Cendol Nutrijell Simpel dan Mudah. Ekstra Gampang dan Enaak!

Diposting pada
Loading...

Jajanan minuman segar dengan beberapa butiran jelly adalah es cendol. Es cendol merupakan jajanan minuman ekonomis dan murah meriah yang banyak dijajakan baik itu di kedai-kedai atau bahkan dorongan gerobak keliling. Di kawasan Jawa Tengah es cendol ini dikenal dengan sebutan es dawet sedangkan sebutan es cendol sendiri dikenal oleh warga sekitar Jawa Barat. Cendol yang titambahkan dengan campuran santan dan gula merah sehingga menghasilkan rasa manis gurih ini mmerupakan olahan dari campuran tepung beras dan nutrijel. Jadi tak heran kalau rasanya memang sedikit rada keny4l dan lembut. Langkah dalam pembuatan es cendol nutrijell terbilang cukup sederhana dan mudah. Anda yang ingin mencoba membuatnya dapat mengikuti beberapa tahap penyajiannya seperti pada ulasan resepnya berikut ini.

Ikutan bikin Cendol Nutrijell…. Cari – cari resep yang paling simpel dan mudah bikinnya…..Tips agar adonan lebih cepat matang, larutkan tepung dan Nutrijell dg air, masukkan setelah air mendidih…
Terima kasih resepnya bunda Musryani…

Bahan-bahan

  1. 1 bungkus Nutrijell plain
  2. 4 sdm tepung beras
  3. 2 gelas air
  4. secukupnya Pewarna hijau
  5. Plastik segitiga
  6. Air es

Pelengkap

  1. Gula merah cair
  2. Santan kental

Langkah

  1. Didihkan 2 gelas air, sisakan setengah gelas untuk melarutkan tepung beras dan Nutrijell.
  2. Aduk-aduk tepung beras dan Nutrijell dg setengah gelas air tadi sampai benar-benar larut dan tidak menggumpal.
  3. Tambahkan pewarna hijau secukupnya.
  4. Tuang larutan tepung ke dalam air yg mendidih sambil terus diaduk. Masak sambil terus diaduk sampai meletup-letup. Angkat.
  5. Masukkan dalam plastik segitiga / plastik es selagi masih panas. Lubangi ujung plastik, tekan sampai adonan keluar di atas air es. Diamkan beberapa saat. Note : tangan dialasi serbet /cempal agar tidak panas.
  6. Ulangi sampai semua campuran nutrijellnya habis.
  7. Selanjutnya membuat kuah untuk es cendol dengan cara mencampurkan santan kelapa dengan daun pandan dan garam kemudian merebusnya sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  8. Sementara gula merah dilarutkan ke dalam 75ml air lalu direbus matang. angkat dan sisihkan.
  9. Tuangkan campuran nutrijell yang sudah dibuat cendol ke dalam gelas lalu siram dengan campuran rebusan santan dan rebusan larutan gula merah.
  10. Sajikan dengan gula merah cair dan santan kental.
  11. Sajikan bersama tambahan es batu agar lebih terasa segar.

Bagaimana bund, gampang pake banget kan bund ya? Selamat mencoba bundsay ya dan jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain.

Loading...