Resep Membuat Onde onde kacang ijo kupas, Begini Rahasia Renyah Membuat Onde – Onde Ala Reny Fitriasari

Diposting pada
Loading...

Resep Membuat Onde onde kacang ijo kupas, Begini Rahasia Renyah Membuat Onde – Onde Ala Reny Fitriasari

Buat bekal suami kerja?? onde onde bisa jadi salah satu pilihan Bund..

Bahan-bahan

Bahan kulit :

  1. 130 grm tepung ketan
  2. 30 grm tepung beras
  3. 1/2 sdm gula pasir
  4. 115 ml air santan hangat
  5. sedikit garam
  6. vanili

Bahan isi :

  1. 1/2 gelas kacang ijo kupas
  2. 1 sdm gula
  3. 1/2 sdt garam
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 100 ml air santan

Bahan pelengkap:

  1. air dingin
  2. wijen

Langkah

Bahan isi: Rendam kacang ijo selama 2-3jam,kemudian kukus kurang lebih 20-30menit. Angkat,tuang pada santan kemudian masak beri garam,gula & daun pandan. Masak sampai benar”air habis. Biarkan dingin baru bentuk bulat”.

Campur semua bahan kulit,aduk sampai kalis dan bisa dibentuk. Bagi menjadi 13 bagian.

Pipihkan adonan dan letakkan isi pada bagian tengah kemudian tutup.

Setelah ditutup dan bentuk bulat,celupkan pada air dingin,kemudian gulingkan pada wijen.

Goreng dengan api kecil sampai kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Siap dechhh??buat bekal suami??

4 Tips Membuat Onde Onde Ketawa Ngakak dan Renyah

Selama ini, onde-onde identik dengan tekstur kenyal dan isian kacang hijau. Namun, ada versi lain dari kudapan ini yang tak kalah populer, yaitu onde-onde ketawa. Nama yang unik ini bisa langsung ditebak dari kenampakannya.

Yup, onde-onde ketawa mirip bolu kukus yang bulat mekar di bagian atas. Teksturnya pun beda dengan onde biasa, yakni lebih renyah dan padat.

Seperti halnya versi klasik, onde-onde ketawa juga mudah dibuat sendiri. Bahannya pun sederhana, yakni terigu, baking powder, margarin, gula, air, dan telur. Tak lupa minyak untuk menggoreng dan biji wijen yang nanti menempel di permukaan onde. Meski begitu, membuat onde-onde yang ketawa ngakak pun perlu trik khusus. Faktor renyah pun jadi sumber kelezatan kudapan ini. Penasaran gimana buatnya? Cek tips berikut ini!

1. Gunakan baking powder double acting agar tekstur tidak alot

Salah satu bahan penting untuk onde ketawa adalah baking powder. Pastikan bahan pengembang ini tidak kadaluarsa dan masih bisa berfungsi dengan baik. Supaya tekstur onde tidak alot, pakai baking powder yang double acting. Dijamin, baking powder masih tetap aktif meski adonan onde tidak langsung digoreng. Kalau pakai baking powder biasa atau baking soda, anda perlu membuat adonan onde dengan cepat dan harus langsung digoreng.

2. Pastikan adonannya kalis dan bisa dipulung

Campur semua bahan seperti terigu, baking powder, margarin, gula, dan telur hingga merata. Lakukan proses ulen hingga adonan benar-benar kalis dan bisa dipulung. Jika masih terlalu lembek, sebaiknya tidak ditambahi tepung tapi diamkan saja beberapa saat. Atau jika terlihat retak-retak karena terlalu banyak tepung, tambahkan sedikit air supaya lebih mulus. Konsistensi adonan yang tepat adalah kunci onde-onde bisa ketawa ngakak.

3. Gunting permukaan atas adonan yang sudah dibulatkan

Setelah adonan dibulat-bulatkan dan diberi wijen, anda bisa langsung menggorengnya dalam minyak. Untuk onde-onde ketawa ngakak, gunting sedikit di permukaan atas adonan bulat dengan bentuk X. Setelah itu, adonan bisa langsung digoreng hingga matang. Jika tidak digunting, adonan tetap bisa ketawa tapi jatuhnya seperti “senyum” daripada ngakak terbuka.

4. Goreng dalam banyak minyak dan api kecil-sedang

Adonan onde perlu digoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas. Sebab, saat adonannya mulai masuk, kulit onde akan cepat menjadi kecoklatan. Oleh karena itu, gunakan api kecil cenderung sedang supaya onde tidak cepat gosong. Aduk sesekali dan perlahan agar semua sisinya matang merata. Ingat, jangan terlalu sering diaduk agar biji wijen tidak banyak lepas. Setelah terlihat ngakak, angkat dari minyak dan tiriskan onde-onde

Sumber : Cookpad

Loading...