Resep Ayam Geprek Sambal Bawang Bikinnya Gampang Pedasnya Nendang Bikin Nagih Wajib Di Coba

Diposting pada
Loading...

Resep Ayam Geprek Sambal Bawang Bikinnya Gampang Pedasnya Nendang

Siapa yang tak kenal dengan menu Ayam Geprek Sambal Bawang yang terkenal karena rasanya yang gurih dan super pedas. Makanan yang sempat booming dan viral ini ternyata mampu bertahan di tengah-tengah munculnya berbagai kreasi hidangan baru lainnya yang tak kalah lezat. Bukannya tergeser, justru variasi sambal yang digunakan untuk meng”geprek” si ayam crispy nya semakin banyak. Geprek sendiri adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti “ditekan”, “dipukul”, atau “dilumatkan” hingga hancur, sehingga Ayam Geprek berarti “ayam yang dipukul hingga hancur”.

Hidangan ini hampir mirip dengan sajian “Ayam Penyet”, sama-sama ditekan dengan ulekan dan dicampur dengan sambal. Perpedaannya adalah ayam yang digunakan untuk ayam penyet adalah ayam goreng ungkep bumbu kuning khas tradisional Jawa , dan saat disajikan ayam cukup ditekan ringan tidak sampai hancur. Sementara Ayam Geprek lebih mirip dengan ayam goreng renyah a la Western yang biasa kita menyebutnya American Fried Chicken, yakni dimana daging ayam yang sudah dimarinasi lalu dilapisi dengan adonan tepung terigu sebelum digoreng

Pengin tahu seberapa mudahnya untuk membuat sendiri di rumah Ayam Geprek Sambal Bawang? Yuk simak resepnya di bawah ini..

Bahan-bahan

350 gr filet dada ayam

1 butir telur ayam, kocok

Bumbu marinasi:

6 siung bawang putih haluskan

1 sdt kaldu bubuk

1 sdm saus tiram

1 sdt merica bubuk

1 sdt garam halus

Bahan lapisan:

6 sdm tepung terigu

1 sdm maizena

Bahan sambal:

15 buah cabai rawit merah

5 buah cabai rawit hijau

2 siung bawang putih

Secukupnya gula, garam, kaldu jamur

Secukupnya minyak panas

Cara Membuat :

Cuci bersih ayam lalu belah masing-masing menjadi dua bagian supaya tidak terlalu tebal.

Campur ayam dengan bumbu marinasi lalu aduk rata dan diamkan di kulkas beberapa jam, minimum 1 jam.
Sementara menunggu ayam di marinasi, ulek kasar bahan sambal. Beri gula, garam dan kaldu jamur, tes rasa, jika sudah pas sisihkan.

Campur semua bahan pelapis aduk rata, keluarkan ayam dari kulkas, masukkan telur ayam yang sudah dikocok lalu aduk rata.

Panaskan minyak goreng, ambil 1 potong ayam lalu gulingkan ke bahan pelapis, balurkan ke semua permukaan ayam sambil diremas pelan-pelan, goreng dalam minyak panas, hingga matang.

Sambil menggoreng ayam ambil beberapa sendok minyak panas lalu siram ke sambal, aduk rata, ambil 1 potong ayam lalu taruh di atas cobek, geprek dengan sambalnya, siap disajikan bersama nasi hangat dan lalapan

Huh..haaah.. sensasi pedas gurihnya, dan juga kriuk crispy yang khas dari ayamnya benar-benar bikin ketagihan. Ayam Geprek Sambal Bawang ini adalah perpaduan resep tradisional dan modern yang sempurna! Maknyos joooss!!

Loading...