Resep Ongol-Ongol Sagu Gula Merah. Enaknya Bikin Kenyang Bikin Ngaih Nikmat Selamat Mencoba

Diposting pada
Loading...

Indonesia banyak sekali makanan tradisional yang dimiliki, enggak cuma makanannya aja tapi ada beberapa jenis jajanan yang khas. Misalnya saja ongol-ongol yang merupakan makanan ringan tradisional dari daerah Jawa Barat. Bahan untuk membuat jajanan ongol-ongol ini ada tepung sagu aren kering, gula jawa, air, kelapa, pandan, dan juga garam.

Rasa yang dihasilkan sangat khas dan nikmat, jadi enggak salah kalo banyak yang suka. Pohon sagu sendiri jadi tanaman yang tersebar di daerah Asia Tenggara, Di Indonesia juga tersebar pada beberapa bagian daerah salah satunya Jawa Barat. Resep ongol-ongol sagu gula merah jadi resep jajanan yang banyak digunakan para ibu untuk suguhan.

Memang jajanan ongol-ongol ini sering digunakan suguhan ketika ada cara hajatan, atau arisan, pengajian, dan beberapa acara yang lainnya. Sekalipun Bunda enggak datang dari daerah Jawa Barat tapi Bunda bisa juga kok mencoba membuat jajanan ongol dan disuguhkan untuk keluarga ketika sedang berkumpul. Bahkan siapa tahu banyak yang suka dan bisa menjadi usaha kecil-kecilan, lumayan untuk menambah penghasilan Bunda. Cara membuat resep ongol-ongol sagu gula merah sebenarnya gampang Bunda dan biasanya dikemas di dalam mika atau plastik kecil jadi lebih simple lagi.

Daripada membeli ongol-ongol yang belum tentu ada di daerah Bunda, memang paling enak membuat sendiri. Bahan-bahannya mudah didapat kok Bunda, dan langkah membuatnya juga enggak terlalu ribet. Jadi enggak ada salahnya buat nyoba bikin sendir di rumah. Berikut ini ada panduan untuk membuat resep ongol-ongol sagu gula merah di rumah tanpa ribet.

Bahan-bahan

250 gram tepung sagu
250 gram gula merah, sisir
50 gram (2,5 sdm munjung) gula pasir
750 ml (3 gelas belimbing) air
1 lembar daun pandan, sobek2
secukupnya kelapa setengah tua, kupas bersih, parut
secukupnya garam
Langkah Membuat

1. Kukus kelapa parut. Setelah matang, bubuhi garam secukupnya. Aduk rata. Biarkan agar mendingin, sisihkan.

2. Masak gula merah dan gula pasir dengan 250 ml (1 gelas belimbing penuh) air. Tambahkan daun pandan yg telah disobek-sobek. Masak hingga mendidih dan gula larut. Saring.

3. Masukkan tepung sagu dan 500 ml (2 gelas belimbing penuh) air ke dalam panci / wajan (sebaiknya gunakan panci / wajan anti lengket), kemudian tambahkan cairan gula yg telah disaring tadi (tidak perlu menunggu cairan gula menjadi dingin), aduk hingga tercampur rata. Masak larutan tepung dan gula tadi dengan api sedang sambil terus diaduk dengan menggunakan spatula kayu. Perhatikan bagian bawah adonan yang berhubungan langsung dengan panci / wajan, aduk terus menerus agar tidak gosong. Masak hingga adonan mengental, lengket / liat dan berubah warna menjadi cokelat gelap (seperti dodol). *Note : sebaiknya siapkan tenaga, karena semakin lama adonan akan semakin berat untuk diaduk. Setelah matang, cetak ongol-ongol di atas wadah plastik yg telah diolesi sedikit minyak / disemprot cooking spray. Dinginkan.

4. Setelah dingin, potong ongol-ongol dengan menggunakan spatula plastik sesuai selera dan gulingkan di atas kelapa parut kukus.

5. Note : Setelah ongol-ongol matang, Anda juga bisa langsung menggulingkannya di atas kelapa parut kukus. Namun jika tidak segera dimakan, permukaan ongol-ongol akan tampak basah karena uap air dari ongol-ongol yg masih panas akan diserap oleh kelapa parut yg mengakibatkan ongol-ongol cepat basi.

Nah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep ongol-ongol sagu gula merah sendiri di rumah. Gampang, kan Bunda? Tinggal mengikuti langkah yang sudah tertulis. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Terimakasih Bunda.

Loading...