INILAH Resep Membuat Mie Telor Homemade, Tanpa Pengawet Tanpa Air Gak Lengket Tinggal Rebus Aja Bun

Diposting pada
Loading...

Sudah lama ngga bikin mie sendiri..dulu sangat sering banget waktu baru beli mesinnya…he he Mie favorit keluarga, bebas pengawet dan msg.. Rasa dan teksturnya bikin nagih, cocok utk mie ayam dan mie bakso.

Dulu pas pertama bikin sempat gagal, mie nya ga sesuai harapan texturnya ga kenyal ga kaya mie2 yg lain. Terus aku cari2 resep yg cocok dan pas buat aku, dan ketemulah resep dari mbak diah didi kitchen yg saya cari2, dan langsung aja aku eksekusi.. Dan ternyata benerr rasanya enak, texturnya mie nya jg enak kenyaal, pulen.. pas lidah pokoknya like deh ? dan cara membuatnya jg mudah loh.. Ikuti aja step by step nya pasti sesuai harapan, yuk let’s get cooking!

Bahan-bahan:

  1. 250 grm tepung terigu
  2. 1 sndok mkn tepung tapioka
  3. 2 butir telur ayam kmpung ukuran kecil
  4. 50 ml dingin atau secukupnya
  5. 1 sdk mkn minyak
  6. secukupnya Garam
  7. secukupnya Terigu untuk taburan

Cara membuat :

Aduk rata semua bahan hingga bergumpal. Diamkan 15menit

Uleni adonan hingga rata dan kalis.

Giling di gilingan mie berulang2 hingga adonan halus. Tipiskan sesuai selera ketebalan mienya.

Potong2 di pemotong mie yang kecil. taburi bahan lapisan agar tidak saling lengket mienya.

Mie telur homemade yang pulen dan enak, siap di olah jadi aneka olahan mie?

Aku bikin mie ayam, yummy ??

Agar Mie Tahan Lama Tanpa Pengawet

Mi memang populer sebagai pengganti nasi. Jika Anda kurang yakin dengan produk mi instan yang mengandung bahan pengawet, coba buat mi sendiri di rumah.

Tak sulit kok untuk membuatnya, karena Anda hanya tinggal mencampur tepung terigu, air, garam, garam alkali, dan tepung tapioka, lalu menggilingnya sampai tipis, kemudian dipotong. Jika ingin lebih sehat, Anda tinggal mencampurkan jus sayuran dalam adonan mi ini.

Setelah jadi, Anda bisa mengolah mi buatan sendiri ini menjadi aneka olahan yang lezat untuk keluarga. Namun, agar mi bisa tahan lama dan tetap nikmat saat disantap, Anda harus memerhatikan teknik menyimpannya.

“Lamanya penyimpanan mi dipengaruhi oleh tempat menyimpannya serta kondisi sekitar penyimpanan,” ungkap Triyana, Instruktur Bogasari Baking Center, saat pelatihan memasak di Cilincing, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Karena tidak memakai pengawet, mi buatan sendiri ini hanya bisa tahan selama enam jam saja dalam suhu ruang. Triyana menambahkan, agar tahan lebih lama Anda bisa menyimpan mi di dalam lemari es.

“Jika mi disimpan dalam lemari es khusus mi saja, mi ini bisa tahan sampai satu bulan. Sedangkan jika disimpan dalam lemari es rumah tangga yang dicampur dengan bahan makanan lain, mi hanya bisa tahan 2-3 hari saja,” tambahnya.

Ketika menyimpan mi dalam lemari es yang dicampur dengan bahan lain, mi akan lebih mudah terkontaminasi silang dengan kuman atau bakteri yang mempercepat pembusukan makanan. Proses buka tutup lemari es juga akan semakin mempercepat kerusakannya.

Sumber : Kedaiberita | kompas

Loading...