Ada Resep Baru Nihh Bunda Chai Kwe Khas Pontianak Yang Rasanya Enak , Nikmat Mantap Parktris Wajib Dicoba Untuk Bunda

Diposting pada
Loading...

Kalau kamu orang Pontianak, ato pernah berkunjung ke pontianak pasti tahu deh kalau bengkoang bisa disajikan juga untuk camilan. Yes, namanya chai kwe atau choi pan. Mirip seperti pastel, bedanya choi pan ini dikukus bukan digoreng, isinya ada yang bengkoang, kucai(daun bawang), kacang ijo kupas, atopun talas. Rasanya manis, asin dan pedas jadi satu. Hanya sayangnya kue ini tidak bisa tahan lama, karena dia jenis kue basah. Jadi tak bisa dijadikan oleh-oleh. Kecuali kalo disimpan di lemari es, masih bisa bertahan sampe beberapa jam. Lets Steam!😘 ala resep Melz Kitchen (Mellisa H)

Bahan – bahan :

Bahan Kulit:

150 gr tepung beras (sekitar 15 sdm)
1 sdm sagu
1/4 sdt garam
330 ml air panas+2 sdm minyak sayur
Bahan Isi:
500 gr bengkoang (parut)
50 gr wortel (parut)
5 bh bawang putih cincang
1 sdt ebi (rendam air panas, tiriskan lalu cincang)
Secukupnya garam+kaldu jamur+lada
Bahan Pelengkap:

Secukupnya bawang putih goreng+minyaknya
Secukupnya daun pisang (untuk alas loyang kukusan)
Secukupnya minyak sayur (untuk oles daun pisang)
Bahan Sambal:

20 bh cabe merah keriting
10 bh cabe rawit merah
2 bh bawang putih
1/2 sdt terasi bubuk
secukupnya garam+gula+cuka putih
250 ml air
Langkah – langkah :

1. Cara buat isi: Panaskan sedikit minyak. Tumis harum bawang putih, masukan ebi aduk bentar. Masukan bengkoang+wortel. Bumbui secukupnya dengan garam+kaldu jamur+lada. Tes rasa. Masak bentar aja (jangan overcook, biar tetep garing dan nantinya masih dikukus)

2. Cara buat kulit: Siapkan teflon (dalam keadaan kompor mati). Campur tepung beras+sagu+garam, aduk rata. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk menjadi adonan lembek, masukan minyak aduk lagi (gambar atas). Hidupkan api kecil, aduk – aduk sampe menjadi adonan tidak lengket (gambar bawah).

3. Penyelesaian: Ambil sedikit adonan. Lalu alasi adonan dengan lembaran plastik, pipihkan setipis mungkin. Cetak bulat biar rapi (saya pake tutup gelas..😂😂). Angkat kulit dengan spatula yang dikasih sagu. Beri isi. Lipat setengah lingkaran. Tekan bagian tepinya perlahan sampe terkunci. (Tangan selalu dibalur sagu ya..biar gak lengket).

4. Siapkan kukusan yang udah panas. Sementara itu loyang alasi dengan daun pisang yang udah dioles dengan minyak sayur. Tata chai kue di loyang. Kukus selama 8 mnt. Angkat, panas – panas langsung taburi dengan bawang putih goreng+minyaknya.

5. Cara buat sambal: blender/haluskan cabe merah keriting+rawit merah+bawang putih. Siapkan panci, isi air+cabe halus+terasi. Masak api kecil sampe mendidih/matang dan sambal mengental. Matikan api. Kasih secukupnya garam+gula+cuka putih. Tes rasa. (Rasanya cenderung pedas asam ya..)

6. Voilaaa…. Chai Kue is ready!

Chai Kue Pontianak sudah selesai, siap untuk dinikmati! Jangan lupa like dan share resep ini kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama. Selamat mencoba dan semoga berhasil

Loading...