dan tape singkong sdikit demi sdikit
  • Stelah tercampur rata matikan mixer,masukan mentega cair aduk2 hingga tercampur rata
  • Siapkan loyang yg telah diolesi margarin lalu tuang adonan kdlm loyang
  • Masukan kedlm oven yg sdh dipanaskan bersuhu 100°
  • Stelah 10 mnit kluarkaan cake dri oven taburi toping lalu panggang kembali 20 mnit
  • Total waktu memanggang kurang lbh 30 mnit,cucuk bolu dgn lidi atau garpu jika bagian dlm tdk lengket
  • berarti sdh matang
  • Angkat,potong2,sajikan

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa ?

Tips Membuat Resep Bolu Agar Tidak Bantat

Salah satu kegagalan dalam membuat resep bolu sebenarnya tidak hanya semata – mata dikarenakan oleh resep bolu itu sendiri, akan tetapi yang seringkali terjadi adalah ketika bolu tidak mengembang atau bantat sehingga menjadi keras dan kaku. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah bolu menjadi bantat.

Kualitas Bahan

Bahan – bahan yang pada umumnya digunakan dalam resep bolu adalah baking soda, self-raising flour, dan baking powder. Hal yang perlu diperhatikan dari bahan – bahan tersebut adalah takarannya haruslah tepat, selain itu kualitasnya juga harus masih layak pakai. Untuk mengecek apakah masih layak atau tidak untuk digunakan dapat dicoba dengan cara memasukkan sedikit bahan – bahan tersebut ke dalam air panas, jika mengeluarkan gelembung udara maka berarti masih layak digunakan.

Suhu Bahan

Ada kalanya bahan – bahan dari resep bolu yang akan digunakan seperti gula pasir, tepung terigu, telur, dan margarin disimpan di dalam lemari es. Ketika akan digunakan, biarkan terlebih dulu suhunya menjadi normal sesuai dengan suhu ruangan. Salah satu contohnya adalah telur yang dingin akan sulit naik saat dikocok. Begitu pula kebalikannya, jangan menuang margarin yang baru dilelehkan langsung ke dalam adonan, tunggu suhu menjadi hangat lalu masukkan ke dalam adonan. Selain itu, margarin yang telah cair tersebut juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan.

Waktu Kocokan Adonan

Hal penting lainnya adalah saat membuat adonan, sebab kualitas adonan dalam resep bolu sangat menentukan. Dalam menuang bahan – bahan ke dalam adonan lakukanlah secara perlahan – lahan, tuangkan sebagian dulu, lalu aduk dengan spatula. Jika sudah tercampur rata, baru tuang lagi sampai habis. Hal ini dilakukan supaya tidak mengaduk berkali-kali. Salah satu contohnya adalah saat mengocok telur dengan gula dan emulsifier gunakanlah mikser dengan kecepatan rendah. Kemudian, baru naikkan kecepatan mikser supaya adonan mengembang. Gunakan kecepatan mikser yang paling tinggi untuk mengokohkan adonan. Waktu lama mengocoknya juga harus disesuaikan. Jika terlalu cepat berhenti, adonan akan kurang stabil dan cepat turun, bahkan selama masih dipanggang. Akan tetapi jika terlalu lama juga, adonan dari resep bolu akan terlalu banyak kemasukan udara sehingga menyebabkan bantat.

Peralatan

Perhatikan peralatan dalam membuat bolu dari resep bolu yang akan digunakan. Salah satunya adalah pemilihan cetakan bolu, jika terlalu besar akan mempengaruhi waktu pematangan, selain itu tingginya adonan dalam cetakan terkadang juga ikut mempengaruhi. Peralatan yang digunakan harus benar-benar kering. Jangan sampai ada air, minyak, atau mentega yang menempel. Usahakan didiamkan dulu di suhu ruangan supaya kering dengan sendirinya.

Temperatur Oven

Seringkali terjadi kesalahan waktu memasukkan adonan bolu ke dalam oven, yaitu saat suhu ideal belum tercapai. Sebaiknya masukkan adonan bolu saat suhu oven telah panas sempurna atau sesuai dengan yang tertera dalam resep bolu. Panaskan terlebih dulu oven, karena jika terlalu lama, adonan yang mengembang akan mengempis lagi. Akan tetapi, jangan juga terlalu panas, karena adonan akan cepat gosong. Untuk mengetahui apakah bolu sudah matang atau belum, dapat dilakukan dengan cara menusuk bagian tengah kue dengan tusuk gigi atau sate. Jika sudah tidak ada yang menempel, berarti bolu telah matang secara sempurna.

Demikian tips untuk mencegah bolu menjadi bantat. Untuk mencobanya bisa menggunakan resep bolu keju ala Prochiz. Jika berhasil, di share ya. Selamat mencoba!

Loading...