5 Manfaat Mandi Di Waktu Subuh Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada
Loading...

Hayo siapa yang jarang mandi? Mandi adalah aktvitas membersihkan badan dengan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tubuh.

Biasanya mandi dilakukan sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari atau pada saat sebelum dan sesudah beraktivitas. (foto cover: ilustrasi, sumber)

Loading...

Namun pernahkah Anda mencoba untuk mandi pada saat sebelum subuh? Waaah membayangkan air ketika subuh saja sudah dingin rasanya yaa. Brrr.. eits, jangan salah! Mandi sebelum subuh ini memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh. Bahkan kegiatan mandi sebelum subuh ini sudah dilakukan oleh para nabi dan rasul, lho! Wah jadi penasaran ya! Artikel berikut ini akan mambahas mengenai manfaat mandi pagi sebelum subuh. Yuk, kita simak sama-sama manfaatnya.

1. Membuat awet muda

Mandi sebelum subuh yang dilakukan secara rutin tidak hanya menyegarkan tubuh tapi juga akan membuat kulit lebih halus cerah dan sehat. Bahkan, mandi sebelum subuh juga dipercaya dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini karena air dingin yang kita gunakan untuk mandi sebelum subuh menawarkan sifat segar dan sejuk yang dapat membantu meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit. Selain itu, mandi pagi sebelum subuh juga dapat membuat kuku lebih sehat dan tidak mudah retak.

2. Membantu mencegah hipertensi

Hipertensi adalah penyakit tekan darah tinggi. Bagi Anda yang khawatir akan resiko terkena penyakit hiperensi barangkali Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mandi pagi sebelum subuh untuk mengurangi resiko terkena penyakit tersebut. Menurut seorang ahli hypnotherapy dari American Board of Hypnotherapy, Frederic Premji, mandi air dingin terutama di pagi hari dapat membantu mengurangi resiko hipertensi. Selain itu, mandi air dingin dipagi hari juga dapat mengurangi resiko varises dan pengerasn pembuluh darah. Hal ini akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga organ-organ dalam tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

3. Meningkatkan mood

Mungkin kita merasa malas untuk menyentuh dinginnya air di pagi hari untuk keperluan mandi. Padahal, mandi di pagi hari sebelum subuh dapat membantu meningkatkan mood ita setelah tidur nyenya di malam hari. Orang yang rutin mandi pagi sebelum subuh dipercaya terlihat lebih cerah, lebih bersemangat dan ceria.

4. Membantu meningkatkan sel darah putih

Mandi di pagi hari sebelum subuh juga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh sehingga imunitas tubuh dapat meningkat. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di Inggris yang membuktikan bahwa mandi sebelum subuh memiliki manfaat yang luar biasa terutama dapat meningkatkan sel darah putih. Selain dapat membantu untuk membekukan darah, sel darah putih diperlukan oleh tubuh untuk melawan berbagai macam benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus.

5. Membantu menurunkan berat badan

Dalam tubuh manusia, terdapat dua macam lemak yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih merupakan tumpukan kandungan kalori dari makanan yang berlebih sedangkan lemak coklat merupakan lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh ketika keadaan dingin. Mandi pagi sebelum subuh dengan air dingin dipercaya dapat membantu membakar lemak karena dinginnya air yang digunakan untuk mandi akan mendorong lemak coklat untuk memproduksi energy pembakaran yang dapat menghangatkan tubuh. Dengan kata lain, mandi pagi sebelum subuh dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Sumber

Loading...