Ternyata Desa Terbersih di Dunia Ada di Indonesia Loh!! Dimana ya???

Diposting pada
Loading...

Tinggal di lingkungan yang bersih tanpa sampah, nyaman dan asri tentu menjadi impian setiap orang di belahan dunia manapun. Namun bagi masyarakat di ketiga desa ini, kebersihan dan kenyamanan lingkungan bukan lagi sekadar impian. Pasalnya, 3 desa ini digadang-gadang sebagai desa paling bersih di dunia.

Berikut ini tiga desa yang dinobatkan sebagai desa paling bersih di dunia. Menariknya, salah satu di antara desa-desa itu terdapat di Indonesia.

1. Desa Giethoorn, Belanda

Desa Giethoorn terletak di Overijssel, Belanda. Desa ini bebas dari polusi kendaraan bermotor karena di sini memang tak ada satu pun kendaraan ataupun jalan raya. Yang ada hanya kanal-kanal dan jalanan kecil untuk pejalan kaki.

Desa Giethoorn memiliki lingkungan yang bersih dan asri. Kenyamanannya membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung. Kini, desa yang dijuluki ‘Venesia dari Belanda’ itu menjadi salah satu tempat wisata populer di Negeri Kincir Angin.

2. Desa Mawlynnong, India

Meski identik dengan kotor dan penuh polusi, India ternyata punya satu desa yang dikenal sangat bersih. Desa itu bernama Mawlynnong Meghalaya.

Di Mawlynnong, tanaman dan bunga-bunga tumbuh subur. Jalanan tampak sangat bersih, tak ada satu pun sampah yang mengotori. Tempat sampah yang terbuat dari bambu tersedia di setiap sudut jalan. Warga desa ini secara rajin dan rutin menjaga kebersihan lingkungannya. Tak heran jika Mawlynnong mendapat predikat sebagai desa paling bersih di dunia.

3. Desa Penglipuran, Indonesia

Desa paling bersih ketiga ternyata ada di Indonesia. Adalah Desa Penglipuran yang berada di Bali. Penglipuran dikenal sebagai desa yang sangat bersih, indah dan masih terjaga kehidupan tradisionalnya.

Ada sekitar 200 rumah bergaya tradisional di desa ini, yang berderet rapi di jalanan menanjak. Jalanan dibuat dari batu alam dan banyak tumbuh bunga warna-warni di sekitar desa. Motor dan mobil dilarang masuk ke desa ini sehingga Penglipuran bebas dari polusi udara.

sumber:fajar.co.id

Loading...