CARA MEMBUAT NAGET TEMPE. MURAH LEZAT NAN BERGIZI

Diposting pada
Loading...

Bahan

  1. 1 pa2n tempe d haluskn
  2. 2 telur
  3. 2 siung bangput
  4. 3siung bangmer
  5. 1/2ketumbr
  6. 1sdkmkn lada
  7. Kaldu bu2k ayam
  8. Garam seckpny
  9. Gulpas seckupnya
  10. Daun atw almunium oil buat mengukus
  11. Minyak untk menggoreng

Cara buat

  1. Haluskn bumbu
  2. Campurkn dengn tempe yg sdh d ku2s tambhkn telur aduk sampai kalis lalu ku2s lagi selma 30 mnit
  3. Angkt potong2 mnutr slra anda

Bahan lapisan

  1. 1 telur
  2. Tepung roti atw vanir
  3. Steak tempe
  4. 1/2pa2n tempe
  5. Daging ayam cincang
  6. Daun bwang
  7. Maizena 2 sdk mkn
  8. 1 telur
  9. Minyak untuk menggoreng

Bahan halus

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Lada
  4. Masako rasa kaldu ayam
  5. Garam seckpny
  6. Gulpas secukupnya

Bahan saus

  1. Kecap tiram
  2. Kecap ikan
  3. Maizena
  4. Saus pedah

Cara buat

  1. Ancurkn tempe masukn bumbu yg sdh d haluskn
  2. Aduk smpai rata
  3. Lalu bentuk mnurt selra anda
  4. Siap untuk d goreng
  5. Semga bunda2 yg cantik dan pinter msak puas dngn resp ini

10 Manfaat Kedelai Berdasarkan Kandungan Gizinya

Kacang kedelai merupakan salah satu polong-polongan yang kaya kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Di Indonesia sendiri sudah banyak olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Di berbagai negara seperti Jepang dan Cina menjadikan kedelai sebagai salah satu makanan yang hampir dikonsumsi oleh semua penduduknya. Hal ini sangat signifikan jikadilihat dari tingkat kesehatan penduduk di negeri tersebut. Maka dari itu kita juga harus mengetahui manfaat kedelai serta kandungan gizi dan efek samping kedelai ini.

Manfaat Kedelai Pada Kandungan Nutrisinya

  1. Lemak Tak Jenuh
  2. Protein
  3. Serat
  4. Kalsium
  5. Lechitin

Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Kedelai dengan segala kandungan baiknya tersebut, sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

Pencegahan Oesteoporosis. Kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan estrogen. Kesehatan tulang menjadi amat rentan pada usia lanjut. Hal ini karena penyerapan kalsium yang mulai melemah.Selama masa menopause kadar estrogen ini akan menurun dan isoflavon ini berikatan dengan reseptor estrogen dalam sel yang akan meringankan gejala menopause. Isoflavon akan meningkatkan kepadatan tulang pada wanita dan menawarkan perlindungan terhadap osteoporosis.

Menyehatkan Pencernaan. Kandungan serat larut dalam kedelai, akan membantu mempercepat pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan. Menurut Live strong, diet tinggi serat akan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan buang air besar yang normal. Tambahkan kedelai pada menu makanan untuk mencegah kanker usus besar, sembelit dan wasir

Memerangi Radikal Bebas. Zat isoflavon di dalah kacang kedelai merupakan senyawa baik yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh yang dikarenakan oleh polusi udara. Seseorang yang sering beraktivitas di luar rumah, konsumsi kacang kedelai dengan teratur untuk mencegah timbulnya akibat radikal bebas penyebab kanker.

Meningkatkan Kualitas Otak. Kandungan lesitin yang mampu memberikan asupan baik bagi kinerja otak. Lesitin mampu mencegah terjadinya gejala penyakit Alzheimer dan kandungan pitosterol membantu meningkatkan kekuatan sel saraf.

Menjaga Kesehatan Jantung. Penelitian pada National Laboratory Kedelai di University of Illinois mengatakan bahwa minyak kedelai tidak mengandung kolesterol. Minyak kedelai merupakan sumber yang kaya asam lemak tak jenuh ganda, termasuk dua asam lemak esensial yang disebut asam linoleat dan asam linolenat. Kedua asam lemak esensial ini akan mempengaruhi kontraksi otot polos dan tekanan darah.

Kacang kedelai merupakan sumber serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.

Efek Samping Kacang Kedelai

Kedelai mentah mengandung zat yang disebut goitrogens, yang dapat mengganggu aktivitas kelenjar tiroid. Kacang kedelai juga mengandung oksalat, sehingga seseorang yang memiliki masalah dengan oksalat harus menghindari konsumsi kacang kedelai secara berlebihan, karena dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Kemudian bagi wanita yang pernah mengalami tumor payudara, harus membatasi asupan kedelai agar tidak lebih dari empat porsi per minggu. Walaupun belum ada penelitian yang akurat untuk memberikan petunjuk tentang konsumsi makanan yang kaya kedelai terhadap wanita, namun wanita yang mengalami reseptor estrogen atau tumor payudara positif harus membatasi asupan kedelai dan harus menghindari suplemen kedelai isoflavon.

Sumber : resep.masak.co.id

Loading...