Masakkan Resep Rolade Ayam Untuk Si Kecil, Mereka Pasti Suka!

Diposting pada
Loading...

Di jaman yang sudah serba praktis seperti sekarang ini, begitu banyak makanan praktis yang ditawarkan. Di pasar modern contohnya, begitu banyak pilihan makanan beku (frozen food) tersedia, yang dalam penyajiannya kita tinggal merebus, mengukus atau menggorengnya. Namun apakah kita yakin, bahan-bahan yang ada di dalamnya betul-betul dari bahan yang segar dan sehat sebelum diolah? Belum lagi dengan kandungan bahan pengawetnya. Nha, kenapa kita tidak coba membuatnya sendiri menu praktis dan sehat untuk si kecil dengan Resep Rolade Ayam berikut ini.

Berbahan dasar ayam yang digiling, ditambah dengan parutan wortel lalu dibungkus dengan lembaran telur dadar tipis, tentu Anda akan memilihkan bahan yang segar dan sehat untuk buah hati tercinta, tentunya juga minus bahan pengawet. Yuk mulai kita intip resep di bawah ini.

Bahan-Bahan

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan,

Bahan Kulit:
2 butir Telur ayam
1 butir Kuning telur
1 sdm Tepung terigu
1 sdm Tepung maizena
½ sdt Garam (sesuaikan selera)
4 sdm Air
Bahan Isi:
200 gr Daging Ayam giling
1 buah Wortel, parut (bisa dengan parutan keju)
2 siung Bawang putih, haluskan
1 ½ sdt Garam (sesuaikan selera)
½ sdt Kaldu ayam bubuk (opsional)
1 batang Daun bawang, iris halus
1 butir Putih telur
1 sdm Tepung maizena
Cara Membuat

1. Pertama yang dilakukan adalah membuat kulit rolade. Campur semua bahan kulit, kocok hingga rata tidak bergerindil. Untuk baiknya, saring adonan.

2. Panaskan wajan anti lengket, olesi dengan sedikit minyak. Tuangkan adonan telur sebanyak 2 sendok sayur, goyang perlahan wajan dengan gerakan memutar agar adonan rata menutupi permukaan wajan. Gunakan api kecil, masak hingga matang.

3. Langkah selanjutnya adalah membuat isian. Campur semua bahan isian di dalam wadah, aduk hingga rata.

4. Saatnya membungkus adonan isi dengan kulit. Alasi kulit dengan plastik, letakkan adonan isi di atas kulit, ratakan. Gulung dan padatkan. Bungkus dengan plastik.

5. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan kain supaya uap air tidak jatuh ke atas rolade saat dikukus. Kukus selama 30 menit.

6. Setelah 30 menit, matikan api. Diamkan selama 10 menit terlebih dahulu di dalam kukusan tanpa membuka tutupnya.

7. Keluarkan dari kukusan, dan diamkan pada suhu ruang. Potong saat rolade sudah dingin, supaya potongan bisa rapi dan tidak hancur. Rolade ayam siap disajikan.

Mudah, enak dan sehat, si kecil pun pasti suka. Resep Rolade Ayam ini bisa menjadi salah satu solusi pintar bagi Anda yang memiliki putra-putri yang sering menolak makan saat disodori sayuran. Bila ingin, Anda pun bisa menambahkan buncis yang dirajang halus ke dalam adonan isian rolade.

Rolade Ayam ini bisa langsung disantap atau dengan digoreng terlebih dahulu. Dan apabila ingin disimpan, maka Anda bisa menyimpannya ke dalam freezer. Setiap saat Anda ingin menyajikannya, keluarkan dari freezer, diamkan terlebih dahulu hingga suhu ruang, potong-potong, dan rolade ayam siap diolah. Selamat mencoba!

Loading...