BUMBU DAN CARA MEMBUAT RESEP AYAM RICA RICA PEDAS MANADO

Diposting pada
Loading...

Pengen banget masak ayam yang puedesss banget…setelah browsing ketemulah dengan resep ini. Tapi harus hati-hati ya karena resep ini bikin boros nasi dan gagal diet seperti saya.. karena kepikiran kalo kagak nambah..hehe. Aneka macam resep masakan Indonesia memang tidak ada habisnya. Hampir semua daerah di negara kita mempunyai menu dan resep tersendiri yang sangat menggoda. Kali ini, saya akan mengajak teman teman untuk membuat resep masakan ayam dari daerah Manado, Sulawesi Utara yang mempunyai cita rasa pedas dan enak, yaitu Resep Masakan Ayam Rica Rica Pedas. Buat teman teman yang mengetahaui arti dari Rica, pasti sudah tahu bahwa salah satu bumbu ayam rica-rica ini didominasi oleh cabai pedas. Jadi untuk teman teman yang kebetulan tidak hobi makan pedas sama sekali, mungkin sebaiknya mengolah ayam dengan resep yang lain.

Beberapa diantara kita mungkin mengenal dan pernah mencicipi ayam goreng rica rica di restaurant atau rumah makan. Ya, selain warga Manado, kelezatan resep ayam rica rica memang mempunyai banyak penggemar dan masuk ke dalam menu beberapa restaurant terkenal. Sebut saja resep ayam rica-rica solaria yang cukup terkenal dan banyak dicari. Memang selain rasa pedasnya yang menggigit lidah, rasa gurih dan empuknya daging ayam memang cocok sekali untuk teman makan nasi. Apalagi nasi yang disajikan masih panas. Yummy, pasti membuat setiap orang yang mencobanya akan ketagihan.

Seperti resep masakan ayam yang lain, Resep Ayam Rica Rica juga menggunakan beberapa macam rempah rempah dan bumbu asli Indonesia, seperti batang sereh, cabai rawit, jahe dan yang lainnya. Dengan banyaknya bumbu bumbu import yang masuk, seperti bawang merah dan bawang putih, hal ini bisa mempengaruhi cita rasa masakan rica rica yang dihasilkan. Oleh karena itu, supaya hasilnya benar benar nikmat, sebaiknya bumbu bumbu yang digunakan nanti, seperti bawang merah dan bawang putih sebaiknya menggunakan bumbu lokal. Tentu saja, ayam sebagai bahan utamanya juga harus diperhatikan. Gunakan ayam yang masih segar yang belum pernah di bekukan supaya serat serat dagingnya tidak berubah dan mempengaruhi rasa resep ayam goreng rica rica nya. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu ayam rica rica dan cara membuatnya di bawah ya.

B A H A N :

  1. 1/2 kg ayam potong kecil-kecil
  2. 1 buah lemon/jeruk nipis
  3. 3 tangkai kemangi petiki daunnya
  4. 2 batang serai ambil putihnya cincang halus
  5. 5 lembar daun jeruk iris halus ( saya sobek-sobek saja )
  6. 1 batang daun bawang rajang kasar ( saya skip )
  7. 1/2 sdt lada bubuk (boleh pakai merica butiran 1sdt sangrai dulu biar enak)
  8. 400 – 500 ml air
  9. Gula dan Garam secukupnya ( boleh diberi penyedap rasa )

B U M B U haluskan kasar ( saya ulek sampai halus mumpung lagi rajin) :

  1. 6 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 2 buah cabe merah besar
  4. 20 buah cabe rawit / sesuai selera
  5. Seruas jahe
  6. Seruas kunyit

P R O S E S :

  1. Cuci ayam lalu beri perasan air lemon/jeruk nipis. Diamkan 10menitan. Cuci kembali hingga bersih ( saya rebus sebentar dan buang air rebusannya. Boleh tanpa direbus ).
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi tambahkan serai yang telah dicincang dan daun jeruk aduk rata dan biarkan bumbu matang. Lalu beri sedikit air kurang lebih 5 sdm aduk rata.
  3. Masukkan ayamnya lalu aduk hingga tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan air, gula, garam dan lada bubuk aduk rata kembali dan biarkan hingga kuah menyusut dan mengental.
  4. Sesaat sebelum diangkat masukkan kemangi aduk rata. Jangan lupa koreksi rasa jika sudah OK.
    Angkat dan Sajikan.

Selamat Mencoba.

Sumber : facebook

Loading...