Resep Cireng Salju Bumbu Rujak, Kriuk di Luar, Lembut di Dalam dan Tips Anti Meletus

Diposting pada
Loading...

Lagi dan lagi kudapan murah meriah namun enak dari bumi Parahiyangan. Dari mulai cilok, cimol, cilor, cilung, cipuk dan cireng. Kesemuanya berbahan utama tepung kanji atau tapioka, atau dalam bahasa Sunda disebut aci sampeu. Yang membedakan mereka adalah cara pengolahan dan penyajiannya. Nah kalau begitu, bagaimana dengan cireng salju?

Dari penampilan luar, cireng salju ini tidak beda jauh dari cireng biasa. Tapi bakal terasa berbeda saat digigit. Teksturnya renyah di luar, tetapi empuk dan lembut di dalam. Renyahnya tersebut didapat dari penambahan lapisan tepung aci pada adonan aci yang sudah diulen, diberi bumbu dan dibentuk pipih. Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja simak Resep Cireng Salju Bumbu Rujak berikut ini yuk!

Bahan-bahan

300 gram tepung aci/sagu
2 batang daun bawang
100 ml air mendidih
3 siung bawang putih (haluskan)
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
Bumbu Sambal Rujak :

1 siung bawang putih
9 butir cabe rawit merah
2 keping gula merah
1/4 sdt garam
1 buah jeruk sambal
Cara Membuat

1. Haluskan bawang putih, bisa dengan diblender atau diulek

2. Masukkan kedalam panci air, bawang putih halus, garam dan kaldu bubuk. Didihkan air hingga sangat panas.

3. Masukkan daun bawang dan air mendidih ke tepung aci perlahan. Adonan aci akan berubah warna menjadi agak bening. Tuang air perlahan hingga adonan cukup lembab. Masukkan kembali tepung aci sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket ditangan. Bulatkan adonan

4. Pipihkan adonan, balur kembali dengan sedikit tepung aci hingga tidak menempel satu sama lain.

5. Panaskan minyak lalu goreng hingga adonan mengembang bagian dalam menjadi kenyal dan luar tetap garing. Balik adonan. Goreng hingga bagian luar crispy. Tips: Adonan tidak akan meletus jika saat muncul gelembung langsung dibalik dan ditusuk.

6. Bumbu sambal rujak. Cuci bersih bawang putih dan cabai rawit merah. Ulek bawang putih lalu cabai rawit dengan garam sampai halus. Lalu ulek dengan gula merah dan beri perasan jeruk sambal. Tes rasa.

Sangat mudah bukan membuat sendiri Cireng Salju Bumbu Rujak di rumah? Sajikan hangat-hangat bersama sambal bumbu rujak yang pedas mantap, dan segelas teh manis hangat. Tidak akan terasa tuh, sepiring besar cireng salju di atas meja makan sudah habis.

Kalau habis, ya bikin lagi lah Bunda! Kan sekarang sudah punya resepnya.. =

Loading...