Cara Mengatasi Tabung Gas yang Mendesis atau Bocor. Lekas Tangani Sebelum Meleduk

Diposting pada
Loading...

Tabung gas mendesis apa yang harus dilakukan? Meski terbilang mudah, masih banyak orang yang sembrono saat mengganti tabung gas. Pasalnya, pemasangan gas yang keliru bisa memicu ledakan. Nah, titik rawan yang sering bermasalah ialah sambungan antara regulator dan mulut atas gasnya. (foto cover: ilustrasi: sumber)

Jika karet seal tabung rusak, maka gas LPG akan mengeluarkan bunyi mendesis. Hal ini tak boleh kamu sepelekan begitu saja. Sebab, biasanya suara mendesis ini dibarengi dengan kebocoran gas dari sambungan atau salurannya.

Jangan panik dulu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi tabung gas yang mendesis. Segera tangani biar nggak memicu ledakan atau hal fatal lainnya.

Cara Mengatasi Tabung Gas Mendesis

1. Hindari Kontak Listrik dan Api

Jika tabung gas Anda mengalami kebocoran, pastikan Anda tidak menyalakan api dan segera memastikan kompor dalam kondisi tidak menyala. Hal ini penting, untuk menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas.

Selain itu, hindari menyalakan lampu ataupun perangkat lainnya yang berhubungan dengan listrik. Kontak listrik bisa memicu timbulnya gas di dalam ruangan dan mengakibatkan ledakan pada tabung gas. Tetaplah tenang dan hindari untuk melakukan kedua hal di atas dengan alasan apapun.

2. Segera Cabut Regulator Tabung Gas

Tidak perlu takut, meskipun bau gas mungkin sudah tercium di area dapur Anda. Anda perlu segera mencabut regulator tabung gas yang masih terpasang dengan hati-hati. Pastikan regulator tabung tercabut dengan sempurna, sehingga tidak memicu kebocoran yang lebih parah dari tabung gas tersebut.

3. Bawa Tabung ke Luar dan Buka Jendela atau Ventilasi

Gas yang menyebar di area dapur mungkin saja sudah cukup banyak, sehingga Anda perlu membuka ventilasi udara di dapur Anda. Bukalah pintu dan jendela dengan lebar, agar udara bersih bisa masuk ke dalam dan gas menyebar ke luar.

Selain itu, Anda juga perlu membawa tabung tersebut ke luar dari dapur, sehingga tidak memicu timbulnya ledakan.

Untuk mengantisipasi kondisi seperti ini, akan jauh lebih baik jika sejak awal Anda memang memiliki ventilasi udara yang cukup di area dapur, sehingga tidak terjadi penumpukan gas yang bisa memicu terjadinya ledakan.

4. Setelah dilepas regulatornya, cobalah utak-atik seal di saluran tabungnya

Kalau seal-nya kurang tebal, kamu bisa menambahkan karet biar tabung gas nggak berbunyi lagi. Kalau gas mendesis karena seal kering, rendam di dalam air selama 10 detik sebelum dipasang kembali. Nah, jika karet seal kurang elastis, tambahkan saja lakban di sisi-sisinya. Selain dililitkan ke seal, lakban juga mesti dililit ke mulut tabungnya.

Tutup Tabung dengan Kain Basah

Dalam kondisi tertentu, bisa saja sudah terdapat api kecil di sekitar tabung gas. Anda mungkin akan sangat panik melihat ini, namun Anda harus tenang dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Ambillah kain yang terdapat di sekitar Anda dan basahi dengan air, lalu segera tutupkan pada api tersebut.

Lakukan juga hal ini pada tabung gas Anda, terutama pada bagian permukaannya. Kain yang basah seperti ini akan segera membuat api padam dan menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas tersebut. (dari berbagai sumber online)

Loading...