Innalillahi, Gunung Semeru Erupsi Warga Berlarian Menyelamatkan Diri

Diposting pada
Loading...

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu sore (4/12/2021). Gunung yang berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini mengeluarkan gumpalan awan panas guguran.
Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sebelum erupsi tersebut terjadi laharan pada pukul 13.30 WIB.

“Erupsi Semeru berupa Awan Panas Guguran, tanggal 4 Desember 2021, diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB,” ujar Kabid Mitigasi Gunung Merapi Gunung Berapi PVMBG Kristanto saat dihubungi detikcom

Ia mengatakan, pada saat kejadian awal visual gunung tertutup kabut. Hingga pukul 16.30 WIB, luncuran awan panas guguran masih berlangsung.

“Pada saat kejadian awal visual gunung tertutup kabut, Awan Panas Guguran mengarah ke Besuk Kobokan dan hingga saat ini masih berlangsung,” kata Kristanto.

Sampai saat ini pihakPVMBG masih menghimpun kelengkapan data terkait fenomena Semeru erupsi. Sementara itu netizen di Indonesia mengirimkan doa agar warga di sekitar diberikan keselamatan.

Baca artikel detikinet, “Gunung Semeru Erupsi, Netizen Kirim Doa Keselamatan untuk Warga Sekitar” selengkapnya https://inet.detik.com/cyberlife/d-5840525/gunung-semeru-erupsi-netizen-kirim-doa-keselamatan-untuk-warga-sekitar.

Loading...