APEM KUKUS GULA MERAH. Pake Cara Ini Hasilnya Jadi Padat tapi Empuk Bikin Ngaih Selamat Mencoba

Diposting pada
Loading...

Enak buat temen ngeteh sambil ngobrol bareng kaluarga. Teksturnya padat tapi empuk dan sedikit kenyal, manisnya pas dan gurihnya juga dapet dari kelapa taburnya. Bikinnya gampang banget ini…. Cuma campur2, aduk , diemin lalu kukus… Jadi deh… Ada yg doyan? Yuk ahhh….

APEM KUKUS GULA MERAH
By: Wawa Wiati

Bahan:

120 g tepung beras
100 g terigu
30 g tepung maizena
200 ml santan + 100 ml air
2 sdm minyak
150 gula merah diiris supaya cepat larut
2 sdm gula pasir
1,5 sdt fermipan
1/2 sdt baking powder
Sejumput garam
1 lembar daun pandan ditali simpul.
Secukupnya kelapa campur garam, kukus 15 menit.

Cara:

1. Masak air, gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam sampai gula larut. Tambahkan santan. Masak sampai pinggirannya berbuih tidak perlu sampai mendidih supaya tidak pecah. Biarkan sampai hangat kuku.

2. Campur tepung beras, terigu, maizena, baking powder dan fermipan.

3. Aduk rata tuangi sirup gula merah sambil diaduk sampai licin dan halus /tidak ada yg bergerindil. Masukan minyak. Aduk rata. Tutup dengan serbet.

4. Diamkan 45-60 menit sampai mengembang dan bergelembung. Aduk sebentar dengan spatula ( jangan kenceng2 yaa ngaduknya )

5. Taruh takir daun/ cetakan dalam kukusan yang sudah dipanaskan lalu tuang adonan setinggi 3/4 cetakan ( jangan sampai penuh karena setelah mateng kuenya ngembang) . Kukus selama kurang lebih 15-20 menit kalo pakai cetakan kecil2 atau 30 menit kalo pakai loyang yang besar.

6. Setelah matang keluarkan dari kukusan, biarkan dingin, sajikan dengan taburan kelapa parut.

Loading...